SETELAH PUNYA NPWP LALU APA? INI YANG WAJIB DILAKUKAN!

Setelah Punya NPWP Lalu Apa?

Mengapa Anda Membuat NPWP?

Setelah punya NPWP lalu apa? Dari pengalaman saya selama 1 tahun menjadi petugas pembuatan NPWP di Kantor Pelayanan Pajak, dapat disimpulkan bahwa tujuan membuat NPWP sebagian besar adalah untuk:
  1. Kredit Bank
  2. Izin Usaha
  3. Melamar Pekerjaan
Padahal fungsi utama NPWP bukan lah untuk hal-hal di atas. Fungsi NPWP sendiri adalah sebagai sarana kantor pelayanan pajak untuk mencatat seluruh administrasi perpajakan yang Anda lakukan. Setelah punya NPWP setiap uang pajak yang Anda setor/bayarkan ke negara dapat tercatat dan dipertanggungjawabkan.

Kredit Bank Setelah Punya NPWP

Mungkin pernah terlintas di benak Anda, mengapa saat Anda ingin meminjam uang di bank maka disyaratkan memiliki NPWP? Secara ringkas dapat dijelaskan, ada unsur pajak penghasilan yang didapatkan oleh pihak bank atas bunga pinjaman dari kredit yang Anda lalukan. Sehingga pihak bank wajib mengetahui NPWP Anda untuk pencatatan pihak bank.

Izin Usaha Setelah Punya NPWP

Untuk mendirikan sebuah badan usaha, Anda perlu mempersiapkan banyak hal, dan salah satunya adalah NPWP. Mengapa harus punya NPWP sebelum memulai usaha? Perlu Anda tahu, setiap orang atau badan yang memiliki penghasilan maka wajib untuk membayar pajak.

Badan usaha yang sudah memiliki penghasilan wajib menyetor pajaknya, sehingga dari awal Anda sudah harus memiliki NPWP agar saat melakukan pembayaran pajak maka semuanya tercatat dalam sistem administrasi kantor pajak.

Melamar Pekerjaan Setelah Punya NPWP

Pada artikel Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja sudah saya jelaskan tentang hal ini. Tidak seharusnya perusahaan mensyaratkan NPWP untuk melamar kerja. Perusahaan menjadikan NPWP sebagai syarat agar saat Anda diterima bekerja, maka perusahaan bisa langsung memotong pajak atas gaji Anda tanpa terbebeni kenaikan tarif sebesar 20% dari tarif normal. Namun jika pada akhirnya jika Anda tidak diterima bekerja di tempat tersebut, maka NPWP tidak diperlukan lagi.

Kewajiban Setelah Punya NPWP

Karena kebanyakan masyarakat masih sangat awam di bidang perpajakan maka yang terjadi adalah kesalahpahaman. Dan hal ini sudah terjadi puluhan tahun bahkan hingga artikel ini Anda baca. Dengan memiliki NPWP bukan berarti selesai sudah urusan Anda.

Malah sebaliknya, setelah punya NPWP maka dimulai pula kewajiban perpajakan Anda untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak atas penghasilan yang Anda dapatkan.

Setelah punya NPWP, kewajiban untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak tidak sama untuk masing-masing pemilik kartu NPWP.
  1. Untuk pegawai/karyawan pajaknya sudah dipotong oleh pemberi kerja setiap bulannya. Sehingga kewajiban menghitung dan membayar sudah diwakilkan oleh pemberi kerja. Tinggal kewajiban melaporkan pajaknya saja yang dilakukan setahun sekali melalui lapor SPT Tahunan. Melapor pajak bukan membayar pajak, karena sering sekali banyak yang salah paham soal ini. Pajak Anda sudah disetorkan, Anda hanya melaporkan yang sudah disetorkan tersebut.
  2. Sementara jika Anda usahawan, maka setelah punya NPWP, kegiatan menghitung dan membayar pajak harus Anda lakukan sendiri setiap bulannya. Dan di akhir tahun pajak Anda diminta untuk melaporkan pajak yang sudah Anda hitung dan bayarkan tersebut. Namun jika Anda memiliki kewajiban pajak misalkan PPN, maka Anda juga wajib lapor pajak bulanan.
  3. Dan terakhir untuk badan usaha setelah punya NPWP, kegiatan menghitung, membayar, dan melaporkan pajak dilakukan setiap bulannya. Sehingga untuk badan usaha dikenal istilah lapor SPT Masa dan Lapor SPT Tahunan.

35 Komentar untuk "SETELAH PUNYA NPWP LALU APA? INI YANG WAJIB DILAKUKAN!"

  1. Setelah mempunyai kartu npwp apakah saya setiap bulannya membayar pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung ia karyawan di perusahaan atau usahawan

      Hapus
  2. Sudah punya npwp, tpi blum kerja apakah kena pjk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pajak dikenakan pada wajib pajak yang memiliki penghasilan. Dan NPWP adalah identitas seseorang untuk membayar pajak. Jika belum memiliki penghasilan, saran saya tidak usah membuat NPWP. Namun jika sudah terlanjur dibuat, namun tidak bekerja/memiliki penghasilan, saya sarankan NPWP nya di non-efektifkan ke KPP tempat anda mendaftar. Catatan: NPWP akan aktif kembali setelah anda bekerja kembali di perusahaan.

      Hapus
    2. Mas maaf .. jika kita sudah berhenti bekerja apakah NPWP masih aktif ?

      Hapus
  3. Setelah punya npwp bayar pajak perbulan itu seumur hidup atau hanya saat bekerja saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayar pajaknya ketika ada penghasilan yang diperoleh. Namun tetap, untuk pelaporan pajaknya harus dilaporkan setiap tahunnya.

      Hapus
    2. Mas sya karywan kontrak di prsahan..untuk surat keterangan kerja nya...sya minta dikantor out sourch sya atau kantor sya ditempatkan bkrja...soalnya sya mau buat npwp di dekat kantor sya bekerja...trima kasih...soalnya kantor outsourh sya jauh dari kantor kpp yg syatuju..

      Hapus
    3. buat secara online aja mas,,,
      cari aja di web

      Hapus
  4. Kalo mau bayar pajak.... Biasanya per bulan atau per tahun??? Please di jawab yaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung bayar pajak apa dulu, dan posisi dia sebagai apa, orang pribadi yang bekerja di perusahaan, atau usahawan, atau bayar pajak dari penjualan.

      Hapus
  5. nu nanya loba tapi aweuh nu ngajawabna. ah mual tulus nanya ge percuma..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bertanya banyak tapi tidak ada yang menjawab, ah engga jadi bertanya percuma mau tanya juga ..
      begitu arti nya hehe

      Hapus
  6. Saya WPOP, baru memperoleh NPWP baru tahun 2019 yang terdaftar di KPP tempat tinggal atau sesuai KTP .
    Tempat usaha saya di kota kabupaten.
    Apakah setelah terima NPWP baru tersebut harus daftar NPWP baru lagi sesuai tempat lokasi usahanya ?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan perubahan data NPWP, formulirnya tersedia

      Hapus
  7. Mau tanya setiap bulan/tahunnan apa mau byr pajak nya pemula...

    BalasHapus
  8. Ayah saya tgl 6 feb 2019 ke kantor pajak untuk membuat npwp kemudian dari kantor pajak bilang bahwa sebenarnya ayag saya sudah punya namun dinonaktifkan. Akhirnya ayah saya d suruh bayar denda 100rb.

    Yg jadi pertanyaan:

    Apakah ayah saya harus bayar pajak th 2018?

    Atau bayar pajak mulai januari 2019?

    Bagaimana cara bayarnya?

    Ayah saya berwirausaha.

    Mohon pencerahan nya.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat mau bayar aja ribet ya.. byr bulanan lah laporan tahunan lah.. di bikin simple aja knp

      Hapus
  9. Saya baru urus NPWP bulan pebruari 2019. saat di kantor pajak disuruh bayar pajak 2019 di bank 50 ribu. jadi kapan saya bayar pajak lagi??

    BalasHapus
  10. Mhon maaf sya mau tnya Sya jga baru bkin npwp tapi d sruh bayar 6 bln trakhir di tahun 2018 apakah itu wajib saya byar ?
    Trima kasih

    BalasHapus
  11. Saya punya npwp, krna habis kridit bank. cara lapornya gmn ya gan

    BalasHapus
  12. Saya mau buat NPWP secara online. Tapi alamat saya sekarang beda dengan alamat di E ktp, apakah ntar NPWP sdh jadi, dikirim ke alamat kita sekarang?

    BalasHapus
  13. Saya baru buat npwp blm lama sktr 4 bulan yang lalu, dan skrng sudah bulan maret. apakah wajib laporan?

    BalasHapus
  14. sebenarnya saya pengin bikin NPWP, cuma bingung, irang Usaha saya sebagai pemborong kadang ada, kadang sepi bahkan ada yang pesan barang produksi saya ( furniture )
    tolong pencerahanya

    BalasHapus
  15. Saya harus lapor spt tapi saya tidak punya bukti potong karena belum bekerja, bagaimana? Mohon petunjuk

    BalasHapus
  16. saya sudah memiliki npwp, tapi saya bikin online karena berada diluar kota. lalu bagaimana cara saya melaporkan npwp saya.

    BalasHapus
  17. Berarti bayar pajak NPWP itu sesuka kita atau udah ditentukan pemerintah dari sono nya??

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  19. Saya sudah bikin npwp 3bln yg lalu tp,,tp saya blm pernah byr pajak perbulan,,apakah saya kena denda?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel