-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SSE1, SSE2, SSE3 | Cara Daftar SSE Pajak 2021

Daftar eBilling SSE Pajak tanpa ribet. Lengkap untuk sse1, sse2, dan sse3. Penggunaan sangat mudah untuk pembuatan kode billing pajak.

Konten [Tampil]
SSE1, SSE2, SSE3 | CARA DAFTAR SSE PAJAK VERSI LENGKAP
Per 1 Januari 2020 layanan SSE1 dan SSE3 telah ditutup oleh Direktorat Jenderal Pajak dan hanya layanan SSE2 saja yang masih berfungsi saat ini. Untuk menggunakan layanan SSE2, Anda harus memiliki EFIN Pajak dan terdaftar ke layanan DJP Online

eBilling Pajak

eBilling Pajak adalah Metode pembayaran pajak secara elektronik menggunakan Kode Billing Pajak. Kode Billing sendiri adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing (SSE Pajak) atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan Wajib Pajak.

Untuk menggunakan layanan ini Anda diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Daftar eBilling Pajak sangat lah mudah. Anda tidak perlu ke kantor pajak untuk melakukan pendaftaran eBilling Pajak. Cukup siapkan email Anda yang masih aktif untuk memulai pendaftaran eBilling Pajak.

SSE Pajak

SSE Pajak merupakan pengganti dari metode lama yang masih manual dalam pengisian surat setoran pajak (SSP Pajak). Anda tidak perlu datang langsung ke Bank atau Kantor Pos untuk mengisi secara manual Surat Setoran Pajak dan membayar pajak Anda.

Metode pembayaran pajak telah mengalami banyak perubahan. Dari masa ke masa, proses pembayaran pajak dapat digambarkan sebagai berikut
  • Bayar langsung di Kantor Kas Negara (Administratie Kantoor Voor de Landkassen)
  • Pembayaran melalui Bank --> Muncul istilah Bank Persepsi --> TUPRP (1994) --> Pembayaran masih bersifat Offline
  • Revolusi Perbankan, Kebangkitan Sistem Informasi, DotCom --> Online Banking System --> MP3 (Monitoring Pelaporan dan Pembayaran Pajak)
  • Undang-Undang Keuangan Negara & Undang Undang Perbendaharaan --> Modul Penerimaan Negara (MPN)
  • Pembayaran elektronik --> MPN-G2 --> e-Billing (sse.pajak.go.id) --> e-Billing DJP Online (sse2.pajak.go.id) -->Alternatif (sse3.pajak.go.id)

Untuk saat ini ada 3 server yang dapat Anda gunakan untuk membuat kode ID Billing SSE Pajak yaitu SSE Pajak Versi 1 (sse.pajak.go.id), SSE Pajak Versi 2 (sse2.pajak.go.id), dan SSE Pajak Versi 3 (sse3.pajak.go.id). Berhubung setiap server SSE Pajak tidak terhubung satu sama lain, maka Anda harus mendaftarkan akun SSE Pajak untuk masing-masing server.

Selain itu, User Interface atau tampilan masing-masing server SSE Pajak ini juga sama sekali berbeda, sehingga penggunaannya pun tidak sama. Anda dapat memilih server mana yang menurut Anda paling mudah Anda gunakan, dan berikut kami berikan panduang lengkap untuk pendaftaran di masing-masing server SSE Pajak.

Cara Daftar SSE Pajak Versi 1  (sudah tidak berfungsi)

Pertama, silahkan kunjungi alamat website eBiling pajak berikut https://sse.pajak.go.id/. Pada halaman awal akan muncul peringatan seperti ini

Cara Daftar eBilling Pajak Online

Sebenarnya layanan eBilling Pajak yang menggunakan alamat https://sse.pajak.go.id adalah eBilling Pajak generasi pertama, namun jika Anda tetap ingin menggunakan layanan eBilling Pajak generasi pertama ini maka silahkan klik link seperti pada gambar di atas. Sehingga Anda akan diarahkan ke halaman berikut

Cara Daftar eBilling Pajak Online

Untuk mulai melakukan pendaftaran eBilling Pajak silahkan klik "Daftar Baru" sehingga Anda akan masuk ke menu pendaftaran eBilling Pajak berikut

Cara Daftar eBilling Pajak Online

Tampilan registrasi eBilling Pajak generasi pertama sangat simpel. Pada halaman ini Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP Anda dan email yang Anda pakai, kemudian masukkan kode capcha yang diberikan. Setelah itu tinggal klik "Register". Setelah ini silahkan cek email Anda untuk melakukan aktivasi. Berikut contoh link aktivasi SSE Pajak

Cara Daftar eBilling Pajak Online


Silahkan klik link yang diberikan untuk melakukan aktivasi akun SSE Pajak. Selesai aktivasi Anda akan dibawa ke menu log in seperti ini

Cara Daftar eBilling Pajak Online

Masukkan nomor NPWP dan PIN yang dikirim bersamaan dengan link aktivasi. Kode PIN ini berada di pojok bawah pada email link aktivasi.

Dari percobaan kami terlihat halaman log ini sedikit berantakan. Dan setelah kami coba untuk log in ternyata tidak berhasil. Solusinya adalah dengan membuka kembali halaman awal SSE Pajak Versi 1 di alamat https://sse.pajak.go.id/ kemudian baru lah Anda masukkan nomor NPWP dan PIN yang diberikan. Jika Anda berhasil log in maka Anda akan langsung disuguhi menu pembuatan kode eBilling Pajak seperti berikut


Cara Daftar eBilling Pajak Online


Pada step ini Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran SSE Pajak Versi 1. Silahkan isi sesuai pembayaran pajak yang ingin Anda lakukan. SSE Pajak generasi pertama masih bisa digunakan untuk membuat kode ID Billing Pajak namun dari pengalaman kami dapat disimpulkan bahwa layanan ini sudah tidak lagi dilakukan maintanance sehingga layanan eBilling Pajak ini kurang optimal.

Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan SSE Pajak generasi pertama ini. Silahkan gunakan eBilling Pajak generasi pertama ini sebagai alternatif jika eBilling Pajak yang baru mengalami error atau gangguan.

Cara Daftar SSE Pajak Versi 2 (DJP Online)

Berbeda dengan SSE Pajak generasi pertama, untuk SSE Pajak generasi kedua yang beralamat di https://sse2.pajak.go.id/ ada sedikit usaha yang perlu Anda lakukan. SSE Pajak generasi kedua tidak berdiri sendiri melainkan menjadi satu kesatuan dengan layanan DJP Online.

Karena SSE Pajak generasi kedua menjadi satu bagian dari layanan DJP Online maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan registrasi ke DJP Online. Bagi yang belum tahu, DJP Online adalah layanan Pajak Online yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak melalui media internet.

Untuk melakukan pendaftaran DJP Online, kami sudah membuatkan artikel tersendiri yang dapat Anda baca di sini Cara Mudah Daftar DJP Online. Silahkan ikuti petunjuk dalam artikel tersebut hingga Anda bisa melakukan log in ke DJP Online.

Memilih eBilling SSE Pajak di DJP Online

Untuk mulai menggunakan eBilling Pajak di DJP Online silahkan Anda log in di link ini https://djponline.pajak.go.id/account/login. Masukkan nomor NPWP dan password Anda di sini


Setelah berhasil log in Anda akan dibawa ke menu DJP Online. Di sini silahkan pilih tab LAPOR


Pada menu ini lah Anda dapat memilih layanan eBilling SSE Pajak di akun DJP Online Anda. Yang perlu Anda lakukan cukup klik logo eBiling


Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun DJP Online maka sangat mudah bagi Anda untuk menambahkan menu eBilling Pajak ini. Namun jika belum memiliki akun DJP Online maka ada beberapa hal yang sedikit merepotkan karena Anda harus datang ke kantor pajak untuk mendapat kode EFIN untuk mendaftar ke DJP Online.

Namun kami pastikan apa yang Anda dapat setelah terhubung dengan DJP Online jauh lebih besar. Salah satu keunggulan eBilling SSE Pajak generasi kedua adalah kemampuan untuk membuat kode ID Billing Pajak atas NPWP selain milik Anda.

Dengan seperti ini maka Anda tidak perlu repot-repot mendaftarkan akun SSE Pajak untuk setiap nomor NPWP seperti yang terjadi pada eBilling SSE Pajak generasi pertama.

Cara Daftar SSE Pajak Versi 3 (sudah tidak berfungsi)

SSE Pajak versi 3 adalah versi alternatif saja. Kami katakan seperti itu karena layanan SSE Pajak versi 3 ini diciptakan sebagai backup jika layanan eBilling SSE Pajak generasi pertama maupun generasi kedua mengalami error. Untuk melakukan pendaftaran SSE Pajak versi 3 sangat lah mudah. Berikut panduan singkat dari kami.

Pertama, silahkan buka website https://sse3.pajak.go.id/registrasi. Isi seluruh data yang dibutuhkan dalam formulir tersebut


Setelah terisi semua silahkan klik "Daftar". Kemudian sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email Anda


Silahkan cek email Anda, kemudian buka email yg dikirimkan dari sistem eBilling Pajak


Klik link aktivasi yang dikirimkan kemudian log in menggunakan nomor NPWP dan password Anda. Jika sudah berhasil masuk maka Anda akan langsung dibawa ke menu pembuatan kode eBilling Pajak seperti ini


Meskipun eBilling Pajak Alternatif dibuat paling akhir namun pada website ini Anda tidak dapat membuatkan kode ID Billing Pajak untuk NPWP selain NPWP yang Anda gunakan untuk mendaftar pada website ini. NPWP yang tertera dalam kolom formulir pembuatan kode eBilling Pajak  tidak dapat diubah, hal ini sama seperti eBilling Pajak generasi pertama.

Kami pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan eBilling Pajak generasi kedua. Selain lebih kaya fitur, layanan eBilling Pajak generasi kedua adalah satu kesatuan dari DJP Online sehingga hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk mengakses layanan Pajak Online yang lain.

Buat Kode Billing dan Bayar Pajak

Setelah Anda berhasil membuat akun SSE Pajak untuk salah satu server SSE Pajak tersebut maka Anda sudah bisa mulai membuat kode ID Billing Pajak. Anda tidak perlu mendaftar ke tiga sever SSE Pajak sekaligus. Gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

