Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Lapor dan Bayar NPWP #PahamPajak

Aneh dengan judul ini. Tentu saja. Saya pun aneh ketika ratusan orang menanyakan hal ini. Untuk itu mari kita kupas bersama. Namun saya sarankan, sebelum Anda melanjutkan membaca, lebih baik Anda baca dulu artikel saya tentang Tinggal di Indonesia Tidak Gratis. Jika sudah, mari kita mulai.

Lapor NPWP, Bayar NPWP

Kami sering mendapat pertanyaan, Bagaimana cara lapor NPWP, Bagaimana cara bayar NPWP. Biasanya orang yang menanyakan hal ini saya pastikan belum pernah baca artikel kami tentang Pengetahuan Dasar terkait Kartu NPWP. Artikel tersebut adalah artikel paling dasar ketika Anda sudah memiliki NPWP. Yang selanjutnya sudah saya sambung pada artikel Kewajiban Setelah Memiliki NPWP.

Jika dua artikel itu sudah Anda baca, dapat saya pastikan Anda tidak akan menanyakan bagaimana cara lapor atau bayar NPWP karena NPWP sendiri hanya lah sebuah kartu. Tidak lebih dari itu. Yang terpenting dalam kartu NPWP adalah nomor yang tertera dalam kartu tersebut. Itu lah nomor NPWP. Nomor ini lah yang berisi data diri Anda. Data pembayaran pajak Anda. Data pelaporan pajak Anda. Dan seluruh data perpajakan Anda.

Dengan kecanggihan teknologi dan informasi saat ini, nomor NPWP yang Anda miliki sudah terhubung dengan nomor KTP Anda. Sehingga jika secara tidak sengaja Anda menghilangkan kartu NPWP Anda, kantor pajak bisa membuat ulang kartu tersebut berdasarkan KTP yang Anda miliki. Dengan sistem ini pula setiap orang hanya bisa memiliki satu kartu NPWP.

Istilah lapor atau bayar NPWP bukan lah kata yang tepat ketika berhadapan dengan administrasi perpajakan. Istilah yang lebih tepat adalah Lapor Pajak dan Bayar Pajak. Jenis pelaporan pajak ada dua yaitu lapor pajak bulanan dengan SPT Masa dan lapor pajak tahunan dengan SPT Tahunan. Sementara untuk bayar pajak, ada ketentuan sendiri terkait dengan jenis pajak dan lain lain. Yang secara sederhana bisa kami jelaskan, ada jenis pajak yang Anda bayar bersifat final dan tidak final. Untuk pajak final akan dianggap selesai ketika Anda bayar pajak tersebut. Sementara yang tidak final akan diperhitungkan kembali di akhir tahun pajak sebagai kredit pajak. Belum paham penjelasan ini? Saya sarankan Anda langsung berkonsultasi dengan konsultan pajak gratis yang di sedikan oleh kantor pajak. (Baca: Konsultan Pajak Gratis)

Penutup

Jadi seperti itulah penjelasan saya tentang "Cara Lapor dan Bayar NPWP". Saya sangat berharap tidak ada lagi pertanyaan seperti ini. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal pembayaran dan pelaporan pajak saya sangat menyarankan untuk datang langsung ke kantor pajak untuk mendapat pengarahan. Namun jika Anda cukup sibuk atau masih malu-malu bertemu dengan pegawai pajak, kami akan siap menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

http://www.pajakbro.com/

Baca Artikel PajakBro tanpa ribet cukup via Email!