Batas Lapor SPT Tahunan 2019 Pribadi dan Badan, Awas Dendanya Gede!

BATAS PELAPORAN SPT TAHUNAN 2018

Batas Pelaporan SPT Tahunan

Untuk megetahui batas pelaporan SPT Tahunan, maka yang perlu diketahui adalah pelaporan SPT Tahunan terbagi menjadi 2 jenis yaitu
  1. Pelaporan SPT Tahunan Pribadi / Perorangan
  2. Pelaporan SPT Tahunan Badan / Perusahaan
Ketentuan batas akhir pelaporan SPT Tahunan untuk kedua jenis SPT Tahunan tersebut tidak sama, dan hal ini sudah di atas dalam Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) Nomor 16 Tahun 2009.

Batas Pelaporan SPT Tahunan Pribadi

Untuk wajib pajak orang pribadi kewajiban pelaporan SPT Tahunan dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu
  1. SPT Tahunan 1770, yang diperuntukkan bagi Anda yang bekerja sebagai wiraswasta atau pemilik usaha;
  2. SPT Tahunan 1770S, untuk pegawai atas karyawan dari satu pemberi kerja yang total penghasilan setahun lebih dari 60 juta; dan
  3. SPT Tahunan 1770SS, untuk pegawai atas karyawan dari satu pemberi kerja yang total penghasilan setahun kurang dari 60 juta.
Untuk ketiga jenis pelaporan SPT Tahunan tersebut batas akhir untuk lapor adalah sama yaitu tanggal 31 Maret. Dalam hal tanggal 31 Maret adalah hari libur maka biasanya akan diatur mellaui surat keputusan Dirjen Pajak apakah pelaporan SPT Tahunan Pribadi tersebut diundur atau dimajukan.

Batas Pelaporan SPT Tahunan Badan

Untuk wajib pajak badan usaha atau perusahaan, jenis SPT Tahunannya hanya satu jenis yaitu SPT Tahunan 1771. Jadi SPT Tahunan 1771 ini digunakan untuk bentuk badan usaha seperti
  1. Perseroan Terbatas (PT)
  2. Comanditer Venture (CV)
  3. Usaha Dagang (UD)
  4. Yayasan
  5. Organisasi
  6. Perkumpulan
Dan batas pelaporan SPT Tahunan untuk jenis badan usaha tersebut adalah 30 April. Dan seperti ketentuan untuk pelaporan SPT Tahunan Pribadi, dalam hal tanggal 30 April adalah hari libur maka biasanya akan diatur mellaui surat keputusan Dirjen Pajak apakah pelaporan SPT Tahunan Pribadi tersebut diundur atau dimajukan.

Batas Pelaporan SPT Tahunan 2019

Nah, dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa batas akhir pelaporan SPT Tahunan Pribadi adalah 31 Maret sementara batas akhir pelaporan SPT Tahunan Badan Usaha adalah 30 April. Bagaimana untuk batas pelaporan SPT Tahunan 2019?

Untuk saat ini dapat kami infokan bahwa untuk tahun 2019, batas akhir pelaporan SPT Tahunan Pribadi adalah 31 Maret 2019 sementara batas akhir pelaporan SPT Tahunan Badan Usaha adalah 30 April 2019. Apakah ini tanggal pastinya? Belum tentu, jika ada update info dari Direktorat Jenderal Pajak terkait dengan perubahan batas akhir pelaporan SPT Tahunan maka akan kami update pada akhir artikel ini, jadi silahkan bookmark atau share ke facebook Anda agar tidak lupa.

Batas Akhir Lapor SPT Tahunan Bisa Dimundurkan

Perlu Anda ketahui bahwa Anda bisa melakukukan penundaan pelaporan SPT Tahunan. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan 3 kondisi yaitu
  1. Kondisi Luar Biasa sehingga Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan kebijakan untuk memundurkan batas akhir pelaporan SPT Tahunan.
  2. Mengajukan permohonan penundaan pelaporan SPT Tahunan.
  3. Laporan Keuangan Anda untuk satu tahun tidak sama dengan satu tahun kalender. Khusus untuk kondisi ini Anda wajib untuk mengirimkan surat pemberitahuan ke Menteri Keuangan di tahun sebelumnya.
Dengan tiga kondisi tersebut maka batas akhir pelaporan SPT Tahunan tidak akan selalu berakhir di tanggal 31 Maret maupun 30 April.

