-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Accounting System dan Unsur di Dalamnya

Sistem akuntansi merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk mencatat serta melaporkan informasi keuangan suatu perusahaan.

Konten [Tampil]
engertian Accounting System dan Unsur yang Ada di Dalamnya

Pengertian Accounting System

Sering disebut sebagai accounting system, proses ini meliputi pengisian dan pengorganisasian catatan, laporan, serta formulir. Ditilik dari pengertian accounting system, ia dilakukan sebagai bentuk pengelolaan manajemen. 

Fungsi dari sistem ini juga memiliki urgensi dalam perkembangan perusahaan. Ia akan mendorong secara optimal setiap informasi akuntansi yang dilakukan, baik pengeluaran dana, pajak perusahaan, debet, dan aktivitas pendanaan lain agar dilakukan secara tepat waktu, terpercaya, dan juga relevan. 

Terdapat beberapa unsur yang membentuk sistem ini, antara lain:

a. Formulir

Ia merupakan dokumen penting yang digunakan untuk merekam setiap transaksi yang dilakukan, sehingga setiap aktivitas penggunaan dana dapat tertulis dengan baik secara tertulis. 

Formulir yang biasanya sering ditemui adalah faktur pembelian barang, kas masuk, serta cek dari transaksi yang dilakukan perusahaan. 

b. Jurnal

Unsur selanjutnya adalah jurnal, yang merupakan catatan akuntansi pertama yang memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah mencatat, melakukan klasifikasi, serta meringkas data keuangan. 

Menurut pengertian accounting system, setiap unsur yang membentuk proses akuntansi akan berkaitan dengan satu dan yang lain. Contoh dari jurnal adalah jurnal penerimaan kas, penjualan, ataupun pembelian produuk. 

c. Buku Besar

Di dalam buku besar terdiri dari beberapa rekening yang disatukan. Fungsinya untuk meringkas data keuangan, sehingga semua aktivitas tercatat dalam buku keuangan pokok. 

Nantinya rekening tersebut harus disesuaikan dengan laporan keuangan yang hendak dievaluasi. 

d. Buku Pembantu

Hampir sama seperti buku besar, buku pembantu berisi rekening pembantu yang merinci setiap data keuangan dalam satu rekening tertentu. 

Rekening tersebut juga harus tercantum dalam buku besar, dan pencatatan yang dilakukan harus sesuai dengan aktivitas, seperti pembayaran pajak, pengeluaran dana kegiatan, dan lainnya. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian accounting system dan unsur yang terbentuk di dalamnya. Sistem akuntansi memiliki tahapan yang cukup rumit, sehingga harus dilakukan dengan seksama dan teliti. 

Pengenalan dan pemahaman setiap dokumen harus dilakukan untuk menghindari kesalahan data.