-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NPWP Non Efektif | Pengertian dan Cara Mengaktifkan Kembali

Apa itu NPWP Non Efektif? NPWP Non Efektif yang selanjutnya saya sebut NPWP NE adalah keadaan dimana NPWP yang Anda miliki sedang...

Konten [Tampil]
NPWP Non Efektif | Pengertian dan Cara Mengaktifkan Kembali

NPWP Non Efektif

Apa itu NPWP Non Efektif? NPWP Non Efektif yang selanjutnya saya sebut NPWP NE adalah keadaan dimana NPWP yang Anda miliki sedang "mati suri". Mengapa hal ini terjadi? Ada beberapa alasan mengapa status untuk NPWP Anda menjadi NPWP NE, yaitu
  1. Anda mengajukan untuk NPWP NE
  2. Kebijakan untuk meng-NE-kan NPWP Anda karena alasan tertentu dari Kantor Pajak
  3. Kesalahan Administrasi
Jadi, status NE itu bisa karena Anda yang menginkan atau bisa juga karena kebijakan kantor pajak. Jika status NPWP Anda menjadi NE maka NPWP Anda tidak dapat digunakan untuk mengurus administrasi perpajakan.

NPWP Non Efektif Tidak Perlu Lapor SPT Tahunan

Jika NPWP staus NE maka Anda tidak wajib lapor SPT Tahunan, baik secara manual maupun secara online. Seperti yang banyak ditanyakan oleh pengujung PajakBro, ketika Bapak/Ibu mulai mendaftar untuk mendapat akun DJP Online tiba-tiba ada pemberitahuan NPWP Non Efektif.

Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak perlu melanjutkan proses ini, karena kewajiban melaporkan SPT Tahunan pun telah gugur.

Cara Mengaktifkan Kembali NPWP

Untuk kembali mengaktifkan NPWP Non Efektif Anda harus datang langsung ke kantor pajak, kemudian isi formulir pengaktifan kembali NPWP. Prosesnya langsung saat itu juga, jadi Anda bisa langsung menggunakan NPWP Anda keesokan harinya.