Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Istilah Pajak tentang Nomor Pokok Wajib Pajak

PENDAHULUAN

NPWP merupakan identitas yang Anda gunakan untuk mengurus setiap hal yang berkaitan dengan perpajakan. Selain itu, beberapa instansi seperti perbankan telah mewajibkan setiap peminjam dana kredit dalam jumlah tertentu harus sudah memiliki NPWP. Untuk itu silahkan simakInformasi Terkait Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak berikut.

Informasi Terkait Pendaftaran NPWP

  1. Berdasarkan sistem self assessment setiap WP yang memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan wajib mendaftarkan diri utuk memiliki NPWP dengan cara :
    • Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau melalui Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konnsultasi Pajak (KP2KP) yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kependudukan WP.
    • Melalui internet di situs Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) pada aplikasi e-Registration (ereg.pajak.go.id).
  2. Kewajiban mendaftarkan diri berlaku pula terhadap wanita kawin yang ingin dikenakan pajak secara terpisah dengan suaminya.
  3. Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu yang mempunyai tempat usaha berbeda dengan tempat tinggal, selain wajib mendaftarkan diri ke KPP yang wilayahnya kerjanya meliputi tempat tinggalnya, juga diwajibkan mendaftarkan diri ke KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat kegiatan usah dilakukan.
  4. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usahanya atau pekerjaan bebas, bila sampai dengan suatu bulan memperoleh penghasilan yang jumlahnya telah melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) setahun, wajib mendaftarkan diri paling lambat pada akhir bulan berikutnya.
  5. WP orang pribadi lainnya yang memerlukan NPWP dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh NPWP.
Persyaratan NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi


INDEX PERSYARATAN NPWP

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!