-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Biaya Overhead dan Perhitungan Biaya Overhead

Tahukah Anda apa itu pengertian biaya overhead? Yang dimaksud dg biaya overhead merupakan biaya yang tidak bisa dikaitkan langsung dg proses produksi.

Konten [Tampil]
Pengertian Biaya Overhead dan Manfaat Perhitungan Biaya Overhead

Pengertian Biaya Overhead

Biaya overhead merupakan biaya yang tidak bisa dikaitkan langsung dengan proses produksi sebuah produk maupun jasa. 

Jenis pengeluaran seperti ini merupakan pengeluaran yang terjadi di hampir semua jenis perusahaan. Biaya overhead juga memiliki peran penting demi kelangsungan sebuah perusahaan. 

Semua laporan laba rugi sebuah bisnis atau perusahaan yang tidak termasuk dalam aktivitas produksi perusahaan adalah biaya overhead. 

Sederhananya, pembelian persediaan tidak termasuk dalam kategori biaya overhead karena biaya ini berkaitan langsung dengan semua kegiatan produksi barang dan jasa di sebuah perusahaan. 

Sedangkan biaya sewa gedung pabrik termasuk dalam biaya overhead. Hal ini karena perusahaan harus selalu membayar sewa gedung meski perusahaan tidak melakukan kegiatan produksi dalam gedung yang sudah disewa.

Sesuai dengan pengertian biaya overhead di atas, contoh yang termasuk dalam biaya ini bisa berbeda-beda dari perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. 

Menghitung Biaya Overhead 

Biaya overhead yang terjadi dalam perusahaan manufaktur tentu akan berbeda dengan biaya overhead di perusahaan dagang. 

Sejumlah pengeluaran yang masuk kedalam kategori biaya overhead antara lain adalah biaya karyawan dan kebutuhan yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan produksi inti. 

Biaya rutin yang harus dikeluarkan namun tidak terkait langsung dengan kegiatan produksi seperti biaya asuransi karyawan dan pabrik serta pajak juga masuk dalam biaya overhead.

Menghitung biaya overhead tentu juga memiliki manfaat yang berguna bagi kelangsungan perusahaan. Dengan menghitung biaya overhead, perusahaan bisa mengetahui secara detail apa saja biaya yang ada dalam perusahaan¬ dan kemana saja biaya tersebut dikeluarkan, entah untuk pembayaran pajak, asuransi, atau pembelian alat produksi. 

Hal ini juga bisa membantu perusahaan untuk mengatur anggaran untuk biaya overhead selanjutnya agar lebih terorganisir dan bisa mencegah pengeluaran berlebih. 

Kesimpulan

Mengetahui berapa besar biaya overhead yang dimiliki sebuah perusahaan bisa membantu dalam menentukan harga produk atau jasa yang tepat. 

Selain itu, mencatat biaya overhead juga bisa membantu pemilik bisnis untuk mengawasi jumlah pengeluaran secara keseluruhan. 

Perusahaan juga akan bisa bisa melihat apakah pengeluaran tersebut sudah dilakukan secara efektif atau justru jauh lebih besar dari biaya lainnya. Itulah pengertian biaya overhead yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kalangan pebisnis.