Sanksi Tidak Lapor SPT Tahunan

Jika Anda tidak mealporkan SPT Tahunan atau Anda melaporkan SPT Tahunan namun terlambat melebihhi batas akhir pelaporan SPT Tahunan, maka ada sanksi berupa Surat Tagihan Pajak (STP). Sanksi tidak lapor SPT Tahunan adalah
  1. Rp 100.000 untuk wajib pajak pribadi (perorangan)
  2. Rp 1.000.000 untuk wajib pajak badan usaha (perusahaan)
Untuk itu usahakan untuk melaporkan SPT Tahunan Anda sesegera mungkin agar Anda terhindar dari sanksi pajaknya. Perlu diketahui bahwa SPT Tahunan Anda sudah bisa dilaporkan sejak awal tahun yaitu mulai dari tanggal 01 Januari. Jadi tenggang waktu untuk lapor SPT Tahunan lumayan panjang, jadi jangan tunggu sampai batas akhir di tanggal 31 Maret atau 30 April ya!

25 Komentar untuk "Batas Lapor SPT Tahunan 2019 Pribadi dan Badan, Awas Dendanya Gede!"

  1. Telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak terhitung sejak 29 November 2017 apakah sudah harus melaporkat SPT Tahunan ? Trims

    BalasHapus
  2. Sudah 3 tahun tidak digunakan
    Karna sudah tidak bekerja lagi
    Apakah masih aktif?
    Dan denda nya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau 3 tahun tidak lapor dendanya Rp 300.000
      Kalau badan usaha dendanya 3 juta

      Hapus
  3. selamat malam,
    saya mau tanya soal wajib lapor tahunan.
    saya sudah bikin NPWP sejak noverber tahun 2018.untuk keperluan salah satu melamar pekerjaan.sedangkan sampe sekarang saya belum dapet kerjaan masih kerja sana kerja sini,belom ada pemasukan yang tepat.
    apakah saya di tahun 2019 ini harus lapor tahunan dan mulai tanggal berapa saya harus lapor.
    posisi saya lagi jakarta.
    mohon bantuanya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib lapor SPT Tahunan. Bisa lapor di kantor pajak terdekat

      Hapus
  4. Selamat siang
    Sebelum saya sudah bikin npwp utk melamar pekerjaan sedangkan belum dapat pekerjaan dan sekarang saya lulus cpns apakah npwp lama saya boleh di gunakan ap bikin npwp baru??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap pakai NPWP lama. Karena data NPWP sudah sinkron dg data KTP

      Hapus
  5. apa benar Batas Waktu Pelaporan Spt Pajak Via Online Tahun 2019 Diperpanjang Sampai 30 April 2019 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pak. Untuk NPWP pribadi maksimal 31 maret 2019

      Hapus
  6. selamat pagi

    saya mau tanya soal spt tahuanan
    saya sudah lapor pajak tahunan, yg saya mau tanya apakah laporan pajak tahunan bisa di cancel lagi? di karenakan ada owner yg mau di ganti faktur pajaknya ..
    terima kasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cancel tidak bisa. Namun bisa melakukan pembetulan SPT.

      https://www.pajakbro.com/2016/12/pembetulan-spt-tahunan-online.html

      Hapus
  7. Mau tanya kalau bikin npwp januari 2019 ini dan baru mulai pajak bulan ini wajib lapor spt tahunan jg wlaupun baru 3 bln ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Lapor SPT Tahunannya masih tahun depan

      Hapus
  8. Permisi sya mau nnya,, tgl 31maret jatuh hari sabtu, apa DJP buka di hari itu?

    BalasHapus
  9. Saya mau nanya..npwp saya tahun 2012 apa masih aktif...dan saya tidak pernah menggunakannya apakah kena denda

    BalasHapus
  10. Pelaporan pajak 2019 batas sampai tgl 31 Maret, bisa mulai lapor dari kapan?

    BalasHapus
  11. Maaf tnya,sy buat NPWP agustus 2018 buat lamar kerja tapi saya di tolak perusahaan yg berngsangkutan krna syarat krng kengkap dan telat,jadi smpk skrng belom kerja,apakah juga harus lapor?apakah bisa du hapus kan?cara lapor gimana?

    BalasHapus
  12. pendapatan saya dari usaha jasa servis mebel 5000000 / bln..berapa pajak yg harus saya bayar..biasanya 50rb apa sudah benar..dan haruskah lapor spt

    BalasHapus
  13. Kalo mau mengedit/merubah data dari gaji diatas 2,5 juta menjadi dibawah 2,5 juta. Kira2 bisa dirubah gak? Dan pengaruh ga dgn biaya yng dikeluarkan wajib pajak.

    BalasHapus
  14. untuk lapor SPT Tahunan Pribadi di 2019 ini , apakh masih bs dikirim melalui kantor pos atau ke kpp terdekat ? karena ada info wajib menggunakan e filling? terima kasih

    BalasHapus
  15. Sy mau tanya,.lapor spt tahunan perorangan 2019 bisa kan tdk harus pakai online??Tahun sbllmnya sy tinggal Kirim pakai pos aja ke kantor pajak. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel