-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Accounting Management dalam Perpajakan

Manajemen akuntansi atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai accounting management merupakan istilah yang umum ditemui.

Konten [Tampil]

Pengertian Accounting Management dalam Perpajakan

Pengertian Accounting Management 

Pengertian accounting management adalah proses atau cara teknis pemecahan masalah dalam cabang akuntansi. Biasanya manajemen akuntansi ini dilaksanakan oleh manajerial suatu perusahaan. 

Dalam pajak, manajemen akuntansi merupakan pengambilan keputusan yang penting. Ia memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

a. Sumber Data dan Informasi yang Relevan 

Ketika Anda melakukan proses manajemen akuntansi, maka Anda juga menyiapkan data perpajakan yang valid. 

Data tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan lanjutan, misalnya untuk planning anggaran ke depan, dan langkah serta keputusan jangka pendek. 


b. Informasi Pertanggungjawaban Masing-Masing Manajemen

Karena pengertian acounting management adalah proses pemecahan masalah, maka ia juga bisa menjadi sumber informasi yang tepat untuk mempertanggung jawabkan setiap aktivitas yang dilakukan oleh suatu seksi atau manajemen. 

Tidak hanya untuk kepentingan satu seksi, namun ia juga dapat di sinergikan dengan seksi lainnya. 


c. Monitoring Kerja

Selanjutnya, proses ini juga menjadi cerminan atas aktivitas yang dilakukan suatu seksi secara khusus, atau perusahaan secara umum. 

Data-data keuangan, dari pengeluaran, pemasukan, hingga perpajakan akan menjadi materi yang bermanfaat untuk proses evaluasi dan pengawasan ke depannya. 


d. Alat Analisa Pengambil Keputusan

Karena menghasilkan suatu data, maka ia juga dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 

Ketika seseorang hendak menghitung pajak, maka hasil laporan dari manajemen akuntansi akan menjadi data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan. 

Kesimpulan

Ketika suatu perusahaan menerapkan manajemen akuntansi, maka proses apapun yang berkaitan dengan dana bisa berjalan dengan baik. 

Sebab setiap aktifitas yang dilakukan dapat dipertanggung jawabkan dan dibuat pelaporan keuangan jika diperlukan. Dengan begitu, seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan terencana. 

Itulah pengertian accounting management dan fungsinya dalam sistem perpajakan. Hasil yang baik dari proses manajemen akuntansi akan memberikan pengaruh yang besar pada banyak lingkup, dari manajer keuangan, manajer produksi, hingga manajemen pemasaran dan puncak.