-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akuntansi Pajak Secara Umum

Dalam bidang keilmuan akuntansi pasti terdengar istilah dari kata akuntansi pajak. Di Indonesia akuntansi pajak dulunya menggunakan sistem belanda.

Konten [Tampil]

Pengertian Akuntansi Pajak Secara Umum

Akuntansi Pajak 

Akuntansi pajak sangat berperan penting dalam melakukan penghitungan pajak supaya menghasilkan perhitungan yang akurat. Seorang yang bekerja dalam akuntansi pajak harus dan wajib mengetahui atau mengerti persoalan wajib pajak.

Hal ini dikarenakan sangat pentingnya pengetahuan yang satu ini. Berikut penjelasan mengenai pengertian akuntansi pajak secara umum.

Pengertian Akuntansi Pajak 

Secara umum pengertian akuntansi pajak dapat dikatakan sebagai seni. Seni dalam menggolongkan, mencatat, atau bahkan mengikhtisarkan penafsiran transaksi-transaksi finansial yang sudah dilaksanakan oleh suatu perusahaan.

Tujuannya adalah untuk menentukan jumlah atau nilai dari penetapan beban penghasilan dasar dan pajak penghasilan perutangan yang diterima dalam tahun pajak yang digunakan sebagai dasar dari penetapan beban atau pajak penghasilan yang terutangkan oleh perusahaan yang menjadikan wajib pajak. 

Dengan begitu akuntansi pajak dapat diartikan juga dengan suatu lembaga yang berfungsi untuk mengetahui jumlah wajib pajak yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan.

Asas Akuntansi Pajak 

Akuntasi pajak ini penting dipelajari karena penghasilan kerap kali dikenakan pungutan dasar dari berbagai tujuan, asas, dan berbagai pertimbangan yang justru malah tidak ada hubungannya dengan penentuan tabel atau periodik laba atau keuntungan. 

Oleh sebab itu sangat penting untuk dipelajari supaya kewajiban pajak dapat dengan benar terutama dalam melakukan pengisian laporan SPT tahunan. 

Dengan pengetahuan akuntansi pajak maka diharapkan dapat menghitung jumlah wajib pajak penghasilan dengan benar tidak lebih maupun kurang.

Kesimpulan

Itulah pengertian akuntansi pajak secara umum. Akuntansi pajak memang erat hubungannya dengan keuangan perpajakan, karena akuntansi pajak ini lembaga yang difungsikan untuk mengetahui berapa jumlah wajib pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. 

Akuntansi pajak merupakan salah satu cabang ilmu akuntansi yang sangat penting dan wajib dipelajari. Hal ini dikarenakan supaya pembayaran wajib pajak oleh perusahaan-perusahaan tidak mengalami kelebihan ataupun kekurangan, maka sebab itu sangat pentingnya ilmu akuntansi pajak ini dipelajari.