Pada setiap panduan di atas saya sudah sertakan tampilan dalam pembuatan kode ID Billing Pajak untuk masing-masing server SSE Pajak. Berhubung sudah terlallu panjangnya artikel ini, maka untuk panduan membuat Kode ID Billing dan pembayaran Pajaknya kami sambung di artikel berikut Bayar Pajak Online dengan SSE Pajak.
sse pajak sse2 pajak sse pajak e-billing versi 2 login sse.pajak.go.id - surat setoran elektronik versi 1 sse pajak online sse2.pajak.go.id - surat setoran elektronik sse online sse2 pajak e-billing versi 2 sse3 pajak sse2.pajak.go.id ebilling sse1.pajak.go.id - surat setoran elektronik sse pajak 2 ss3 pajak sse2.pajak.go.id - setoran pajak djp online sse sse3.pajak.go.id ebilling sse.pajak.go.id - surat setoran elektronik sse3.pajak.go.id - surat setoran elektronik sse3 pajak go id ebilling sse ss2 pajak sse2 pajak djp online see pajak sse pajak e billing versi 2 sse3.pajak.go.id - setoran pajak sse2 pajak.go.id sse2.pajak.go.id login sse pajak billing e billing pajak versi 2 ssp online sse2 pajak online sse.pajak.go.id-surat setoran pajak sse.pajak.go.id - surat setoran elektronik versi 2 sse pajak versi 2 e billing pajak versi 1 pajak sse sse 2 sse billing sse2 djp online see2 pajak sse2 pajak billing sse pajak login sse pajak 3 e billing versi 2 e billing sse sse3.pajak.go.id.e billing sse pajak versi 3 sse2 pajak e billing sse 3 sse pajak e-billing versi 2 sse3.pajak.go.id login sse pajak e billing versi 1 sse2 pajak go id sse.pajak.go.id registrasi sse.pajak.go.id terbaru http //sse.pajak.go.id sse pajak e-billing versi 3 sse2 pajak login sse2 billing sse pajak go id sse e billing sse 2 pajak sse2 login essp pajak pajak sse2 djp online sse2 ebilling sse2 sse3 pajak login sse3 pajak e billing sse3.pajak.go id e billing sse2 sse3 pajak online sse pajak.go.id sse3.pajak.go.id registrasi ss2.pajak.go.id login sse.pajak.go.id - surat setoran elektronik versi 3 ssereg.pajak.go.id login sse billing pajak sse3 djp online sse3 login sse.pajak.go.id versi 3 sse.pajak.go.id.e billing billing pajak sse2 sse.pajak.elektronik versi 3 ssereg pajak login sse.pajak.go.id login ebilling pajak versi 2 sse.pajak.go.id versi 2 sse3 pajak djp online sse2 pajak e billing versi 2 sse pajak versi 1 djp online sse2.pajak.go.id sse pajak e billing sse 3 pajak sse2 pajak 2020 sse pajak e billing versi 3 http //sse.pajak.go.id login djp sse2 sse3.pajak.go.id regitrasi sse2 tampilan baru sse2 billing pajak sse.pajak.go.id ebilling ebilling pajak versi 1 sse2 pajak go sse pajak 1 djp online, e--billing sse billing pajak sse sse3 pajak.go.id sse pajak (djp online) e ssp sse2. pajak.go.id sse2.pajak.go.id - surat setoran elektronik versi 2 sse.pajak.go.id sign in sse3 pajak registrasi e-billing djp online(http //sse.pajak.go.id) ss2 pajak online sse1 pajak e billing versi 1 sse pajak go.id sse2.pajak.go.id registrasi sse3 djp djp online e billing sse https //sse.pajak.go.id-surat setoran elektronik sse3 daftar sse3 pajak billing sse.pajak.go id sse versi 2 sse3 pajak e billing versi 2 daftar e billing sse3 pajak go id e-billing sse3.pajak.go.id - surat setoran elektronik versi 2 sse3 online sse2 djp sse pajak e-billing versi 1 http//sse reg pajak.go.id/verification sse2 pajak go id ebilling djp online sse3 sse2 e billing sse pajak versi 1 lama e-billing versi 2 ebilling versi 2 djponline sse2 ssp3 pajak e billing pajak sse2 e billing pajak sse e billing pajak online versi 2 sse3 pajak go d sse.pajak.e billing sse2 pajak e-billing versi 2 login ssreg pajak ssse3 pajak.go.id sse3.pajak.go.id-surat setoran pajak sse2 pajak e billing versi 3 sse 3 pajak.go.id ebilling sse pajak sse pajak e-billing versi 3 login pajak sse3 e billing sse3 sse djp online perbedaan sse2 dan sse3 sse.pajak.go.id versi 1 sse.pajak.go.id versi baru sse online billing djp pajak online sse2 cara menggunakan sse3 pajak isi sse pajak sse.pajak.elektronik versi 2 sse3.pajak.go.id versi 2 sse 1 sse2 pajak go id versi 2 login sse pajak sse4 pajak sse2 pajak go ig sse.pajak.go.id - surat setoran elektronik 2020 https //sse2.pajak.go.id atau https //djponline.pajak.go.id/account/login sse pajak e billing versi 2 login sse3 registrasi ssee pajak sse versi 1 sse pajak online login sse2 pajak go i sse2.pajak.go.id versi 2 https //sse3.pajak.go.id atau https //djponline.pajak.go.id/account/login sse pajak online versi 2 sse djp e billing see pajak online see2 pajak go id e billing versi 3 e billing pajak versi 3 https //sse3.pajak.go.id login www.sse2.pajak.go.id. sse2 pajak versi 2 e-billing versi lama ebilling sse3 https //sse.pajak.go.id versi 2 ss3 pajak go id ssp pajak online e-billing sse http //sse3 pajak.go.id sse pajak.co.id sse2 pajak go id login e sse sse reg sse pajak djp online go id sse pajak online versi 1 sse2 adalah sse3 e billing pajak online sse.pajak.go.id versi ebilling online billing pajak versi 2 pajak ss3 ebilling pajak versi 3 sse.pajak.go.id versi lama sse ebilling djp online sse pajak sse3.pajak.go.id e billing sse. pajak ssp pajak online versi 2 ss pajak www.http //sse.pajak.go.id sse pajak versi lama sse pajak versi2 sse pajak goid surat setoran elektronik login sse.pajak.go.id daftar baru sse.pajak.go.id - setoran pajak elektronik tampilan e-billing baru sse online pajak ebilling versi 1 daftar sse sse. pajak. go. id sse versi 3 tampilan e- billing baru e-billing pajak versi 1 https //sse3.pajak.go.id versi 1 sse pajak online versi 3 link sse sse2 pajak online go id sse.pajak versi 2 informasi sistem billing pajak e-billing sse pajak gagal aktivasi akun sse3 djp online billing sse3 sse1.pajak.go.id login sse.pajak.go.id billing https //sse.pajak.go.id versi 3 sse pajak 3.pajak.go.id https //sse.pajak.go.id login sse pajak e-billing sse registrasi djponline sse www.sse3 pajak.go.id e billing pajak online versi 1 akun sse djp online ss3 sse3.pajak.go.id versi 1 sse3 billing pajak id billing sse ebilling 2 sse pajak 2020 https //sse.pajak.go.id daftar baru pajak online sse3 daftar sse pajak djp sse pajak https //ssereg.pajak.go.id/ sse3 e billing https //sse3.pajak.go.id daftar http sse3 pajak go id setoran pajak ebiling pajak e-billing sse.pajak.go.id sse3 registrasi pajak https //sse.pajak.go.id versi 1 sse pajak kode billing djp online versi 3 sse pajak e-billing versi 1 login hpp //ssepajak.go.id sse2 sse3 see3 pajak go id surat setoran elektronik versi 1 sse3 id billing isi sse3 pajak ssreg pajak go id cek ntpn di sse3 sse login online ssereg pajak go id login sse pajak registrasi e billing 2 e billing versi lama sse.pajak.go.id - setoran pajak cara mengisi sse pajak versi 2 cetak ebiling djp online versi lama