Biaya Pembuatan NPWP Baru Serta Biaya NPWP Perbulan (Usaha dan Karyawan)

BERAPA BIAYA BUAT NPWP PRIBADI DAN NPWP USAHA

NPWP Pribadi / NPWP Usaha

NPWP Pribadi atau NPWP Usaha memang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan seperti melamar kerja, mengurus perijinan, ataupun untuk ambil kredit di bank. Namun, tahukah Anda banyak presepsi salah yang terjadi di masyarakat tentang pelayanan perpajakan di kantor pajak.

Banyak juga dari Anda yang sudah ketakutan terlebih dahulu dengan birokrasi di kantor pajak, sehingga akhirnya Anda memutuskan untuk menguruskan administratif perpajakan kepada konsultan pajak, akuntan, notaris, atau pun calo yang menawarkan pengurusan administratif perpajakan, khususnya dalam hal pembuatan NPWP Pribadi maupun NPWP Usaha.

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas tentang biaya pembuatan NPWP. Apakah biaya pembuatan NPWP itu besar? Apakah prosesnya susah? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

Biaya Buat NPWP Baru di Tahun 2018

Di tahun 2018 ini, masih banyak yang menanyakan berapa sih biaya buat NPWP itu. Sebagai petugas pengurusan NPWP, saya sering sekali menemukan kasus dimana orang yang membuat npwp bukanlah orang yang bersangkutan, atau dengan kata lain pengurusan NPWP tersebut dikuasakan kepada orang lain.

Setelah saya perhatikan lebih lanjut, ternyata ada beberapa orang yang sengaja membuatkan NPWP untuk orang lain dengan imbalan tertentu (calo). Angkanya juga sering membuat saya geleng-geleng. Yang paling sering saya temui biasanya mereka pasang tarif kira-kira seperti ini
  1. Untuk NPWP Pribadi biasanya ditarik biaya Rp 100.000 hingga Rp 500.000.
  2. Dan untuk NPWP Usaha atau NPWP Perusahaan ditarik biaya hingga Rp 1.000.000. Duh!!!!

Pengurusan kartu NPWP oleh orang lain melalui surat kuasa bermaterai dibenarkan secara undang-undang, namun saya yakin bahwasanya orang yang membuat NPWP melalui "CALO" atau notaris tidak sepenuhnya tahu tentang pembuatan NPWP tersebut (baca: Syarat Buat NPWP Pribadi atau NPWP Usaha).

Untuk perlu Anda tahu bahwa segala bentuk pelayanan perpajakaan tidak dipungut biaya. Dengan kata lain, biaya pembuatan NPWP adalah GRATIS. Serta untuk pengurusannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sedang sepi tanpa antrian seperti di kantor saya (KPP Pratama Luwuk) Anda cukup menunggu 5 menit dan kartu NPWP sudah berada di tangan Anda.

Dengan segala kemudahan yang disediakan DJP untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat masih kah Anda terlalu malas untuk pergi sendiri ke kantor pajak untuk mengurus kewajiban perpajakan Anda?

Biaya NPWP Perbulan dan Tagihan Pajak

Sekarang seharusnya Anda sudah paham bahwa biaya pembuatan NPWP yang sering Anda dengar dari rekan Anda hanyalah biaya untuk oknum yang kurang bertanggung jawab. Karena dari awal memang tidak ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatan NPWP.

Tapi jangan salah paham dulu. Pembuatan NPWP memang tidak ada biaya namun bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang setelah menerima kartu NPWP.  Kartu NPWP sendiri tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan seperti melamar kerja, mengurus perijinan, ataupun untuk ambil kredit di bank. Karena setelah Anda ber-NPWP maka selanjutnya Anda wajib untuk membayar pajak atas penghasilan Anda (PPh).

Biasanya orang yang baru pertama kali ke kantor pajak akan mempertanyakan hal-hal seperti ini
  1. Ini bayar NPWP per bulan berapa?
  2. Berapa tagihan pajak saya tahun ini?
  3. Mengapa saya harus bayar pajak setelah punya NPWP?

Untuk pertanyaan-pertanyaan di atas silahkan konsultasikan langsung ke petugas pajak yang mengurus kartu NPWP Anda. Karena jika Anda mengabaikan kewajiban perpajakan setelah memiliki NPWP, maka ada sanksi pajaknya. Jadi, buat NPWP itu tidak ada biaya ya, namun kewajiban pembayaran pajak penghasilan tetap wajib Anda lakukan setelah itu. Semoga sudah jelas sampai di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel