-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pembetulan SPT Tahunan Secara Online 2021

❌❌tidak ada cara mengubah spt yang sudah terkirim. 🟢Namun, spt yang sudah terkirim dapat dilakukan pembetulan SPT Tahunan. Untuk melakukan Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online sangat lah mudah. Jika sebelumnya...

Konten [Tampil]

Pembetulan SPT Tahunan adalah melaporkan SPT Tahunan yang sudah Anda revisi untuk tahun pajak yang sama. Pembetulan SPT Tahunan dapat dilakukan beberapa kali. Yang perlu Anda ketahui adalah pembetulan SPT Tahunan ada konsekuensinya. Konsekuensi pembetulan SPT adalah jika pada SPT Pembetulan tersebut ada pajak yang kurang dibayarkan, maka atas kekurangan pembayaran tersebut akan ditambahkan bunga sebesar 2% dikali dengan berapa bulan dari jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan.

Pembetulan SPT Tahunan dapat dilakukan secara manual maupun secara online. Kali ini kami akan memberikan tutorial singkat Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online. Silahkan simak ulasan kami berikut.

Pembetulan SPT Tahunan Online 2020

Untuk melakukan Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online sangat lah mudah. Jika sebelumnya Anda tidak bermasalah saat melakukan pelaporan pajak online melalui DJP Online maka seharusnya untuk Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online ini juga tidak akan bermasalah.

Yang pertama, silahkan log in dulu ke DJP Online melalui link berikut https://djponline.pajak.go.id/account/login. Setelah itu Anda akan dibawa ke dashboard e-Filing DJP Online seperti pada tampilan berikut
Cara Pembetulan SPT Tahunan Secara Online 2020
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, kami sudah pernah melakukan Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online untuk tahun pajak 2014.

Untuk mulai melakukan Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online silahkan klik buat SPT sehingga akan muncul tampilan isi Formulir SPT seperti berikut
Cara Pembetulan SPT Tahunan Secara Online 2020

Silahkan jawab pertanyaan yang muncul pada formulir SPT yang disediakan. Untuk contoh di atas adalah contoh pengisian jawaban untuk jenis formulir SPT 1770S. Selesai menjawab pertanyaan yang ada, silahkan klik tombol SPT 1770S dengan formulir, sehingga akan muncul tampilan seperti beikut
Cara Pembetulan SPT Tahunan Secara Online 2020

Ini lah bagian terpenting. Silahkan isi SPT Tahunan untuk tahun pajak kapan yang ingin dilakukan pembetulan. Kemudian untuk Status SPT pilih "Pembetulan Ke-". Untuk pembetulan pertama silahkan isi angka 1, jika ini merupakan pembetulan SPT Tahunan ke-2 maka isi angka 2 dan seterusnya. Setelah itu tinggal klik tombol "Langkah Berikutnya"

Pengisian SPT Tahunan Pembetulan

Untuk pengisian Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online caranya sama dengan pengisian SPT Tahunan dengan status Normal, Anda tinggal menambah atau mengurangi atau membetulkan isian atau kolom yang ingin Anda ubah.

Jadi Anda bisa melanjutkan membaca panduan Pembetulan SPT Tahunan Orang Pribadi Secara Online pada video berikut ini