-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Biaya Operasional dan Pra Operasional

Demi menunjang kelancaran, sebuah perusahaan tentu akan membutuhkan biaya operasional, berikut pengertian biaya operasional itu sendiri.

Konten [Tampil]
Pengertian Biaya Operasional dan Pra Operasional

Pengertian Biaya Operasional 

Pengertian biaya operasional sendiri kerap kali diartikan sebagai suatu pengeluaran yang harus dilakukan agar proses produksi maupun semua aktivitas di sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar seperti biaya pemasaran, penjualan, administrasi, dan lain sebagainya. 

Namun, biaya operasional tidak mencakup biaya pengeluaran yang sudah direncanakan untuk biaya penyusutan maupun harga pokok penjualan. 

Contohnya, mesin fotokopi merupakan pembelian yang masuk dalam belanja modal, sedangkan biaya perawatan mesin, listrik, pembelian kertas dan tinta masuk kedalam biaya operasional.  Biaya operasional juga tidak mencakup biaya pajak pendapatan, bunga pinjaman, dan depresiasi.

Biaya Operasional Menurut Ahli

Sedangkan pengertian biaya operasional menurut Nafarin, yakni biaya usaha pokok sebuah perusahaan kecil maupun besar dan tidak termasuk harga pokok penjualan. Yang termasuk dalam biaya operasional antara lain adalah biaya administrasi dan umum serta biaya penjualan. 

Sedangkan menurut Jusuf, biaya operasional merupakan semua jenis biaya yang tidak ada sangkut-pautnya langsung dengan produk maupun jasa sebuah perusahaan. Akan tetapi masih berkaitan dengan semua aktivitas operasional sehari-hari dalam perusahaan. 

Biaya operasional memiliki dua komponen yakni biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tidak akan berubah meskipun ada peningkatan produktivitas maupun penjualan. Sedangkan biaya variabel adalah semua biaya yang bergantung pada aktivitas produksi sebuah perusahaan.

Biaya Operasional dalam Pajak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pajak pendapatan tidak termasuk dalam kategori biaya operasional, melainkan biaya non-operasional. 

Biaya non-operasional merupakan suatu biaya yang tidak termasuk dalam aktivitas operasional sebuah perusahaan dan yang menjadi tanggungjawab perusahaan tersebut. 

Meski tidak berkaitan langsung dengan kegiatan pokok, biaya non-operasional tetap harus dikeluarkan demi menunjang keberlangsungan sebuah perusahaan. 

Dalam pajak sendiri terdapat biaya pra operasional, yakni biaya yang bisa dilakukan amortisasi merupakan semua biaya yang memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun. 

Sementara yang termasuk dalam pengertian biaya operasional sehari-hari adalah semua biaya yang memiliki masa manfaat kurang dari satu tahun dan akan dibebankan sebagai biaya pada tahun berjalan.