Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Mengapa DJP Online Pajak Error?

DJP Online Pajak Error

Dua minggu yang lalu saya membuat tutorial singkat tentang pengisian SPT Tahunan secara online melalui DJP Online, artikelnya dapat Anda baca di sini: Cara Mengisi SPT Tahunan Online dengan Efiling DJP Online Update 2016. Dan pada saat saya membuat tutorial tersebut, tidak ada yang bermasalah terkait dengan akses ke DJP Online Error maupun masalah teknis saat pengisian seperti masalah CAPCHA yang sering tidak keluar. Hingga selama seminggu ini saya sering mendapat pertanyaan serta keluhan terkait masalah ini. Apa yang sebenarnya terjadi?

Sistem DJP Online Kaget

Berdasarkan kabar yang saya dapat dari internal tim teknisi DJP Online, saya mendapat informasi bahwa sistem DJP Online "kaget" dengan lonjakan akses menuju DJP Online yang begitu masif. Hal ini tentu terkait dengan aturan bahwa PNS Wajib Lapor SPT Tahunan dengan e-Filing. Jadi, dalam aturan pemerintah terbaru terkait dengan pelaporan SPT Tahunan untuk PNS diwajibkan untuk melaporkan secara online. Aturan ini bersifat wajib untuk seluruh aparatur negara. Jadi mau tak mau, seluruh PNS/POLRI/ABRI wajib lapor SPT Tahunan secara online. Belum lagi dengan penambahan menu baru yang memudahkan Wajib Pajak Badan untuk lapor SPT Masa maupun SPT Tahunan, yang tentu saja membuat trafik ke DJP Online semakin padat merayap sehingga DJP Online Error.

Jangan Khawatir

Anda tidak perlu gelisah. Karena tim teknisi DJP Online secara cepat tanggap sudah melakukan perbaikan, sehingga seharusnya sejak hari senin kemarin (01/03/2016) akses ke DJP Online sudah jauh lebih stabil. Namun jika Anda masih mengalami masalah seperti alamat DJP Online tidak dapat diakses, tidak keluar capcha, tidak keluar kode verifikasi via email, atau lambannya proses loading, maka saya sarankan untuk mengakses DJP Online di luar jam kerja. Bisa Anda akses pada pagi hari atau pada malam hari. Biasa di luar jam sibuk, trafik menuju DJP Online pun tidak akan terlalu padat sehingga aplikasi DJP Online dapat berjalan jauh lebih Lancar.
Mengapa DJP Online Pajak Bermasalah?

Mohon Maaf

Saya mewakili instansi Direktorat Jenderal Pajak mohon maaf atas masalah DJP Online Error ini. Jika masih ada yang perlu Anda tanyakan silahkan hubungi hotline pajak di 1500200. Untuk pertanyaan yang di sampaikan di blog ini atau di Fanpage PajakBro.com saya usahakan akan meresponnya secepatnya. Dan perlu saya ingatkan kembali, pelaporan SPT Tahunan untuk Orang Pribadi (pegawai, karyawan, wiraswasta) maksimal tanggal 31 Maret 2016, dan untuk Wajib Pajak Badan palng lambat 30 April 2016. Terima kasih.

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!