SANKSI TIDAK LAPOR SPT TAHUNAN UNTUK PRIBADI DAN PERUSAHAAN!

SANKSI TIDAK LAPOR SPT TAHUNAN UNTUK PRIBADI DAN PERUSAHAAN!

Pada artikel saya tentang ketentuan ber-NPWP yang dapat Anda baca di sini (Setelah Punya NPWP lalu apa lagi?saya mengulas kewajiban Anda setelah memiliki kartu NPWP agar Anda bisa memahami apa saja ketentuan perpajakan yang berlaku setelah memiliki NPWP.

Karena jika Anda mengabaikan begitu saja kewajiban perpajakan Anda, bisa saja di hari yang cerah dan saat Anda sedang bercengkrama dengan keluarga Anda, tiba-tiba ada surat dari kantor pajak yang ditujukan atas nama Anda. Dan tanpa mengetahui apapun, Anda diharuskan membayar denda administratif atas kelalaian Anda memenuhi kewajiban perpajakan. 

Sanksi Tidak Lapor SPT Masa Pribadi

Adalah sanksi administratif berupa denda Rp 100.000 untuk setiap bulan yang tidak dilaporkan SPT Masa-nya. SPT Masa sendiri WAJIB dilaporkan setiap bulan maksimal tanggal 20 bulan berikutnya. (untuk pembayaran pajaknya maksimal pada tanggal 15)

Sanksi Tidak Lapor SPT Tahunan Pribadi

Adalah sanksi administratif berupa denda sebesar Rp 100.000 untuk setiap SPT Tahunan yang tidak dilaporkan. SPT Tahunan dilaporkan maksimal 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak yang pada umumnya pada tanggal 31 Maret.

Sehingga untuk SPT Tahunan 2014 maksimal dilaporkan pada tanggal 31 Maret 2015. Sanksi tersebut berlaku untuk yang tidak melaporkan maupun yang terlambat melaporkan, jadi jangan sampai Anda terlambat untuk melaporkan SPT Tahunan Anda.

Sanksi Tidak Lapor SPT Masa Perusahaan

Untuk keterlambatan atau tidak melapor SPT Masa Pajak Penghasilan (PPh) maka dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 100.000 untuk setiap bulan yang terlambat atau tidak dilaporkan.

Sementara untuk SPT Masa PPN sanksi administratifnya adalah Rp 500.000 untuk setiap bulan yang terlambat atau tidak dilaporkan. Untuk SPT Masa PPh dilaporkan maksimal tanggal 20 bulan berikutnya, sedangkan SPT Masa PPN maksimal akhir bulan berikutnya.

Sanksi Tidak Melapor SPT Tahunan Perusahaan

Untuk keterlambatan atau tidak melapor SPT Tahunan adalah dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 1.000.000 untuk setiap SPT Tahunan yang terlambat atau tidak dilaporkan.

Penyampaian SPT Tahunan Badan dilaporkan maksimal 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak yang pada umumnya pada tanggal 30 April. Sehingga untuk SPT Tahunan 2014 maksimal dilaporkan tanggal 30 April 2015.

Sanksi Terlambat Bayar Pajak

Selain sanksi Administratif berupa denda, ada juga sanksi berupa bunga atas pajak yang terlambat dibayar dan dilaporkan sebesar 2% per bulan untuk setiap masa pajak (SPT Masa bulanan maupun tahunan). Sanksi Administratfi ini akan disampaiakan kepada Anda dalam bentuk Surat Tagihan Pajak (STP).

Untuk pajak pribadi ada kewajiban pembayaran pajak bulanan sebesar 1% dari omset. Jika pembayaran pajaknya terlambat dari batas jatuh temponya (tanggal 15 bulan berikutnya) maka dikenakan sanksi sebesar 2% dari pajak yang dibayar. Jika telatnya lebih dari satu bulan maka tinggal dikalikan. Contoh perhitungan: Anda seharusnya bayar pajak januari 2017 sebesar Rp 100.000, namun baru Anda bayarkan di tanggal 3 Maret 2017, maka sanksi yang Anda terima adalah (2% X Rp 100.000) X 2 bulan = Rp 4.000. Untuk sanksi terlambat bayar ini tidak langsung Anda bayarkan jika Anda belum menerima Surat Tagihan Pajaknya.

Tabel Sanksi Pajak

Setiap pelanggaran perpajakan selalu memiliki konsekuensi hukum. Dalam kasus pelaporan pajak yang mendapat sanksi Administratif masih tergolong ringan. Untuk kasus yang lebih serius seperti menghidar kewajiban membayar pajak dan lain-lain maka dapat diberikan sanksi pidana atau penahanan seperti pemberitaan di beberapa media akhir-akhir ini.

Untuk itu kami pribadi mengharapkan Anda bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban perpajakan Anda dengan penuh kesadaran. Untuk lebih jelasnya tentang sanksi pajak atas pelaporan pajak silahkan simak diagram dibawah ini.

Apa Sanksi Tidak Melaporkan SPT Tahunan?

10 Komentar untuk "SANKSI TIDAK LAPOR SPT TAHUNAN UNTUK PRIBADI DAN PERUSAHAAN!"

  1. Balasan
    1. Sama2 pak, minta tolong share ke media sosial jika tidak merepotkan

      Hapus
  2. Kalau 2tahun belom melapor kira kira dendanya berapa pak?

    BalasHapus
  3. Kalau 2tahun belom melapor kira kira dendanya berapa pak?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. sekarang mudah pak mau lapor, apalagi ada fitur e-SPT

      Hapus
  5. bagaimana untuk pensiunan yang sudah tua dan sakit(memiliki difabilitas), sehingga untuk beraktiftas mandiri saja tidak mampu? masih kah harus lapor pajak?

    BalasHapus
  6. selamat siang,
    mohon infonya, saya karwayan swasta, dulu saya didaftarkan NPWP oleh perusahaan. Setelah saya resign, saya tidak pernah bayar npwp karena memang tidak bekerja.
    setahun kebelakang saya sudah bekerja di perusahaan yang berbeda dengan gaji 4-5 juta.
    tapi saya tidak bayar npwp karena ketidaktahuan saya.
    berapakah denda dan pajak penghasilan pribadi saya selama setahun kebelakang?
    karena npwp yang sekarang rencananya saya bayar sendiri.

    mohon pencerahannya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  7. Saya perusahan baru 1 tahun masih kesulitan melaporkan SPT Tahunan

    BalasHapus
  8. Mohon infonya, kalau sejak punya NPWP pd thn 2002 tetepi tdk pernah bayar pajak dan jg tdk pernah lapor SPT mada maupun SPT tahunan, hitungan dendanya bgmn ya? Dan misal saat ini mau diurus utk denda2nya tsb di KPP nya bs hub bag apa ya? Trm ksh

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel