Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Buat NPWP untuk Pelamar Kerja

Membuat NPWP untuk yang belum bekerja. Apakah aturan pajak membolehkan membuat NPWP untuk yang belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja dipersulit untuk membuat NPWP. Silahkan simak penjelasan singkat saya ^^

Aturan Pembuatan NPWP

Pada artikel syarat membuat NPWP, khusus untuk pegawai atau karyawan diwajibkan untuk melampirkan keterangan kerja. Keterangan kerja ini didapatkan dari tempat Anda bekerja, jadi Anda bisa memintanya di bagian kepegawaian atau HRD. Idealnya, kartu NPWP hanya bisa diberikan untuk mereka yang sudah bekerja, untuk itulah kantor pajak mensyaratkan surat keterangan kerja.

Banyak yang salah paham di sini, tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi di masyarakat. Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pendaftar di perusahaannya sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak memiliki aturan sendiri tentang boleh tidaknya seseorang memiliki NPWP. Sehingga yang terjadi adalah kebingungan masyarakat.

Penghasilan Tidak Kena Pajak

Pernah kah Anda mendengar istilah ini? PTKP. Penghasilan Tidak Kena Pajak. Perlu Anda tahu, dalam perhitungan pajak atas gaji Anda, tidak semuanya dikenakan tarif pajak. Ada sejumlah penghasilan Anda yang tidak diperhitungkan pajaknya, itulah PTKP. Untuk saat ini PTKP dalam setahun, untuk pria/wanita lajang tanpa tanggungan adalah Rp 36.000.000 per tahun, atau Rp 3.000.000 per bulan. Yang artinya, jika penghasilan Anda di bawah Rp 3.000.000 per bulan, maka tidak ada pajak yang dipotong atas gaji Anda.

Bagi kantor pajak, jika penghasilan Anda masih dibawah PTKP maka Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika orang yang bekerja dengan gaji di bawah Rp 3.000.000 per bulan saja tidak wajib memiliki NPWP, bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja? Semoga Anda memahami hal ini.

Belum Bekerja

Bagaimana solusinya? Solusinya adalah negara yang mengalah, atau perusahaan yang mengalah. Dalam hal ini masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan masing-masing. Saya pribadi tidak bisa memberikan jawaban pasti akan hal ini. Rekan saya di kantor pajak batam pernah mengatakan jika mereka menolak setiap pendaftaran NPWP untuk orang yang belum berpenghasilan. YA, BELUM BERPENGHASILAN. Yang artinya, jika Anda sudah bekerja, berapapun gaji Anda (walaupun di bawah 3 juta) tetap boleh mendapat NPWP. Sementara jika Anda belum bekerja, maka akan ditolak. Dan bagusnya, kebijakan di kantor pajak batam ini diiring sosialisasi ke perusahaan-perusahaan di sana agar tidak mensyaratkan NPWP untuk melamar kerja.

Namun kembali lagi, masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan sendiri. Saran saya bagi Anda yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, jangan nekat langsung ke kantor pajak untuk daftar NPWP, karena Anda belum tahu kebijakan di kantor pajak tersebut, dan kemungkinan Anda akan pulang dengan tangan kosong. Jika Anda belum bekerja, silahkan minta keterangan dari desa/kelurahan tentang status pekerjaan Anda saat ini. Jangan diisi belum bekerja. Isilah yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Misalkan untuk pekerjaan bisa diisi "freelance", wiraswasta, pegawai swasta, dll. Ok? Artikel ini juga berlaku untuk Anda yang masih menjadi mahasiswa, karena banyak pertanyaan seperti ini dari para mahasiswa. Jadi seperti itu lah pejelasan saya untuk Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja.
Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!