Lupa eFin Pajak Bagaimana? Ini yang perlu Anda lakukan



Lupa eFin Pajak merupakan hal yang sering terjadi. Mengingat eFin Pajak adalah hal yang sangat penting sudah seharusnya Anda menyimpannya dengan baik-baik. Namun adakalanya eFin Pajak yang hanya satu lembar kertas ini terselip atau hilang. Bagaimana jika Anda lupa menaruh lembar eFin Pajak ini?

eFin Pajak

eFin Pajak adalah sebuah kode verifikasi untuk pendaftaran e Filing DJP Online. Karena fungsi utama eFin Pajak hanya untuk pendafataran e Filing DJP Online saja, maka jika sewaktu-waktu eFin Pajak Anda lupa atau hilang, maka Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda bisa log in ke e Filing DJP Online maka sudah tidak ada masalah.

Saat Anda masuk ke e Filing DJP Online, Anda tidak akan dimintai kembali kode eFin Pajak. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan password e Filing DJP Online saja. Anda lupa password e Filing DJP Online Anda?

eFin Pajak untuk yang lupa password

Selain berfungsi sebagai kode verifikasi untuk pendaftaran e Filing DJP Online, eFin Pajak juga berfungsi saat Anda lupa password e Filing DJP Online Anda. Jika hal ini terjadi maka berikut yang perlu Anda lakukan.

Pertama, silahkan masuk ke halaman berikut https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Kemudian masukkan nomor NPWP, kode eFin Pajak, kode pengaman, dan jangan lupa centang "lupa email" jika Anda juga lupa dengan email yang Anda gunakan, jika tidak maka cukup NPWP dan eFin Pajak saja.

Kedua, cek email yang Anda gunakan saat daftar akun e Filing DJP Online. Kemudian klik link yang diberikan untuk mereset password e Filing DJP Online Anda.
eFin Pajak untuk yang lupa password
Pada halaman reset password e Filing DJP Online, ada pemberitahuan yang perlu Anda tahu, berikut isinya
  1. Pastikan Anda masih menyimpan EFIN yang diberikan oleh KPP.
  2. Jika Anda lupa atau tidak menyimpan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat
  3. Anda dapat mengubah email untuk menerima password baru, jika menghendakinya dengan memilih "YA" pada pilihan "Lupa Email?"
  4. Jika Anda mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email Anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada Anda
Permasalahan berikutnya adalah, bagaimana jika Anda lupa eFin Pajak Anda? Mari kita lanjutkan.

Lupa eFin Pajak dan cara cetak ulang

Jika permasalahan utama Anda adalah lupa eFin Pajak, maka yang perlu Anda lakukan adalah cetak ulang eFin Pajak. Untuk melakukan cetak ulang eFin Pajak Anda diharuskan untuk datang langsung ke kantor pajak. Jika bukan Anda sendiri yang meminta cetak ulang eFin Pajak, maka Anda perlu melampirkan surat kuasa kepada yang akan mengambil eFin Pajak Anda.

Yang perlu Anda lakukan cukup mengisi formulir cetak ulang eFin Pajak, kemudian lampirkan 1 fotokopi KTP, dan 1 fotokopi NPWP Anda. Serahkan berkas tersebut ke petugas pajak, dan eFin Pajak Anda pun langsung dicetak.

Formulir cetak ulang efin Pajak

Berikut adalah formulir cetak ulang efin Pajak
formulir cetak ulang efin Pajak

Jika kurang jelas Anda bisa download formulir cetak ulang efin Pajak di sini  http://www.pajakbro.com/p/formulir-pajak.html atau lebih mudahnya Anda dapat mengambil langsung formulir cetak ulang efin Pajak di kantor pajak.

Sampaikan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Pertanyaan akan kami jawab pada pukul 20.00 - 23.00. Untuk jawaban cepat silahkan hubungi Kring Pajak (021) 1500200

Sampaikan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Pertanyaan akan kami jawab pada pukul 20.00 - 23.00. Untuk jawaban cepat silahkan hubungi Kring Pajak (021) 1500200
EmoticonEmoticon