-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DJP Online Error Tidak Bisa Diakses? Ini Penjelasannya

DJP Online Error? DJP Online yang ditandai dengan kode error SO-, dan error yang terjadi pada nomor NPWP yang ditandai dengan kode error REG-

Konten [Tampil]
DJP Online Error tidak Bisa Diakses

Kode DJP Online Error SO-

  • Error SO001 artinya NPWP Tidak Ditemukan
  • Error SO002 artinya Data Pengguna Tidak Ditemukan
  • Error SO003 artinya Password Tidak Sesuai
  • Error SO004 artinya Pengguna Belum Aktif
  • Error SO005 artinya Email Sudah Digunakan
  • Error SO006 artinya Kegagalan Autentikasi
  • Error SO007 artinya Invalid Credential

Kode DJP Online Error REG-

  • Error REG001 artinya NPWP Tidak Terdaftar
  • Error REG002 artinya NPWP Non Efektif
  • Error REG003 artinya NPWP DE
  • Error REG005 artinya EFIN Tidak Ditemukan
  • Error REG006 artinya EFIN belum diaktivasi
  • Error REG029 artinya Aktivasi Tidak Berhasil

Solusi DJP Online Error Hari Ini

Error SO001 NPWP Tidak Ditemukan?

Jika Anda sudah yakin nomor NPWP yang Anda masukkan sudah benar, silahkan datang ke kantor pajak untuk mengecek nomor Anda, bisa jadi nomor NPWP Anda sudah terhapus dari master file data di kantor pajak.

Error SO002 Data Pengguna Tidak Ditemukan?

Sudah registrasi DJP Online? Jika sudah, cek email untuk aktivasi. Error ini muncul karena akun DJP Online Anda belum aktif.

Error SO003 Password Tidak Sesuai?

Lupa? Klik "Lupa password ? reset di sini"

Error SO004 Pengguna Belum Aktif?

Sudah registrasi DJP Online? Jika sudah, cek email untuk aktivasi. Error ini muncul karena akun DJP Online Anda belum aktif. Jika dalam 10 menit belum juga ada link aktivasi via email, silahkan kembali ke halaman awal DJP Online kemudian klik "Belum menerima link aktivasi ? klik di sini"

Error SO005 Email Sudah Digunakan?

Biasanya hal ini terjadi untuk pelaporan pajak online kolektif, silahkan gunakan email yg belum pernah dipakai untuk registrasi DJP Online.

Error SO006 Kegagalan Autentikasi?

Hal ini karena link aktivasi yang terkirim di email tidak "sinkron"/nyambung dengan database DJP Online. silahkan kembali ke halaman awal DJP Online kemudian klik "Belum menerima link aktivasi ? klik di sini" kemudian klik link aktivasi yang baru. Jika masih belum bisa juga, silahkan coba klik link aktivasi yg terakhir di lain waktu (keesokan hari nya)

Error SO007 Invalid Credential?

Anda salah ketik nomor NPWP. Nomor NPWP ada 15 digit. Tidak kurang dan tidak lebih. Jika Anda sudah yakin nomor NPWP yang Anda masukkan sudah benar, silahkan datang ke kantor pajak untuk mengecek nomor Anda, bisa jadi nomor NPWP Anda sudah terhapus dari master file data di kantor pajak.

Error REG001 NPWP Tidak Terdaftar?

Jika Anda sudah yakin nomor NPWP yang Anda masukkan sudah benar, silahkan datang ke kantor pajak untuk mengecek nomor Anda, bisa jadi nomor NPWP Anda sudah terhapus dari master file data di kantor pajak.

Error REG002 NPWP Non Efektif?

NPWP Anda sedang "mati suri"

Error REG003 NPWP DE?

NPWP Anda sudah tidak dapat digunakan "mati beneran". Silahkan datang ke kantor pajak untuk mengecek nomor Anda, bisa jadi nomor NPWP Anda sudah terhapus dari master file data di kantor pajak.

Error REG005 EFIN Tidak Ditemukan?

Silahkan minta kembali kode e-FIN ke kantor pajak.

Error REG006 EFIN belum diaktivasi?

Silahkan aktivasi kode e-FIN ke kantor pajak. Hal ini terjadi karena kode e-FIN yang Anda miliki belum "sinkron" dengan database DJP Online.

Error REG029 Aktivasi Tidak Berhasil? 

Hal ini karena link aktivasi yang terkirim di email tidak "sinkron"/nyambung dengan database DJP Online. silahkan kembali ke halaman awal DJP Online kemudian klik "Belum menerima link aktivasi ? klik di sini" kemudian klik link aktivasi yang baru. Jika masih belum bisa juga, silahkan coba klik link aktivasi yg terakhir di lain waktu (keesokan hari nya)

Error REG029A Aktivasi Tidak Berhasil?

Hal ini karena link aktivasi yang terkirim di email tidak "sinkron"/nyambung dengan database DJP Online. silahkan kembali ke halaman awal DJP Online kemudian klik "Belum menerima link aktivasi ? klik di sini" kemudian klik link aktivasi yang baru. Jika masih belum bisa juga, silahkan coba klik link aktivasi yg terakhir di lain waktu (keesokan hari

ERROR STATUS CODE 0 DJP ONLINE

Seminggu ini banyak bermunculan error Status code 0, hal ini biasanya dikarenakan oleh:
  • Daftar harta belum diisi
  • Daftar harta diisi tetapi ada yang bernilai 0
  • Keterangan pada daftar harta belum diisi
  • NIK pada daftar keluarga belum diisi
  • Atau data lain yang seharusnya diisi tetapi belum terisi, misal nama pemotong/pemungut pada daftar bukti potong yang gagal keluar karena masalah jaringan pada client, atau tanggal lunas di induk yang perlu diisi manual setelah mengisi daftar SSP/NTPN yang telah dibayarkan.

Mengantisipasi error Status code 0, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan:
  • Pastikan semua isian, terutama isian diatas sudah lengkap
  • Coba tekan ctrl+f5 lalu clear cache and cookies atau Gunakan browser dengan mode private/incognito, caranya klik setting > New Incognito Window atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+N
  • Untuk pelayanan pengisian e-Filing di KPP, disarankan menggunakan laman DJPOnline Intranet pada alamat https://djponline
  • Bila masih menemui kendala, silakan simpan SPT hingga membentuk draft, logout, lalu coba login kembali dan lengkapi draft SPT yang tadi dibuat.

Solusi Alternatif DJP Online

Bagaimana cara menggunakan DJP Online?

Untuk menggunakan DJP Online, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya adalah pertama Anda ajukan kode e-FIN ke kantor pajak, kemudian lakukan registrasi di https://djponline.pajak.go.id Selengkapnya: Cara Registrasi DJP Online

Bagaimana cara mengisi e-Filing pajak online?

Untuk mengisi e-Filing pajak online, silahkan log in https://djponline.pajak.go.id menggunakan nomor NPWP dan password yang Anda gunakan saat registrasi. Kemudian pilih menu/logo "e-Filing" pada halaman utama. Selengkapnya: CARA EFILING DJP ONLINE SPT TAHUNAN

Mengapa DJP Online tidak bisa diakses?

DJP Online tidak bisa diakses dikarenakan jumlah akses menuju DJP Online sangat padat, dari pantauan saya berdasarkan statistik yang ada, pada tanggal 30 Maret 2016 jumlah akses menuju DJP Online mencapai angka sekitar 1 juta akses pada waktu yang bersamaan, sehingga tidak semua pengguna dapat mengakses DJP Online dengan lancar bahkan tidak bisa mengaksesnya sama sekali. DJP ONLINE LEMOT

Mengapa Kode Keamanan tidak muncul?

Seperti jawaban di atas, hal itu karena trafik terlalu padat.

Mengapa saya tidak menerima link aktivasi DJP Online ke email?

Seperti jawaban di atas, hal itu karena trafik terlalu padat. Silahkan tunggu sekitar 10 menit, jika belum masuk juga, silahkan kembali ke halaman awal DJP Online kemudian klik "Belum menerima link aktivasi ? klik di sini"

Mengapa NPWP Saya Non Efektif?

NPWP Non Efektif disebabkan beberapa hal, silahkan baca di sini DJP Online: NPWP Saya Non Efektif

Saya lupa password dan email?

Silahkan baca penjelasan di sini Lupa Email Lupa Password DJP Online

Bagaimana cara menghapus SPT Tahunan yang salah?

SPT Tahunan yang terkirim tidak bisa dihapus. Anda dapat melakukan pembetulan SPT Tahunan dengan cara membuat SPT Tahunan baru di aplikasi DJP Online, untuk status SPT Tahunan silahkan isi "Pembetulan-1"

Mengapa saya tidak bisa membuat SPT Tahunan dengan status normal?

Silahkan log in DJP Online, masuk ke aplikasi e-FIling. Pada halaman utama di kolom atas, silahkan klik "Submit SPT", silahkan hapus atau edit SPT tersebut Mengapa ada Error "400" "404" "500"?

Untuk kode seperti itu, ada kesalahan di halaman website atau server DJP Online. Untuk jelasnya Anda bisa google dengan kata kunci "error 400"

Browser apa yang bisa digunakan untuk lapor pajak online?

Semua browser bisa digunakan. Namun saya sangat menyarankan untuk menggunkan Firefox versi paling baru. Selain https://djponline.pajak.go.id ada alamat server lain?
Silahkan akses ke https://djponline2.pajak.go.id

Data diri saya di DJP Online berbeda dengan data diri saya saat ini?

Untuk pelaporan SPT Tahunan tidak ada masalah. Namun jika Anda berniat untuk mengubahnya, silahkan datang ke kantor pajak untuk melakukan perubahan data.

Saya punya NPWP sejak tahun 2010, dan tidak pernah lapor, apa yang perlu saya lakukan?

Anda dapat melakukan pelaporan pajak sejak Anda memiliki NPWP. Silahkan lapor SPT Tahunan Anda sekaligus menggunakan SPT Tahunan 1770SS Nihil.

Apakah ada sanksi jika saya tidak lapor pajak?

Ada. Namun sanksi tidak lapor pajak tidak dibayar saat Anda melakukan pelaporan pajak. Silahkan bayar sanksi tersebut setelah kantor pajak mengirimkan tagihan atas sanksi pajak Anda. Berapa sanksinya? Silahkan baca di sini Sanksi Tidak Melaporkan SPT Tahunan

Apa beda SPT Tahunan 1770, 1770S, 1770SS?

  • SPT Tahunan 1770
    • digunakan untuk Anda yang memiliki pekerjaan bebas atau memiliki usaha sendiri.
  • SPT Tahunan 1770S 
    • untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan di satu tempat dengan pernghasilan setahun (gaji+tunjuangan+honor lainnya) lebih dari 60 juta dalam 1 tahun.
  • SPT Tahunan 1770SS 
    • untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan di satu tempat dengan pernghasilan setahun (gaji+tunjuangan+honor lainnya) kurang dari 60 juta dalam 1 tahun.

Saya tidak bekerja, namun saya punya NPWP, apa tetap lapor?

Setiap pemilik kartu NPWP Wajib lapor SPT Tahunan, jika dalam satu tahun Anda tidak memiliki penghasilan sama sekali maka gunakan SPT Tahunan Nihil.

Apa lapor pajak perlu mengeluarkan uang?

Sama sekali tidak. Lapor SPT Tahunan merupakan kegiatan melaporkan pajak yang telah dibayar. Bukan membayar pajak yang seharusnya dibayar. Karena lapor pajak berbeda dengan bayar pajak.
err099 pada djp online pesan kesalahan:so001-npwp / password tidak sesuai pesan kesalahan:so002-data pengguna tidak ditemukan err:sub002-data pembayaran tidak sesuai err099 pada djp online kenapa err099 djp online kode err099 djp online error 099 djp online error 99 djp online error sub002-data pembayaran tidak sesuai err099 di djp online kesalahan so002 djp online error 99 pada djp online err099 proses tidak berhasil dilakukan djp online pesan kesalahan:so008-kode keamanan tidak sesuai error 099 djp err sub002 data pembayaran tidak sesuai pesan kesalahan:so004-pengguna belum aktif reg003 npwp non aktif kode error err099 djp online arti err099 djp online djp online error sub002-data pembayaran tidak sesuai kode error djp online pesan kesalahan so002 djp online err099: proses tidak berhasil dilakukan. pesan kesalahan:reg003-npwp dalam kategori non aktif error 99 pajak kode error 099 djp online link aktivasi sudah pernah digunakan error 099 proses tidak berhasil dilakukan djp error 099 arti err099 pada djp online err099 proses tidak berhasil dilakukan pada djp online link aktivasi tidak ditemukan djp online error 500 error 099 pajak efin belum diaktivasi err099 proses tidak berhasil dilakukan kenapa so008-kode keamanan tidak sesuai djp online error 099 err099 proses tidak berhasil dilakukan error err099 proses tidak berhasil dilakukan pesan kesalahan so001-npwp error 99 djp data pengguna tidak ditemukan djp online error 099 efiling pesan kesalahan so002 error 500 ereg pajak djp online err099 err099: proses tidak berhasil dilakukan reg003-npwp dalam kategori non aktif error 099 pada djp online cara mengatasi pesan kesalahan:reg003-npwp dalam kategori non aktif pesan kesalahan so008 djp online link aktivasi sudah digunakan djp error 500 djp online error 404 rkmssp03-proses tidak berhasil dilakukan err 99 pada djp online err099 e filing djp error 404 status 404 djp online invalid credentials artinya err99 proses tidak berhasil error djp online kenapa djp online error error err099 djp online e filing error err099 djp online login error kenapa djp online error 500 https djponline. pajak go id /account err 500 invalid credential artinya error 500 djp online err099 proses tidak berhasil arti invalid credentials mengatasi link aktivasi sudah pernah digunakan err99 djp online pajak error 500 djponline error 500 kode err099 pada djp online djp online eror cara mengatasi link aktivasi sudah pernah digunakan pesan kesalahan:reg015-anda belum terdaftar rkmssp03-proses tidak berhasil dilakukan. database email aktif apa arti invalid link solusi pesan kesalahan:reg003-npwp dalam kategori non aktif djp online err099 proses tidak berhasil dilakukan reg029 02 djp online akun pengguna belum terdaftar pastikan semua kata solusi npwp dalam kategori non aktif pengguna belum aktif djp online kode error 500 djp online efin kolektif 2019 daftar djp online solusi link aktivasi sudah digunakan cara mengatasi link aktivasi sudah digunakan npwp tidak ditemukan spt tidak valid periksa kembali isian anda arti invalid credential  link aktivasi sudah digunakan status code 0 arti djp online arti kode 404 solusi err099 pada djp online sptservice-00017: kode akun pajak tidak sesuai err099 proses tidak berhasil dilakukan. djp error 009 pajak log in djp kode error pajak err099 cara mengatasi djp online error