Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Blog Pajak Terbaik 2016

Blog Pajak

Awal saya mulai membuat blog pajak sekitar 2 tahun lalu (Mei 2014), saya langsung menyadari 1 hal. Ternyata banyak sekali pegawai pajak yang sudah terlebih dahulu membuat blog pajak. Beberapa dari mereka menggunakan nama pribadi sebagai nama domain, sebagian yang lain membuat brand sendiri untuk nama blog pajak nya. PajakBro.com hanya lah satu dari ratusan blog pajak yang ada di Indonesia. Dan banyak dari blog pajak tersebut memiliki pengalaman dan wawasan pajak yang lebih luas di bidang perpajakan.

Namun setelah 2 tahun berlalu sejak saya mulai menulis di PajakBro.com, ternyata banyak yang sudah berguguran (tidak lagi menulis). Sebagian besar sudah berhenti menulis di tahun pertama, bahkan ada yang hanya meninggalkan kurang dari 10 tulisan dalam blog pajak tersebut. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan teknologi serta aturan perpajakan selalu berubah setiap tahunnya. Untuk membuat tutorial cara mengisi SPT Tahunan menggunakan e-Filing saja saya sudah membuat 3 artikel update, karena setiap tahunnya aplikasi e-Filing ( sekarang e-Filing DJP Online) terus berubah, mengikuti perkembangan teknologi.

PajakBro.com secara khusus menyajikan informasi perpajakan terbaru dalam hal administrasi perpajakan yang meliputi cara membuat NPWP, cara membayar pajak, dan cara lapor pajak, serta aturan terbaru terkait ketiga hal itu. Untuk bidang perpajakan yang lain Anda bisa mencari alternatif di beberapa referensi di bawah ini. Atas dasar itu lah, maka saya membuat tulisan ini yang berisi blog pajak terbaik 2016 versi PajakBro.com

Ortax.org


Tentu Anda tidak asing dengan nama website ini. Ortax bukan merupakan blog pajak. Ortax merupakan website perpajakan Indoensia dengan konten yang menurut saya sangat lengkap. Dari artikel perpajakan, peraturan pajak terbaru, hingga forum perpajakan sendiri. Saya pribadi sering mengunjungi ortax untuk melihat update peraturan pajak terbaru.

Walaupun tergolong bukan blog pajak, namun saya sangat merekomendasikan bagi Anda untuk mengujungi ortax jika membutuhkan update peraturan pajak terbaru.

Amsyong.com


Tidak asing dengan nama ini juga? Tentu saja, karena sebelum PajakBro.com dibuat, Amsyong sudah merajai dunia blog pajak saat itu. Pengurus Amsyong merupakan pegawai pajak. Artikel di Amsyong lebih ke hal-hal teknis di bidang perpajakan seperti perhitungan pajak, penjelasan per pasal di undang-undang, penggunaan aplikasi perpajakan (e-SPT PPh / PPN), dan masih banyak yang lain.

Melihat kualitas konten artikel pajak yang diberikan, saya yakin pengurus Amsyong merupakan pegawai pajak yang sudah cukup berpengalaman.

Ekstensifikasi423.blogspot.co.id


Untuk blog satu ini, mungkin Anda masih belum pernah mendengarnya. Selain nama yang agak panjang dan masih menggunakan sub domain dari blogger (dot blogspot dot com), umur dari blog ini masih terbilang baru. Ekstensifikasi423 merupakan blog kantor yang dikelola oleh seksi ekstensifikasi di kantor pajak Cibenying. Pengelolaannya pun terbilang cukup serius, terlihat dari banyaknya artikel yang mereka buat dalam waktu singkat.

Berbeda dengan blog atau website yang dikelola kantor pajak yang lain, Ekstensifikasi423 lebih fokus ke fungsi sosialisasi pajak daripada merepresentasikan nama kantor pajaknya sendiri. Informasi yang disajikan beragam dan tentunya cukup update. Setiap aturan atau berita perpajakan disuguhkan dengan apik.

Pajakitumudah.com


"Pajak itu mudah com" (PIM.com). Nama yang sepertinya mudah diingat. PIM.com juga merupakan blog pajak yang cukup senior. Dari halaman blog pajak ini saya melihat ada nama Amsyong disana. Saya tidak bisa melihat informasi pemilik dari PIM.com karena tidak ada informasi yang disediakan. Kemungkinan pemiliknya sama dengan pemilik Amsyong atau bisa saja teman dari Amsyong. Namun dari cara menulis konten artikel di blog tersebut saya dapat menyimpulkan kemungkinan besar pemilik blog adalah pegawai pajak juga.

Navigasi di blog tersebut terlalu simpel, sehingga tidak banyak yang dapat saya simpulkan dari PIM.com. Namun jika melihat cara menulis, artikel yang dibahas, serta update yang masih dilakukan, maka saya cukup merekomendasikan PIM.com sebagai alternatif selain PajakBro.com


Oygabusmi.wordpress.com


Dibandingkan dengan blog pajak sebelumnya, Oygabusmi menyajikan sesuatu yang berbeda. Tampilan blognya cukup ringkas dan terkesan tempo dulu. Namun dari yang saya tahu, Oygabusmi adalah satu-satunya blog pajak yang memiliki koleksi peraturan pajak terlengkap. Setiap saat ada aturan pajak terbaru tanpa berlama-lama pasti sudah ada di Oygabusmi. Saya sendiri melihat Oygabusmi seperti semacam direktori/perpustakan aturan perpajakan. Anda dapat mengunjungi Oygabusmi sebagai alternatif dari ortax.


Pemeriksaanpajak.com


"Pemeriksaan pajak com" (PP.com). PP.com merupakan blog pajak yang berisikan artikel berita perpajakan. Saya pribadi melihatnya seperti melihat sebuah situs berita. Konten artikel berisi berita pajak terkini. Sampai hari ini (01/04/2016), PP.com masih aktif menyuguhkan berita-berita perpajakan. Konten artikelnya lugas dan jelas. Tidak ada ikatan personal di sana. Dan saya cukup menikmati artikel yang disuguhkan PP.com. Informasi pengurus blog tersebut tidak diberikan. Pengurusnya bisa orang pajak bisa juga masyarakat umum.


Forumpajak.org


Dengan menggunakan nama domain Forum Pajak secara tersurat Anda akan menyimpulkan domain ini merupakan sebuah forum tentang perpajakan. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Forum pajak merupakan sebuah blog dengan konten artikel pajak yang cukup luas. Banyak hal yang dibahas di sana, namun saya kurang paham dengan pemetaan yang ada. Intinya Anda bisa menemukan beberapa referensi tentang perpajakan di sana. Dan "forum pajak"nya sendiri diberikan di sebuah channel khusus di blog tersebut. Dalam beberapa waktu ke depan PajakBro.com juga berencana membuat hal serupa agar seluruh pertanyaan yang ada di blog PajakBro.com dapat dijawab.

Penutup

Jadi itu lah blog pajak terbaik 2016 versi PajakBro. Kategori terbaik di sini berdasarkan kenyamanan mata saya melihat blog tersebut, nilai dari konten artikel, keorisililan artikel yang dibuat, serta yang terpenting update artikel yang disajikan blog tersebut. Sebenarnya ada beberapa nama blog pajak yang sudah cukup terkenal dan sampai saat ini masih merajai beberapa kata kunci penting tentang pajak, namun saya lihat blog tersebut sudah tidak lagi menyajikan update artikel terbaru, atau melakukan update namun intensitasnya sangat jarang. Karena bagi saya pribadi, update artikel adalah hal terpenting dari sebuah blog pajak.

Selain itu saya juga mengecualikan ASP dan Website Konsultan Pajak untuk menghindari afiliasi ke kedua website tersebut. Dan perlu juga saya sampaikan, blog/website pajak hanya lah referensi bagi Anda untuk memenuhi urusan perpajakan, sehingga saya sangat menyarankan Anda untuk tetap membuka website resmi pajak www.pajak.go.id sebagai referensi utama Anda untuk memenuhi kewajiban perpajakan Anda.

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!