Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Menjadi Pegawai Pajak yang Baik

Jadi pegawai pajak gak boleh bersih ya?

Pertanyaan itulah yang muncul di benak saya pagi ini. Sebagai pegawai yang bersinggungan langsung dengan masyarakat (Wajib Pajak), kurang lebih saya sudah tahu apa yang terjadi ketika seseorang mengurus administrasi dan segala “tetek bengek” perpajakan.

Hari ini seperti hari-hari biasanya. Saya dan rekan saya menilik berkas-berkas yang masuk di meja kami. Dan kembali kami tersenyum ketika ada setumpuk berkas pendaftaran NPWP yang tidak lazim. Kenapa saya ketakan seperti itu? Karena seluruh formulir pendaftaran yang ada di meja kami memakai tanda tangan palsu. Dan saya rasa, permohonan NPWP tersebut diantar oleh “pemain lama” yang biasa menarik biaya atas jasa pengurusan NPWP yang mereka berikan. Dari yang saya dengar, untuk setiap kartu NPWP dikenakan biaya Antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

Pemain lama

Makin hari saya makin tahu bahwa para “pemain” ini juga makin cerdas. Mereka yang bermain untuk mendapatkan sejumlah uang atas “jasa” yang mereka berikan adalah orang-orang yang paham betul tentang perpajakan. Mereka selalu berhasil mendapat celah atas peraturan yang ada. Mereka biasanya berasal dari notaris, pihak pengkreditan swasta, bahkan dari pihak bank.

Tidak ada biaya

Tidak hanya itu, kami pun hanya bisa tersenyum ketika ada yang menyodorkan sejumlah uang sebagai “tanda terima kasih” atas kemudahan pengurusan NPWP yang memang sudah seharusnya kami lakukan. Dan berkali-kali kami mengatakan kepada setiap orang yang datang bahwa SEGALA BENTUK PELAYANAN PERPAJAKAN TIDAK DIKENAKAN BIAYA, namun masih saja masyarakat sudah terlanjur berfikiran bahwa kami menarik biaya atas pelayanan kami.

Cemoohan masyarakat

Sebagai pegawai pajak, saya pribadi sudah tidak peduli dengan cemoohan masyarakat tentang pekerjaan kami. Bahkan ayah saya pun menganggap pekerjaan saya sebagai “lelucon” yang tidak lucu bagi saya. Sepertinya beliau malu dengan pekerjaan saya. Namun saya mohon, saya ingin menjalakan pekerjaan ini dengan tenang. Anda boleh mencemooh kami, namun tindakan Anda dengan menarik biaya pengurusan NPWP adalah tindakan yang melukai integritas kami. Jadi tolong, bagi siapa saja yang selalu mencemooh kami, bantu kami untuk menjadi pegawai pajak yang bersih.

Jadi pegawai pajak gak boleh bersih ya?

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!