-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Biaya Produksi, Jenis, dan Elemen-Elemennya

Mengetahui pengertian biaya produksi tentunya sangat penting bagi masyarakat umum maupun pelaku usaha dalam menjalankan sebuah bisnis.

Konten [Tampil]
Pengertian Biaya Produksi, Jenis, dan Elemen-Elemennya

Dalam menjalankan sebuah bisnis, biaya produksi akan sangat menentukan harga jual dan laba. Jika Anda memiliki usaha dan ingin mengetahui secara detail tentang biaya produksi sehingga bisa menghitung besarnya pajak dan lain-lainnya, simak penjelasan lengkap tentang biaya produksi dan hal-hal terkait lainnya di bawah ini. 

Pengertian Biaya Produksi

Mari kita mulai dari pengertiannya. Secara umum biaya produksi dapat diartikan sebagai total biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk melaksanakan proses produksi, baik barang maupun jasa. 

Biaya produksi ini dibutuhkan untuk memperoleh hasil barang atau jasa yang bisa dijual dan menghasilkan untung dan laba bagi pemilik usaha dan karyawannya. Mengapa biaya produksi ini penting? 

Karena tanpa adanya biaya produksi, pembuatan barang ataupun penyediaan jasa tidak akan terlaksana dan bisnis tidak akan berjalan. Inilah alasannya mengapa biaya produksi merupakan salah satu hal yang harus direncanakan sejak awal.

Jenis-Jenis Biaya Produksi

Selain pengertian biaya produksi, hal lain yang harus diketahui adalah jenis-jenis biaya produksi. Ada beberapa jenis biaya produksi yang umum ditemui dalam sebuah bisnis. 

Jenis-jenis biaya produksi antara lain adalah biaya tetap (fixed cost), biaya variabel (variable cost), biaya total (total cost) dan biaya rata-rata (average cost). 

Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya sama dan tidak mempengaruhi hasil produksi, contohnya sewa gedung. Biaya variable adalah biaya yang bisa berubah-ubah jumlahnya, tergantung banyaknya produksi, contohnya adalah bahan baku.

Elemen dalam Biaya Produksi

Biaya produksi memiliki beberapa elemen. Jika ditelaah, hal-hal yang membentuk biaya produksi antara lain adalah Elemen biaya produksi termasuk bahan baku langsung (direct material), biaya tenaga langsung (direct labor), dan biaya pabrik atau biaya produksi dan manufaktur. 

Elemen biaya produksi akan meningkat seiring dengan besarnya produksi. Jika skalanya semakin besar, elemen juga akan bertambah. Demikian juga besarnya biaya produksi secara umum. 

Besaran biaya produksi akan menentukan juga besarnya pajak, gaji karyawan, dan lain-lain. Inilah mengapa mengetahui pengertian biaya produksi sangat penting.