-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian Akuntan Publik?

Akuntan publik merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan di dunia ini. Profesi ini dibutuhkan perusahaan dari yang berskala kecil maupun besar.

Konten [Tampil]
Apa pengertian akuntan publik?

Pekerjaan yang Pasti Dicari

Dengan adanya profesi atau pekerjaan akan membuat manusia dapat melangsungkan kehidupannya dikarenakan dengan menjalankan tugas dari profesi atau pekerjaan itu akan mendapatkan penghasilan. 

Yang menjadi salah satu profesi yang banyak dilirik adalah akuntan publik. Akuntan publik ini adalah sebuah profesi yang berhubungan erat dengan yang namanya keuangan. 

Mau itu di dalam suatu keuangan perusahaan atau juga keuangan negara. Tidak semua orang dapat mendapatkan profesi sebagai akuntan publik ini. Profesi akuntan publik ini memerlukan sebuah perizinan dari pemerintah. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut pengertian akuntan publik secara umum.

Pengertian Akuntan Publik

Pengertian akuntan publik secara umum adalah profesi dari seseorang yang mendapatkan izin dari pemerintah hal ini seperti yang tercantum pada undang-undang nomor  5 tahun 2011 untuk memberikan jasa atau melakukan praktik sebagai seorang akuntan swasta yang melakukan pekerjaan secara independen dan memiliki tugas melakukan laporan keuangan salah satunya pajak, audit pajak, dan lain sebagainya. 

Tak hanya itu, seorang akuntan publik  harus memastikan bahwa tidak adanya kejadian penyelewengan atau manipulasi data.

Akuntan publik ini harus memiliki sebuah perizinan dari pemerintah untuk dapat melakukan praktek sebagai seorang akuntan swasta. 

Perizinan ini juga diperlukan untuk seorang akuntan publik jika ingin menjadi bagian dari anggota institut akuntan publik Indonesia untuk menjadi seorang akuntan publik profesional. 

Seorang akuntan publik profesional dengan mengantongi surat perizinan dari pemerintah, maka akuntan publik tersebut dapat melakukan mengaudit laporan keuangan.

Kesimpulan

Itulah pengertian akuntan publik secara umum. Sebagai seorang akuntan publik tidak hanya sekedar sebuah profesi, tetapi memiliki tanggung jawab yang besar. 

Oleh karena itu profesi akuntan publik ini memerlukan sebuah perizinan dari pemerintah. Jika sudah mendapatkan perizinan berarti orang berprofesi akuntan publik ini dapat dikatakan sudah menjadi seorang yang profesional dan bertanggung jawab mengurusi tugas pekerjaannya. Pasalnya perizinan ini diberikan dikarenakan pemerintah sudah melihat kinerja.