-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Berdasarkan Undang-Undang

Pengertian pajak bisa dipahami dalam berbagai perspektif. Para ahli memiliki pengertian sendiri dalam mengartikan pajak disandingkan dg Undang-undang.

Konten [Tampil]
Pengertian Pajak Secara Hukum

Pengertian Pajak Secara Hukum

Pengertian pajak berdasarkan UU KUP Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 1 adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Dalam pengertian pajak tersebut ada beberapa komponen yang WAJIB Anda tahu yaitu:
  1. Pajak adalah Kontribusi Wajib Warga Negara
  2. Pajak bersifat MEMAKSA untuk setiap warga negara
  3. Dengan membayar pajak, Anda tidak akan mendapat imbalan langsung
  4. Pajak berdasarkan Undang-Undang

Untuk lebih memahami pengertian pajak berdasarkan undang-undang, akan saya jelaskan lebih mendetail terkait dengan komponen-komponen yang terkandung dalam pajak.

Pengertian Pajak Sebagai Kontribusi Wajib Warga Negara

Pengertian pajak sebagai kontribusi wajib warga negara adalah setiap orang memiliki kewajiban untuk membayar pajak

Namun dalam UU KUP juga sudah dijelaskan, walaupun pajak merupakan kontribusi wajib seluruh warga negara, namun hal itu hanya berlaku untuk yang memenuhi syarat subjektif dan objektif.

Lalu siapa yang memenuhi syarat subjektif dan objektif itu? Secara sederhana dapat saya jelaskan, siapa saja yang telah memiliki penghasilan melebihi batas PTKP (tahun 2017 PTKP ditetapkan sebesar Rp 4.500.000) . 

Jadi jika Anda adalah karyawan baik swasta ataupun pemerintah dengan total penghasilan lebih dari 4,5 juta, maka Anda berkewajiban membayar pajak, dan jika Anda adalah wirausaha maka setiap penghasilan Anda akan dikenakan pajak sebesar 1% dari bruto (berdasarkan PP 46 tahun 2013).

Pengertian Pajak yang Bersifat Memaksa

Pengertian Pajak yang Bersifat Memaksa di sini berarti bahwa jika seseorang sudah memenuhi syarat subjektif maupun syarat objektif, maka Anda wajib untuk membayar pajak Anda. 

Dalam undang-undang pajak juga sudah dijelakan bahwa jika Anda dengan sengaja tidak membayar pajak yang seharusnya Anda bayarkan, maka ada sanksi administratif maupun hukuman secara pidana.

Pengertian Pajak Tidak mendapat Imbalan secara Langsung

Pajak berbeda dengan retribusi. Jika Anda pernah membayar uang parkir, itu adalah salah satu bentuk dari retribusi. 

Ketika Anda mendapat manfaat parkir, maka Anda harus membayar sejumlah uang, itulah retribusi. Namun pajak tidak seperti itu. 

Pajak adalah salah satu sarana pemerataan pendapatan bagi warga negara.

Jadi ketika Anda membayar pajak dalam jumlah tertentu, Anda tidak langsung menerima manfaat dari pajak yang Anda bayar. 

Namun yang Anda dapatkan dapat berupa perbaikan jalan raya di daerah Anda, Fasilitas kesehatan gratis bagi keluarga Anda, Beasiswa Pendidikan bagi anak Anda, dan lain-lain.

Pengertian Pajak Berdasarkan Undang-Undang

Perlu Anda tahu bahwa pajak diatur dalam undang-undang negara. Ada 6 undang-undang yang mengatur tentang mekanisme perhitungan, pembayaran, dan pelaporan pajak. 

Lembaga Pemerintah yang mengelola perpajakan negara di Indonesia adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang merupakan salah satu direktorat jenderal yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

Apa itu Pengertian Pajak Menurut Para Ahli? Untuk mengimbangi pengertian pajak berdasarkan Undang-Undang yang saya paparkan berdasarkan pemahaman saya di atas, berikut adalah beberapa pendapat para ahli ekonomi tentang pengertian Pajak.

Pengertian Pajak Menurut Rifhi Siddiq

Menurut Rifhi Siddiq pengertian pajak adalah iuran yang dipaksakn pemerintahan suatu negara dalam periode tertentu kepada wajib pajak yang bersifat wajib dan harus dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara dan bentuk balas jasanya tidak langsung.

Pengertian Pajak Menurut Leroy Beaulieu

Menurut Leroy Beaulieu pengertian pajak adalah bantuan, baik secara langsung maupun tidak yang dipaksakan oleh kekuasaan publik dari penduduk atau dari barang, untuk menutup belanja pemerintah.

