-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Allowance Secara Umum

Pengertian allowance jika dialihbahasakan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, maka akan memiliki tiga makna. Mari kita bahas satu per satu.

Konten [Tampil]

Pengertian Allowance Secara Umum

Pengertian Allowance

Makna yang pertama yaitu sebuah pemberian uang kepada seseorang dengan memiliki maksud dan tujuan tertentu, misalnya saja sebagai upah atas suatu pekerjaan atau jasa yang telah dilakukan. 

Makna yang kedua yaitu sebuah penghargaan atas sesuatu dalam bentuk tukar tambah, misalnya saja pada pembentukan harga. 

Sedangkan makna yang ketika allowance diartikan sebagai sebuah kelonggaran. Sehingga makna allowance bisa memiliki maksud yang berbeda, bergantung di mana kata ini diterapkan dan kata apa yang mendampinginya. 

Allowance sendiri, jika dari kosa kata bahasa Inggris berasal dari kata allow yang merupakan kata kerja, yang berarti mengikuti. Sedangkan allowance merupakan bentuk kata benda, sehingga pengertian allowance merupakan dana tunjangan. 

Posisi Allowance dalam Pajak

Dalam pajak, istilah allowance juga digunakan, misalnya saja dalam penggunaan tax allowance. Secara umum, diberlakukannya pajak karena sebagai upaya dalam meningkatkan investasi pada sebuah pemerintahan di negara tertentu, termasuk di Indonesia. 

Sebuah negara pasti akan melakukan berbagai upaya agar bisa mendapatkan investor. Cara inilah yang paling sering ditempuh pada sebuah negara.

Biasanya, upaya tersebut dilakukan dengan cara memberikan sebuah fasilitas ataupun insentif yang disebut dengan tax allowance. 

Hal tersebut berarti bahwa pemerintah mengambil kebijakan berupa pengurangan nominal pajak yang harus dibayarkan, terhitung dari penghasilan yang terkena kewajiban pajak. Penghasilan tersebut terhitung dari total keseluruhan investasi yang diberikan pada bidang tertentu.

Sementara itu, David Holland memberikan pendapatnya tentang definisi tax allowance. Ia mengartikan tax allowance sebagai sebuah keringanan pajak, di mana prosentasenya berdasarkan atas nilai pengeluaran pada investasi yang memenuhi ketentuan. Di Indonesia sendiri juga menerapkan kebijakan tax allowance tersebut. 

Kesimpulan

Pengertian allowance bisa memiliki perbedaan jika dipakai dalam bidang yang berbeda. Allowance akan memiliki makna yang berlainan jika dipakai pada akuntansi dan pada pajak. Sehingga Anda harus memahami dengan baik penggunaan setiap kata allowance di kalimat yang berbeda.