-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Biaya Administrasi dalam Pelayanan Publik

Dalam akuntansi suatu perusahaan, biaya adalah salah satu komponen terpenting. Definisinya sendiri bermacam-macam.

Konten [Tampil]
Pengertian Biaya Administrasi dalam Pajak Kendaraan Bermotor

Pengertian Biaya Administrasi

Biaya bisa diartikan sebagai pengorbanan yang dibuat untuk mendapatkan sebuah barang atau jasa. Namun biaya juga bisa didefinisikan sebagai sebuah penunjang yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan akhir, yakni mendatangkan keuntungan. 

Lalu bagaimana dengan pengertian biaya administrasi? Biaya administrasi merupakan semua jenis biaya yang digunakan oleh sebuah perusahaan yang harus dikeluarkan untuk menunjang kelancaran kinerja dalam perusahaan tersebut.

Biaya Administrasi dalam Perusahaan

Biaya administrasi sendiri mencakup semua biaya yang mengatur kegiatan produksi barang dan jasa serta proses pemasaran. 

Dalam perusahaan, biaya administrasi terdiri dari beberapa biaya gabungan dari sebuah perusahaan. Seperti penjualan yang mencakup gaji karyawan, biaya pemasangan iklan, dan semua biaya dan pajak yang berhubungan dengan proses pembuatan dan penjualan produk. 

Biaya Administrasi dalam Pelayanan Publik

Itu adalah pengertian biaya administrasi secara umum. Namun tahukah Anda bahwa hampir di setiap transaksi yang kita lakukan, pasti ada biaya administrasi yang harus Anda penuhi. 

Misal, saat Anda melakukan transaksi di bank melalui teller, ATM, atau bahkan mobile banking, Anda pasti harus membayar biaya administrasi dalam jumlah tertentu demi melancarkan proses transaksi. 

Dalam hal ini biaya administrasi diartikan sebagai biaya yang dibebankan oleh suatu bank kepada pemilik nomor rekening di bank tersebut. 

Biaya Administrasi dalam Pajak

Bukan hanya itu saja, saat membayar pajak pun juga dikenakan biaya administrasi. Lagipula, pajak merupakan salah satu sumber penghasilan negara yang digunakan untuk kepentingan umum maupun negara. 

Setiap warga negara yang sudah memenuhi syarat objektif maupun subjektif diwajibkan untuk membayar pajak. Salah satu jenis pajak yang dibayarkan oleh hampir semua penduduk Indonesia adalah pajak kendaraan bermotor. 

Karena kini pembayaran pajak tidak perlu langsung mendatangi kantor Samsat, para wajib pajak bisa membayarnya melalui transfer bank yang tentunya akan dikenai biaya untuk menunjang proses administrasi. 

Pengertian biaya administrasi dalam hal ini berarti biaya yang dibebankan pada pihak wajib pajak saat melakukan pembayaran dan biasanya hanya dikenai biaya sebesar lima ribu rupiah untuk setiap transaksi.