Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk

Profil KPP Pratama Luwuk

KPP Pratama Luwuk yang berlamat di Jalan Yos Sudarso No. 14 Luwuk merupakan kantor pajak yang melayani kebutuhan administratif perpajakan Anda. Mulai dari pembuatan kartu NPWP, pelaporan pajak bulanan/tahunan, pelayanan faktur pajak, sosialisasi peraturan pajak terbaru, hingga permohonan restitusi pajak. Untuk pelayanan perpajakan, KPP Pratama Luwuk buka pada hari Senin sampai Jumat, dengan jam pelayanan dari jam 08.00-16.00 WITA, nomor telepon yang dapat dihubungi 0461-22078, Fax: 0461-22098.
Daerah administratif pelayanan pajak KPP Pratama Luwuk meliputi tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut. Ketiga Kabupaten ini tidak berada dalam satu daratan melainkan terpisah menjadi 3 pulau tersendiri. Untuk menjangkau daerah administratif terjauh (Kabupaten Banggai Laut), didirikan lah KP2KP Banggai. Untuk menuju Kabupaten Banggai laut, Anda harus naik kapal laut dengan waktu perjalanan kurang lebih 9 jam.

Dimana Luwuk?

Mendengar nama kota "Luwuk" tentu terasa asing di telinga Anda. Karena memang kota ini berada jauh di ujung timur Pulau Sulawesi, tepatnya di ujung timur Provinsi Sulawesi Tengah. Luwuk sendiri sebenarnya merupakan nama sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Banggai. Namun karena pembangunan infrastruktur dan pusat pemerintahan daerah ada di Kecamatan ini maka kebanyakan orang lebih suka menyebutkan nama "Kota Luwuk" daripada nama "Kabupaten Banggai". 

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk - KPP Pratama Luwuk
Dibandingkan dengan Kota atau Kabupaten lain di Sulawesi Tengah, Luwuk termasuk sudah berkembang. Anda pun tidak akan kesulitan untuk menuju ke Luwuk. Cukup sekali "terbang" dari Makassar, Anda akan langsung tiba di Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk. Perjalanan 15 menit dari Bandar Udara, Anda sudah sampai ke pusat Kota.

Luwuk di Mata Saya

2 Tahun yang lalu saya sampai di kota ini. Pengalaman pertama saya keluar dari pulau jawa. Impresi pertama saya menginjakkan kaki di Luwuk adalah kagum. Anda tidak akan pernah bisa membayangkan bagaimana Pulau Sulawesi jika hanya melihatnya dari internet atau dari cerita orang. Apalagi jika seumur hidup Anda berada di Pulau Jawa. 
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk - KPP Pratama Luwuk
Kira-kira jika digambarkan akan seperti ini. Kanan Anda Gunung, Kiri Anda Pantai. Sejauh mata memandang Anda hanya akan melihat laut dan pantai. Untuk orang seperti saya yang suka berenang di laut, tempat ini seperti surga bagi saya. Dan pemandangan seperti ini juga ada di sebagian besar kota atau kabupaten di Pulau Sulawesi.

Selama 2 tahun ini, tidak banyak tempat yang saya kunjungi. Selain karena pekerjaan yang jarang keluar, ada juga faktor malas keluar. Namun, bukan berarti tidak ada pengalaman unik. Tahun lalu saya sempat berkunjung ke Kabupaten Banggai Laut. Kabupaten ini berada di Pulau Banggai. Pulau mungil selatan Pulau Peling (silahkan googling). Berbekal motor dinas, saya mengelilingi Pulau Banggai. Cukup 3 jam saja saya sudah kembali ke tempat semula. Itu lah pengalaman saya mengelilingi sebuah Pulau. Jangan bandingkan dengan Pulau Jawa. Mungkin Anda butuh waktu hingga sebulan jika ingin mengelilingi Jawa dengan kendaraan roda dua.

Mau Kemana?

Jika secara kebetulan Anda singgah ke Luwuk, tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menginap di hotel dan memadangi laut luas. Alasanya adalah waktu. Jika Anda ingin menikmati setiap potensi alam yang ada di Luwuk dan sekitarnya, Anda harus punya waktu yg cukup. Jika tidak, hanya ada 5 tempat wisata yang patut Anda kunjungi yaitu Pantai Kilo Lima, Air Terjun Hanga-hanga, Bukit Teletabies, Keles,  Wisata Alam Salodik. Selain kelima tempat ini, Anda butuh waktu yg cukup untuk mencapainya.

Namun jangan kuatir, kelima tempat ini sangat instagrameble. Di Pantai Kilo Lima, selain bisa berenang dan bermain di pasir putihnya, Anda juga bisa snorkling untuk melihat terumbu karang, ada 2 spot pupoler untuk melihat terumbu karang di Pantai Kilo Lima. Di Air terjun Hanga-hanga juga tidak  kalah menarik, walaupun sepi pengunjung dan belum terurus dengan baik, Anda masih bisa melihat pemandangan Air Terjun yang masih sangat Alami.

Selanjutnya bukit Teletabies, di sini Anda akan melihat bukit-bukit kecil  yang dihiasi savana, mirip seperti bukit bukit di Teletabies. Beda lagi dengan keles. Keles merupakan jalan menuju ke atas bukit. Di Keles, Anda dapat melihat pemandangan kota Luwuk dari atas bukit, dan pemandangan ini akan lebih indah jika hari mulai petang. Gemerlap lampu kota membuat kota ini di sebut sebagai "Hongkong di ujung Sulawesi". Sementara wisata alam salodik, merupakan perpaduan Antara air terjun berundak, sungai, serta taman buatan.



Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
KPP Pratama Luwuk - Credit Foto: Anggi CP

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
Luwuk di malam hari

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
Bukit Teletabies Luwuk - - Credit Foto: Anggi CP

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk
Gerhana Matahari Total Luwuk 9 Maret 2016 - Credit Foto: Anggi CP
Keterangan
Foto akan diubah, diedit, atau ditambah tergantung dengan permintaaan Pembaca dan pemilik foto. Salam satu jiwa dari KPP Pratama Luwuk!!!

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!