Pengertian Pajak Menurut P. J. A. Adriani

Menurut P. J. A. Adriani pengertian pajak adalah iuran masyarakat kepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan-peraturan umum (undang-undang) dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk dan yang gunanya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubung tugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.

Pengertian Pajak Menurut Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro SH

Menurut Soemitro pengertian pajak adalah iuran rakyat kepada Kas Negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra prestasi) yang langsung dapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum. 

Definisi tersebut kemudian dikoreksinya yang berbunyi sebagai berikut: Pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada Kas Negara untuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk public saving yang merupakan sumber utama untuk membiayai public investment.

Pengertian Pajak Menurut Sommerfeld R.M., Anderson H.M., & Brock Horace R

Menurut Sommerfeld R.M., Anderson H.M., & Brock Horace R pengertian pajak adalah suatu pengalihan sumber dari sektor swasta ke sektor pemerintah, bukan akibat pelanggaran hukum, namun wajib dilaksanakan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan lebih dahulu, tanpa mendapat imbalan yang langsung dan proporsional, agar pemerintah dapat melaksanakan tugas-tugasnya untuk menjalankan pemerintahan.

Pajak Adalah

Jadi, Pajak Adalah?

Pajak dari perspektif ekonomi dipahami sebagai beralihnya sumber daya dari sektor privat (warga Negara) kepada sektor publik (Masyarakat). 

Pemahaman ini memberikan gambaran bahwa adanya pajak menyebabkan dua situasi menjadi berubah.

Pertama, berkurangnya kemampuan individu dalam menguasai sumber daya untuk kepentingan penguasaan barang dan jasa. 

Kedua, bertambahnya kemampuan keuangan negara dalam penyediaan barang dan jasa publik yang merupakan kebutuhan masyarakat.

Sementara pemahaman pajak dari perspektif hukum menurut Soemitro merupakan suatu perikatan yang timbul karena adanya undang-undang yang menyebabkan timbulnya kewajiban warga negara untuk menyetorkan sejumlah penghasilan tertentu kepada negara.

Negara mempunyai kekuatan untuk memaksa dan uang pajak tersebut harus dipergunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan.

Dari pendekatan hukum ini memperlihatkan bahwa pajak yang dipungut harus berdsarkan undang-undang sehingga menjamin adanya kepastian hukum, baik bagi fiskus sebagai pengumpul pajak maupun wajib pajak sebagai pembayar pajak.

Semoga setelah memahami pengertian pajak menurut para ahli di atas kita bisa lebih peduli untuk berkontribusi kepada negara dengan secara sadar ikut membayar pajak demi kepentingan kita bersama.
pengertian pajak menurut para ahli definisi pajak menurut para ahli pajak menurut para ahli pengertian pajak menurut undang-undang pengertian pajak menurut ahli teori pajak menurut para ahli pengertian pajak menurut uu pajak menurut ahli pengertian pajak menurut pengertian pajak menurut undang undang definisi pajak yaitu iuran kepada negara dapat dipaksakan pengertian perpajakan menurut para ahli pengertian pajak menurut beberapa ahli jelaskan pengertian pajak menurut para ahli iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang pajak menurut undang undang pengertian pajak menurut para ahli dari berbagai literatur definisi perpajakan menurut para ahli pajak adalah menurut uu pengertian hukum pajak menurut para ahli definisi pajak menurut uu pengertian pajak menurut pakar jelaskan pengertian pajak menurut soemitro pajak menurut uu definisi pajak menurut ahli jelaskan pengertian pajak secara hukum pengertian pajak menurut uu kup perpajakan menurut para ahli jelaskan pengertian perpajakan menurut uud definisi pajak menurut pengertian pajak menurut rochmat soemitro tuliskan pengertian pajak menurut para ahli hukum pajak menurut para ahli bagaimanakah pengertian pajak secara hukum pengertian pajak menurut para ahli 2017 pengertian pajak menurut leroy beaulieu pengertian hukum pajak menurut undang-undang pengertian pajak menurut uu no 28 tahun 2007 pengertian pajak menurut uud pajak adalah menurut para ahli teori perpajakan menurut para ahli uraikan kesimpulan pajak menurut pengertian beberapa ahli pengertian pajak secara hukum pengertian pajak berdasarkan uu pengertian pajak menurut soemitro sebutkan pengertian pajak menurut undang-undang pajak kontribusi wajib kepada negara yang terutang pengertian pajak menurut undang undang perpajakan pengertian pajak menurut para ahli terbaru definisi pajak menurut undang undang pajak menurut uu kup pengertian pajak menurut undang-undang nomor 28 tahun 2007 bagaimana pengertian pajak secara hukum pajak berdasarkan undang-undang pengertian pajak dari beberapa ahli definisi pajak menurut pasal 1 (1) uu kup pengertian pajak secara umum dan menurut para ahli definisi pajak menurut uu kup definisi hukum pajak menurut para ahli sebutkan pendapat yang dikemukakan oleh pengertian pajak menurut profesor dr m j smith pengertian pajak menurut rifhi siddiq pengertian perpajakan menurut uud pengertian pajak menurut djp 5 definisi pajak menurut para ahli jelaskan pengertian pajak menurut salah satu para ahli pajak menurut prof. dr. rochmat soemitro s.h. adalah definisi pajak menurut rochmat soemitro pajak menurut rochmat soemitro pengertian pajak menurut prof. dr. rochmat soemitro sh jelaskan pengertian pajak menurut pajak adalah kontribusi wajib pengertian wajib pajak menurut para ahli apa yang disebut dengan pajak menurut uu perpajakan pengertian pajak menurut kup pajak adalah kontribusi wajib kepada negara definisi pajak menurut uu kup pasal 1 pengertian pajak menurut prof. dr. p.j.a. adriani definisi pajak menurut undang-undang nomor 28 tahun 2007 pengertian pajak menurut prof dr rochmat soemitro pengertian pajak menurut prof dr rochmat soemitro sh definisi pajak menurut uu no 28 tahun 2007 pajak adalah pungutan wajib warga negara berupa uang pajak menurut leroy beaulieu jelaskan pengertian pajak menurut rochmat soemitro pengertian pajak menurut undang-undang pajak definisi pajak secara umum pajak menurut uud pajak menurut undang-undang pengertian pajak menurut uu perpajakan jenis pajak menurut para ahli pengertian pajak berdasarkan undang-undang pengertian pajak menurut undang undang terbaru pengertian pajak menurut profesor doktor rochmat soemitro sh pengertian pajak menurut uu no 6 tahun 1983 definisi pajak menurut prof dr rochmat soemitro pajak adalah prestasi yang dipaksakan pengertian pajak tersebut dikemukakan oleh pengertian pajak menurut dr rochmat soemitro pengertian pajak penghasilan menurut para ahli pengertian pajak uu no 28 tahun 2007 pajak adalah prestasi yang dipaksakan sepihak oleh terutang pengertian perpajakan menurut undang-undang jelaskan pengertian pajak menurut uud pengertian pajak menurut hukum pajak menurut kup 5 definisi pajak berikut yang merupakan pengertian pajak adalah pajak yang dipungut kepada masyarakat harus berdasarkan jelaskan pengertian pajak jelaskan pengertian uu pajak menurut soemitro pengertian pajak menurut dr. soeparman soemahamidjaja pengertian pajak menurut uu nomor 28 tahun 2007 jelaskan definisi pajak menurut s.i djajadiningrat pengertian pajak menurut prof dr pja adriani jelaskan definisi pajak menurut s.i. djajadiningrat pengertian pajak menurut prof. dr. rochmat soemitro, sh pengertian pajak menurut dr suparman pengertian uu perpajakan pungutan pemerintah berdasarkan uu dan bersifat memaksa adalah... kontribusi wajib kepada negara pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang sebutkan dan jelaskan pengertian pajak pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang jelaskan pengertian pajak menurut undang-undang pajak pajak menurut undang-undang nomor 28 tahun 2007 pajak adalah prestasi yang dipaksakan sepihak pengertian pajak menurut kbbi pengertian pajak menurut prof adriani definisi pajak menurut dr. rochmat soemitro kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh definisi pajak menurut prof rochmat soemitro pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada definisi pajak menurut prof. dr. rochmat soemitro, s.h pengertian pajak dalam undang-undang jelaskan definisi pajak menurut prof dr rochmat soemitro jelaskan pengertian perpajakan prof. dr. p. j. a. adriani jelaskan pengertian undang-undang tuliskan pengertian pajak apa yang dimaksud dengan pajak tuliskan pengertian undang-undang berikut ini yang merupakan pengertian pajak adalah jelaskan pengertian pajak secara umum jelaskan pengertian undang undang tuliskan pengertian menurut pengertian pajak menurut prof. dr. m.j.h smeets jelaskan pengertian buah menurut pemahaman kalian jelaskan tentang istilah siddiq tuliskan pengertian kekuasaan secara sederhana iuran negara adalah sebutkan definisi pajak peraturan dari pernyataan para ahli disebut.. jelaskan pengertian dari pajak jelaskan pengertian dari undang-undang jelaskan apa yang dimaksud dengan pajak jelaskan pengertian pajak menurut anda apa itu pajak pengertian wajib pajak peraturan dari pernyataan para ahli disebut jelaskan tentang pengertian pajak jelaskan apa yang dimaksud kliping berikut yang merupakan pengertian pajak pajak menurut prof dr rochmat soemitro yang merupakan pengertian pungutan pemerintah berdasarkan uu dan bersifat memaksa adalah pendapat yang dikemukakan oleh pengertian pajak menurut profesor doktor rochmat soemitro sebutkan pengertian pajak pajak adalah iuran jelaskan menurut anda berikut merupakan pengertian tuliskan pengertian wajib arti dari kesimpulan ditunjukkan oleh nomor jelaskan pengertian menurut tuliskan 3 pengertian menurut para ahli pengertian pajak adalah iuran pengertian pajak menurut prof dr mjh smeets jelaskan pengertian r pengertian pajak kekayaan pegawai sejumlah uang yang dipungut pemerintah dari rakyat disebut pajak menurut prof. dr. p. j. a. adriani jelaskan maksud yang terkandung dalam iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang disebut pengertian pajak menurut prof rochmat soemitro jelaskan pengertian menurut para ahli apa pengertian dari pajak sebutkan beberapa pendapat mengenai pengertian pajak secara singkat pajak adalah prestasi yang dipaksakan sepihak oleh tuliskan pendapat prof pajak menurut uu no 28 tahun 2007 uraian tersebut merupakan tuliskan pengertian wajib pajak pengertian pajak menurut ray m sommerfeld apa definisi pajak jelaskan tentang negara bersifat memaksa tuliskan pengertian dari undang-undang dasar carilah tiga pengertian keuangan negara menurut para pakar sebutkan beberapa pendapat menurut anda apa itu pajak berikut ini merupakan pengertian pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara jelaskan pengertian pajak menurut prof dr rochmat soemitro tuliskan pengertian dari wajib terangkan pengertian pajak yang terutang jelaskan pengertian pajak menurut dr suparman tuliskan pengertian undang undang jelaskan tentang negara yang bersifat memaksa tuliskan pendapat para ahli komponen dari wajib pajak pengertian pajak menurut soeparman soemahamidjaja pengertian pajak yang terutang pengertian pajak menurut uu no. 16 tahun 2000 pengertian pajak menurut ray m summer jelaskan pengertian pajak menurut dr suparman sumawidjaya jelaskan definisi dari pajak tuliskan pengertian pj pengertian pajak secara umum tuliskan pengertian menurut para ahli norma yang digunakan untuk keperluan undang undang pajak pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang bersifat pengertian membayar pajak jelaskan pengertian undang-undang menurut tuliskan pengertian dari pajak jelaskan pengertian tentang pajak pengertian pajak menurut anda jelaskan secara singkat pengertian pajak berdasarkan pengertian tersebut definisi pajak terdapat pada undang-undang kup pasal dijelaskan atau di jelaskan pengertian pajak menurut adriani tuliskan definisi pajak pengertian indonesia menurut para ahli wajib pajak menurut para ahli tuliskan pengertian uu pengertian pajak menurut andriani jelaskan menurut pemahamanmu jelaskan pengertian kekuasaan secara sederhana jelaskan dengan singkat pengertian pajak menurut pandangan anda tuliskan pengertian kekuasaan secara sederhana menurut kamu pernyataan tersebut merupakan pengertian dari pengertian pajak menurut undang-undang nomor 6 tahun 1983 sarana yang digunakan negara untuk memaksa warganya adalah pengertian hadas besar yang benar ditunjukkan oleh angka berdasarkan undang-undang pengertian badan adalah tuliskan pengertian siddiq pengertian pajak menurut buku yang merupakan pengertian pajak adalah pengertian pajak menurut uu no. 28 tahun 2007 pengertian pajak adalah pengertian tersebut merupakan pengertian dari pernyataan tersebut adalah pengertian berikut yang merupakan pengertian pajak adalah… menurut salah satu jelaskan pengertian dari uu pengertian pajak menurut uu no. 16 tahun 2009 pengertian pajak menurut profesor dr rochmat soemitro sh pengertian pajak menurut s.i. djajadiningrat jelaskan berdasarkan pemahaman pengertian undang undang apakah pengertian pajak menurut pendapat soemitro jelaskan berdasarkan pemahaman anda tuliskan pengertian dari definisi definisi dari pajak jelaskan apa yang dimaksud dengan r pendapat diatas dikemukakan oleh jelaskan secara singkat pengertian dari pajak berdasarkan pendapat para ahli jelaskan pengertian pajak menurut profesor doktor rochmat soemitro 1 * 1 adalah tuliskan pengertian pajak penghasilan dan undang-undang yang mengaturnya jelaskan pendapat dari para ahli pajak yang dipungut kepada masyarakat harus berdasarkan... pajak menurut dr rochmat soemitro sebutkan pengertian menurut para ahli jelaskan pengertian undang konsep dasar perpajakan tuliskan pengertian pajak secara umum kontribusi wajib kepada negara yang berikut ini merupakan pengertian k pengertian pajak menurut p.j.a adriani pernyataan diatas merupakan pengertian dari pengertian ini dikemukakan oleh sebutkan pengertian dari pajak pengertian tersebut menurut pendapat jelaskan pengertian dari undang undang menurut pendapat dr pengertian pajak berdasarkan uu no 28 tahun 2007 sebutkan 5 pengertian pengertian pajak menurut waluyo 2017 tuliskan pengertian dari undang-undang jelaskan sesuai pengertian pernyataan yang memenuhi definisi jelaskan yang dimaksud dengan pajak uu no 28 tahun 2007 definisi pajak menurut prof. dr. rochmat soemitro s.h apa yang dimaksud prof berdasarkan para ahli definisi pajak menurut uu no 16 tahun 2009 pengertian pajak diatur dalam undang-undang jelaskan pengertian pajak menurut uu no.28 tahun 2007 pengertian yang dikemukakan oleh sebutkan pengertian menurut undang undang menurut para ahli pengertian pajak menurut undang-undang nomor 16 tahun 2000 pajak menurut soeparman soemahamidjaja jelaskan definisi hadas menurut jelaskan definisi pajak hukum menurut para ahli pengertian pajak penghasilan pengertian pajak menurut suparman jelaskan 3 pengertian menurut para ahli pengertian pajak menurut ray m sommer arti pajak menurut kbbi pernyataan tersebut merupakan pengertian menurut para ahli uu kup terbaru jelaskan pengertian pajak menurut soemitro! ini yang merupakan pengertian peraturan yg bersifat memaksa adalah jelaskan arti kekuasaan secara sederhana definisi pajak adalah pengertian menurut para ahli definisi pajak menurut dr. soeparman soemahamidjaja pajak menurut ray m sommer komponen yang benar mengenai definisi pajak pengertian peraturan pajak pengertian pajak menurut para ahli brainly kontribusi wajib pajak mengapa pajak dalam definisinya disebut sebagai iuran tuliskan definisi menurut sebutkan lima macam pengertian menurut para ahli tuliskan apa yang dimaksud dengan pajak definisi yang dikemukakan oleh yang merupakan definisi ekonomi menurut para ahli pajak menurut adriani pajak menurut uu nomor 28 tahun 2007 menurut profesor dr jelaskan apa yang dimaksud perspektif tuliskan undang-undang yang wajib dilaksanakan semua orang pajak penghasilan menurut para ahli perbedaan pajak dan retribusi pajak menurut pja adriani jelaskan menurut menurut jelaskan secara langsung menurut para pakar jelaskan pendapat prof jelaskan arti dikelola merupakan pengertian menurut pernyataan diatas adalah pengertian dari pengertian undang-undang menurut para ahli pengertian retribusi menurut para ahli pengertian undang-undang perpajakan pengertian pajak terbaru definisi pajak menurut undang-undang tuliskan beberapa pendapat ada beberapa pendapat tuliskan beberapa pengertian tentang negara jelaskan pengertian langsung jelaskan pendapat yang dikemukakan oleh apa yang dimaksud dengan prof pajak bersifat memaksa ciri ciri pajak jelaskan definisi pajak menurut prof dr pja adriani pendapat tersebut dikemukakan menurut pendapat prof berikut ini merupakan definisi dari definisi undang-undang menurut tokoh uud menurut para ahli jelaskan pengertian dari menurut jelaskan pengertian para ahli tuliskan definisi menurut para ahli pengertian pajak dan hukum pajak hukum menurut aristoteles pengertian uang menurut para ahli