-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Biaya Dibayar Dimuka dalam Pajak

Apabila Anda adalah pelaku bisnis, pernahkah Anda membayar jasa atau barang bisnis sebelum Anda menggunakannya?

Konten [Tampil]
Pengertian Biaya Dibayar Dimuka dalam Pajak

Pengertian Biaya Dibayar Dimuka

Jenis pembelian seperti ini merupakan salah satu jenis transaksi khusus dalam pembukuan. Disini Anda harus mencatat  entri jurnal prepaid expenses atau yang dikenal luas sebagai biaya dibayar dimuka. 

Namun tahukah Anda apa itu pengertian biaya dibayar dimuka secara umum? Biaya dibayar dimuka didefinisikan sebagai sebuah biaya yang dibayar sebelum Anda bisa menggunakan barang atau jasa yang akan digunakan untuk menunjang kinerja sebuah bisnis. 

Biaya ini biasa akan diterapkan saat Anda harus membayar sebuah produk atau jasa yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat. 

Jenis Biaya Dibayar Dimuka

Biaya dibayar dimuka tidak bisa segera memberikan nilai. Justru, mereka bisa memberikan nilai secara rutin. Anda tidak akan bisa langsung menghabiskan semua nilai dari sebuah barang atau jasa karena pengeluaran baru akan berakhir begitu Anda menggunakannya. 

Pembayaran dimuka sendiri merupakan proses transaksi yang tidak hanya dilakukan oleh bisnis, namun juga individu. Ada beberapa jenis pembelian yang termasuk bisa dikategorikan dalam pembayaran dimuka, antara lain adalah pembayaran sewa ruang, peralatan yang harus dibayar sebelum bisa digunakan, taksiran pajak, sejumlah tagihan utilitas, dan beban bunga. 

Contoh Biaya Dibayar Dimuka

Contoh dari pengertian biaya dibayar dimuka yang paling sering Anda temui adalah saat Anda harus menyewa tempat untuk menjalankan bisnis dan kebetulan biaya sewa harus dibayar dimuka. 

Saat Anda menyewa gedung untuk menjalankan usaha, otomatis Anda harus membayar sewa gedung katakanlah sebesar sepuluh juta rupiah untuk masa sewa satu dua tahun mendatang. 

Disini bisa dilihat bahwa meskipun Anda membayar sewa sebesar sepuluh juta, manfaat dari sewa gedung tersebut baru bisa dirasakan selama dua tahun mendatang. 

Biaya Dibayar Dimuka dalam Pajak

Seperti yang sudah disinggung diatas, pajak juga termasuk dalam transaksi yang bisa dibayar dimuka. Pengertian biaya dibayar dimuka untuk pajak merupakan pajak yang dibayar oleh perusahaan pada setiap bulannya atau dipungut oleh pihak ketiga. 

Pajak yang dibayar dimuka masuk kedalam kategori kredit pengurang pajak pada akhir tahun untuk pajak penghasilan atau pada akhir bulan untuk PPN.