Cara Daftar eBilling Pajak Online 2017 Versi 2 (Melalui sse2 pajak go id)

eBilling Pajak adalah metode pembayaran pajak secara online melalui internet. Untuk menggunakan layanan ini Anda diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Cara Daftar eBilling Pajak Online 2017 sangat lah mudah.

Berbeda dengan eBilling Pajak generasi pertama, untuk eBilling Pajak generasi kedua yang beralamat di https://sse2.pajak.go.id/ ada sedikit usaha yang perlu Anda lakukan. eBilling Pajak generasi kedua tidak berdiri sendiri melainkan menjadi satu kesatuan dengan layanan DJP Online. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Cara Daftar eBilling Pajak 

Karena eBilling Pajak generasi kedua menjadi satu bagian dari layanan DJP Online maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan registrasi ke DJP Online. Bagi yang belum tahu, DJP Online adalah layanan Pajak Online yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak melalui media internet (Baca: DJP Online | One-Stop Tax Services).

Untuk melakukan pendaftaran DJP Online, kami sudah membuatkan artikel tersendiri yang dapat Anda baca di sini Cara Mendapatkan e-FIN dan Registrasi DJP Online. Silahkan ikuti petunjuk dalam artikel tersebut hingga Anda bisa melakukan log in ke DJP Online.

Menambah eBilling Pajak di DJP Online

Untuk mulai menggunakan eBilling Pajak di DJP Online silahkan Anda log in di link ini https://djponline.pajak.go.id/account/login. Masukkan nomor NPWP dan password Anda di sini.
sse2 pajak go id

Setelah berhasil log in Anda akan dibawa ke dashboard awal menu DJP Online. Di sini silahkan masuk ke menu profile yang ada di samping kiri dashboard
sse2 pajak go id
Klik "Profile Lengkap" sehingga akan muncul data pribadi Anda seperti ini

sse2 pajak go id

Silahkan scroll ke halaman paling bawah sampai muncul menu seperti ini
sse2 pajak go id
Pada menu ini lah Anda dapat menambahkan layanan eBilling Pajak di akun DJP Online Anda. Yang perlu Anda lakukan cukup centang pada bagian e-Billing, kemudian klik "Ubah Akses" dan otomatis akun DJP Online Anda akan ter-log out. Silahkan log in kembali ke https://djponline.pajak.go.id/account/login dan otomatis menu eBilling Pajak muncul di halaman dashboard.
sse2 pajak go id

Kesimpulan Akhir

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun DJP Online maka sangat mudah bagi Anda untuk menambahkan menu eBilling Pajak ini. Namun jika belum memiliki akun DJP Online maka ada beberapa hal yang sedikit merepotkan karena Anda harus datang ke kantor pajak untuk mendapat PIN registrasi DJP Online.

Namun kami pastikan apa yang Anda dapat setelah terhubung dengan DJP Online jauh lebih besar. Salah satu keunggulan eBilling Pajak generasi kedua adalah kemampuan untuk membuat kode eBilling Pajak atas NPWP selain milik Anda, Dengan seperti ini maka Anda tidak perlu repot-repot mendaftarkan akun SSE Pajak untuk setiap nomor NPWP seperti yang terjadi pada eBilling Pajak generasi pertama.

Jika pertanyaan Anda tidak/belum terjawab silahkan hubungi Kring Pajak +(62)21 - 1 500 200

Jika pertanyaan Anda tidak/belum terjawab silahkan hubungi Kring Pajak +(62)21 - 1 500 200
EmoticonEmoticon