Biaya Pembuatan NPWP Baru Serta Biaya NPWP Perbulan (Usaha dan Karyawan)

BERAPA BIAYA BUAT NPWP PRIBADI DAN NPWP USAHA

NPWP Pribadi / NPWP Usaha

NPWP Pribadi atau NPWP Usaha memang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan seperti melamar kerja, mengurus perijinan, ataupun untuk ambil kredit di bank. Namun, tahukah Anda banyak presepsi salah yang terjadi di masyarakat tentang pelayanan perpajakan di kantor pajak.

Banyak juga dari Anda yang sudah ketakutan terlebih dahulu dengan birokrasi di kantor pajak, sehingga akhirnya Anda memutuskan untuk menguruskan administratif perpajakan kepada konsultan pajak, akuntan, notaris, atau pun calo yang menawarkan pengurusan administratif perpajakan, khususnya dalam hal pembuatan NPWP Pribadi maupun NPWP Usaha.

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas tentang biaya pembuatan NPWP. Apakah biaya pembuatan NPWP itu besar? Apakah prosesnya susah? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

Biaya Buat NPWP Baru di Tahun 2018

Di tahun 2018 ini, masih banyak yang menanyakan berapa sih biaya buat NPWP itu. Sebagai petugas pengurusan NPWP, saya sering sekali menemukan kasus dimana orang yang membuat npwp bukanlah orang yang bersangkutan, atau dengan kata lain pengurusan NPWP tersebut dikuasakan kepada orang lain.

Setelah saya perhatikan lebih lanjut, ternyata ada beberapa orang yang sengaja membuatkan NPWP untuk orang lain dengan imbalan tertentu (calo). Angkanya juga sering membuat saya geleng-geleng. Yang paling sering saya temui biasanya mereka pasang tarif kira-kira seperti ini
  1. Untuk NPWP Pribadi biasanya ditarik biaya Rp 100.000 hingga Rp 500.000.
  2. Dan untuk NPWP Usaha atau NPWP Perusahaan ditarik biaya hingga Rp 1.000.000. Duh!!!!

Pengurusan kartu NPWP oleh orang lain melalui surat kuasa bermaterai dibenarkan secara undang-undang, namun saya yakin bahwasanya orang yang membuat NPWP melalui "CALO" atau notaris tidak sepenuhnya tahu tentang pembuatan NPWP tersebut (baca: Syarat Buat NPWP Pribadi atau NPWP Usaha).

Untuk perlu Anda tahu bahwa segala bentuk pelayanan perpajakaan tidak dipungut biaya. Dengan kata lain, biaya pembuatan NPWP adalah GRATIS. Serta untuk pengurusannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sedang sepi tanpa antrian seperti di kantor saya (KPP Pratama Luwuk) Anda cukup menunggu 5 menit dan kartu NPWP sudah berada di tangan Anda.

Dengan segala kemudahan yang disediakan DJP untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat masih kah Anda terlalu malas untuk pergi sendiri ke kantor pajak untuk mengurus kewajiban perpajakan Anda?

Biaya NPWP Perbulan dan Tagihan Pajak

Sekarang seharusnya Anda sudah paham bahwa biaya pembuatan NPWP yang sering Anda dengar dari rekan Anda hanyalah biaya untuk oknum yang kurang bertanggung jawab. Karena dari awal memang tidak ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatan NPWP.

Tapi jangan salah paham dulu. Pembuatan NPWP memang tidak ada biaya namun bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang setelah menerima kartu NPWP.  Kartu NPWP sendiri tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan seperti melamar kerja, mengurus perijinan, ataupun untuk ambil kredit di bank. Karena setelah Anda ber-NPWP maka selanjutnya Anda wajib untuk membayar pajak atas penghasilan Anda (PPh).

Biasanya orang yang baru pertama kali ke kantor pajak akan mempertanyakan hal-hal seperti ini
  1. Ini bayar NPWP per bulan berapa?
  2. Berapa tagihan pajak saya tahun ini?
  3. Mengapa saya harus bayar pajak setelah punya NPWP?

Untuk pertanyaan-pertanyaan di atas silahkan konsultasikan langsung ke petugas pajak yang mengurus kartu NPWP Anda. Karena jika Anda mengabaikan kewajiban perpajakan setelah memiliki NPWP, maka ada sanksi pajaknya. Jadi, buat NPWP itu tidak ada biaya ya, namun kewajiban pembayaran pajak penghasilan tetap wajib Anda lakukan setelah itu. Semoga sudah jelas sampai di sini.

35 Komentar untuk "Biaya Pembuatan NPWP Baru Serta Biaya NPWP Perbulan (Usaha dan Karyawan)"

  1. saya waktu iyu temanin bapak buat npwp pakai surat ijin usaha terus saya disuruh menemui salah satu kariawan nya dan disitu bapak saya disuruh membayar sebesar 1jta aladan nya saya harus membayar pajak 7 bulan daro sebekum saya membuat kartu NPWP nys

    BalasHapus
    Balasan
    1. ".... yang bapak bayar itu bukan biaya pembuatan NPWP, melainkan pajak yang memang seharusnya bapak bayar semenjak punya penghasilan. Memang di negara ini masih banyak yang belum tahu bahwa bikin jalan, pelabuhan, jembatan, dan infrastruktur semuanya BUTUH UANG. Uangnya darimana? Ya dari kontribusi seluruh warga negara melalui pajak..."

      PERHATIAN
      "....Segala bentuk pelayanan perpajakan tidak dipungut biaya. Setiap uang yang Anda setorkan adalah kontibusi pajak Anda. Dan ingat, bayar pajak itu di Bank atau Kantor POS, bukan di kantor pajak, apalagi ke pegawai pajak.."

      Hapus
    2. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Hapus
  2. Mau mmbuat npwp prsyaratan yg akn dbwa itu apa aja ya ???

    BalasHapus
  3. Mau mmbuat npwp prsyaratan yg akn dbwa itu apa aja ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek menu di atas, sudah ada lho

      Hapus
  4. Mas saya Mau nanya Misal saya buat NPWP untuk daftar kerja tapi saya gagal kerja akhirnya nganggur sekitar 4-6 bulanan. abis itu saya baru dapat pekerjaan dan mendapatkan gaji 2.8 jtan jadi kira-kira itu gimana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pegawai atau karyawan pajaknya sudah otomatis dipotong bendahara kantor, bapak tinggal laporan saja setahun sekali

      Hapus
  5. Apakah beda npwp untuk usaha dan npwp pribadi? Ketika saudara saya mau buat perijinan untuk usaha counter hp dia disarankan untuk merubah npwpnya menjadi npwp usaha. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaannya di kewajiban bayar pajaknya pak

      Hapus
    2. Mas mau tanya saya kan belum kerja tapi mau buat npwp buat persyaratan melamar kerja itu bisa gak ya buat npwp

      Hapus
  6. saya habis daftar npwp pribadi penghasilan saya sekitar 2jutaan tapi kok saya bayar pajaknya 45ribu/bulannya, itu gimana mas bisa di lapor ulang nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya bu yg ingin dilapor ulang?
      kalau boleh tahu, usaha ibu apa saat ini?

      Hapus
  7. Apakah membuat npwp bisa diwakilkan? Saya kerja di bidang jasa jdi susah ngambil libur.apa setelah jadi npwpnya pajaknya harus dibayar saat itu juga?

    BalasHapus
  8. Apakah membuat npwp bisa diwakilkan? Saya kerja di bidang jasa jdi susah ngambil libur.apa setelah jadi npwpnya pajaknya harus dibayar saat itu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pegawai atau karyawan boleh, selain itu tidak bisa diwakilkan

      Hapus
  9. Maaf pak saya mau buat npwp untuk keperluan bank.saya IRT tp suami saya juga gk ada npwp jd apa kah bisa di proses dan syarat nya apa masih sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg urus npwp suami ibu, kemudian bisa cetak npwp istri

      Hapus
  10. Apa npwp wajib di buat walaupun tidak bekerja.dan jg apa bisa di proses hanya untuk alasan membut atm?mohon bantuannya?

    BalasHapus
  11. Mau tanya. Untuk karyawan yg gaji di bawah 2jt. Apa bisa. Dan apa saja persyaratannya. Terimakasih

    BalasHapus
  12. Pa mau tanya kalau kerja sudah 6 tahun tetapi baru mau buat NPWP saat ini apa langsung dikenakan bayar pajak dari 6 tahun sebelumnya..

    BalasHapus
  13. Apa ada sanski utk para calo
    krena prnh ada calo pasang tarif 700000.

    BalasHapus
  14. Mau tanya min klo yg blm kerja bikin npwp apa bisa

    BalasHapus
  15. Ragu Ragu udh daftar online dan tinggal proses pengambilan, takut nanti tetap kena pajak sedangkan saya blm dpt kerja stelah punya nowp, dan butuh npwp buat pegangan syarat2 melamar kerja dan

    BalasHapus
  16. mf ini sebelumnya pak,yg ingin saya tanyakan apakah dr semua dana pajak yg masuk/disetor orang akan sepwnuhnya digunakan untuk pembangunan ,soalnya kredibilitas perpajakan sudah di coreng sama nama 'GAYUS TAMBUNAN'bukan saya menskreditkan perpajakan,sangat disayangkan sekali kalau masih ada yg seperti itu pak, mohon penjelasannya pak.

    BalasHapus
  17. Kenapa ya suami sy bikin npwp hrs ada biaya dulu katanya hrs bayr dulu 3bln kebelakang.bukannya bikin npwp itu tdk dipungut biaya dulu.sy bikin npwp di online tp tdk disuruh byr dulu.dan byk kata orng npwp itu gratis ga usah byr 3bln kebelakang..mohon bantuannya donk knp beda ya

    BalasHapus
  18. Kalo bikin npwp pribadi itu langsung dimintai pajak gak gan.

    BalasHapus
  19. Kalo bikin npwp pribadi itu langsung dimintai pajak gak gan.

    BalasHapus
  20. Kami dapat membantu Anda dengan pinjaman asli untuk memenuhi kebutuhan Anda.
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa stres dan persetujuan cepat?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak hari ini? Tidak Ada Pemeriksaan Kredit

    * PERSETUJUAN PINJAMAN DALAM 60MINS !!
    * DIJAMINKAN HARI YANG SAMA TRANSFER !!
    * 100% TINGKAT PERSETUJUAN !!
    * BUNGA BUNGA RENDAH AT 2% !!


    Hubungi AS untuk informasi lebih lanjut tentang tawaran pinjaman dan kami akan menyelesaikannya
    masalah keuangan. hubungi kami melalui email:

    charitykings2@gmail.com

    BalasHapus
  21. Barusan saya buat kena biaya 50ribu, jadi siapa bilang gratis..... Tp wajarlah soalnya bayarnyapun di bank jatim.

    BalasHapus
  22. Nama saya Mr Steve Scott, saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kepada
    individu pribadi dan perusahaan. Apakah Anda telah ditolak oleh banyak orang
    bank? Apakah Anda membutuhkan keuangan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda membutuhkan keuangan
    untuk perluasan bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? hubungi kami sekarang :: ecoteckcompanyplc02@gmail.com

      Kualifikasi Pada Transaksi Ini:

       1) Peminjam harus dipercaya dengan itikad baik dan tanpa batas 2) Bahkan
    dengan kredit macet, kami masih memberikan jaminan pinjaman kepada Peminjam dengan tidak terbatas
    anugerah di perusahaan ini. 3) Pinjaman Bisa Diberikan Bahkan Dengan kredit rendah. 4)
    Suku Bunga Tetap Dari Bunga Pinjaman adalah 2.%. Kami memberikan pinjaman dari berdering
    $ 5000 hingga $ 30.000.000,00.

    Salam Hormat
    Tuan Steve Scott.

    BalasHapus
  23. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal di Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran konkrit kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, terkadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria, Singapura, dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya menelepon EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs ESTHER PATRICK. Manajer cabang Perusahaan pinjaman, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebesar Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mengalihkan pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa Rp600.000.000 yang saya lamar telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya bukti dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam kehidupan saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati LADY ESTHER untuk pekerjaan baiknya dalam kehidupan dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  24. SELAMAT SIANG,

    Tawaran pinjaman yang dapat diandalkan berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah peluang
    bagi mereka yang dalam kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan kekacauan keuangan di
    hidup mereka, kami memberikan kredit dengan bunga 2% yang sangat wajar, kami berikan
    semua jenis pinjaman untuk membantu negara dari tekanan keuangan. Banyak yang
    menderita dan butuh bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang keluar
    kerja dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak keuangan
    bantuan perlu membersihkan akun dan utang mereka. Ini adalah keputusan yang bijaksana
    untukmu sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin artinya tanpa jaminan
    pertanyaan. Sebagai pemohon pinjaman Anda meminta pinjaman dengan rincian
    kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail (mrjohnrobertloanfirm@gmail.com)
    Whatsapp (+2349051288172)

    BalasHapus
  25. Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp6.000.000, juta rupiah karena saya membutuhkan modal besar Rp300,000,000.juta rupiah saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan lagi ini terjadi. pada Maret 2017, saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Nyonya Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga suka menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Nyonya Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika kamu ragu. tolong dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel