-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NPWP dan beragam manfaatnya

tidak punya pengahsilan tapi punya npwp
Membayar pajak tepat waktu merupakan salah satu kewajiban sebagai warga negara negara yang baik dan taat akan peraturan. Dan salah satu bentuk ketaatan dalam membayar pajak ini adalah dengan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.

NPWP ini begitu sangat penting utamanya bagi para pelaku usaha utamanya anda yang menjalankan UMKM tentu harus taat pajak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

Selain untuk pajak bagi para pelaku usaha, ada manfaat  untuk kebutuhan lainnya meskipun tidak punya penghasilan tapi punya NPWP juga sangat diperlukan. Seperti apa manfaat dari NPWP sehingga anda perlu untuk memilikinya.

Berguna untuk persyaratan administrasi

Manfaat pertama dari memiliki NPWP adalah kemudahan dalam melakukan pengurusan administrasi, seperti bank. Saat ini banyak instansi perbankan yang mewajibkan memasukkan NPWP sebagai salah satu syarat dokumen pendukung dalam pengurusan administrasi agar keperluan yang anda butuhkan dapat segera diurus. Beberapa keperluan di bank yang membutuhkan adanya NPWP

a. Pembuatan rekening dana nasabah atau RDN

Bagi anda yang ingin membuka Rekening dana nasabah yaitu sebuah rekening yang dibuka atau dibuat pada bank tertentu atas nama nasabah dengan tujuan untuk investasi.

Rekening ini hanya dapat digunakan dalam memfasilitasi transaksi jual beli produk investasi misalnya saham, obligasi, atau reksadana. Untuk membuka rekening ini anda diwajibkan untuk memiliki NPWP, jika tidak ada anda tidak memproses pembuatan rekening.

b. Pembuatan rekening bank

Beberapa instansi bank ternyata membutuhkan NPWP sebagai syarat administrasi untuk pembukaan rekening bank. Sehingga sebelum anda memutuskan untuk membuka rekening ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu apakah rekening tabungan tersebut membutuhkan NPWP sebagai persyaratan.

Jadi, tidak punya penghasilan tapi punya NPWP juga penting dan bagian dari kebutuhan, ya salah satunya dalam pembuatan rekening bank.

c. Pembuatan SIUP

Bagi anda yang ingin atau akan membuat suatu usaha, NPWP ini menjadi begitu penting dan  berguna sebagai syarat dalam proses pembuatan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, sebagai salah syarat untuk memperoleh izin mendirikan badan usaha dalam rangka untuk pelaksanaan usaha perdagangan.

SIUP ini begitu penting keberadaannya dimana menjadi bukti pengesahan usaha yang anda miliki dimana surat izin ini dikeluarkan langsung oleh pemerintah daerah dan SIUP sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha individu atau perorangan maupun pelaku usaha yang telah berbadan hukum.

d. Salah satu dokumen pelengkap untuk pembuatan paspor

Tidak punya penghasilan tapi punya NPWP, ini penting karena jika anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri baik dalam rangka liburan atau melanjutkan pendidikan tentu membutuhkan paspor.

Dalam pembuatan paspor inilah, persyaratan administrasi mengharuskan anda untuk memiliki NPWP. Jadi sebelum membuat paspor pastikan anda memiliki NPWP agara proses pembuatan paspor dapat segera diurus.

Kemudahan dalam pengurusan pajak

Kedua, selain dapat mempermudah proses administrasi dalam beberapa pengurusan dokumen, ternyata dengan memiliki NPWP akan mempermudah dalam pengurusan pajak.

Banyak kegiatan atau aktivitas pajak yang dapat dipenuhi dengan adanya NPWP seperti mengurus restitusi pajak, pemotongan pajak yang rendah, dan masih banyak lagi yang lain.