CARA LAPOR NPWP DAN CARA BAYAR NPWP 2020

http://www.pajakbro.com/

Lapor dan Bayar NPWP adalah hal yang kurang wajar ketika dilayangkan ke petugas pajak. Tentu saja. Saya pun sempat mengernyitkan dahi ketika ratusan orang menanyakan hal ini. Untuk itu mari kita kupas bersama tentang Lapor dan Bayar NPWP. Namun saya sarankan, sebelum Anda melanjutkan membaca, lebih baik Anda baca dulu artikel saya tentang Tinggal di Indonesia Tidak Gratis. Jika sudah, mari kita mulai.

Lapor NPWP, Bayar NPWP 2020

Kami sering mendapat pertanyaan, Bagaimana cara lapor NPWP, Bagaimana cara bayar NPWP. Biasanya orang yang menanyakan hal ini saya pastikan belum pernah baca artikel kami tentang Pengetahuan Dasar terkait Kartu NPWP. Artikel tersebut adalah artikel paling dasar ketika Anda sudah memiliki NPWP. Yang selanjutnya sudah saya sambung pada artikel Kewajiban Setelah Memiliki NPWP.

Jika dua artikel itu sudah Anda baca, dapat saya pastikan Anda tidak akan menanyakan bagaimana cara lapor atau bayar NPWP karena NPWP sendiri hanya lah sebuah kartu. Tidak lebih dari itu. Yang terpenting dalam kartu NPWP adalah nomor yang tertera dalam kartu tersebut. Itu lah nomor NPWP. Nomor ini lah yang berisi data diri Anda. Data pembayaran pajak Anda. Data pelaporan pajak Anda. Dan seluruh data perpajakan Anda.

Dengan kecanggihan teknologi dan informasi saat ini, nomor NPWP yang Anda miliki sudah terhubung dengan nomor KTP Anda. Sehingga jika secara tidak sengaja Anda menghilangkan kartu NPWP Anda, kantor pajak bisa membuat ulang kartu tersebut berdasarkan KTP yang Anda miliki. Dengan sistem ini pula setiap orang hanya bisa memiliki satu kartu NPWP.

Istilah lapor atau bayar NPWP bukan lah kata yang tepat ketika berhadapan dengan administrasi perpajakan. Istilah yang lebih tepat adalah Lapor Pajak dan Bayar Pajak. Jenis pelaporan pajak ada dua yaitu lapor pajak bulanan dengan SPT Masa dan lapor pajak tahunan dengan SPT Tahunan.

Sementara untuk bayar pajak, ada ketentuan sendiri terkait dengan jenis pajak dan lain lain. Yang secara sederhana bisa kami jelaskan, ada jenis pajak yang Anda bayar bersifat final dan tidak final. Untuk pajak final akan dianggap selesai ketika Anda bayar pajak tersebut. Sementara yang tidak final akan diperhitungkan kembali di akhir tahun pajak sebagai kredit pajak.

Belum paham penjelasan ini? Saya sarankan Anda langsung berkonsultasi dengan konsultan pajak gratis yang di sedikan oleh kantor pajak. (Baca: Konsultan Pajak Gratis)

Bukan Lapor NPWP dan Bayar NPWP

Jadi seperti itulah penjelasan saya tentang "Cara Lapor dan Bayar NPWP". Saya sangat berharap tidak ada lagi pertanyaan seperti ini. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal pembayaran dan pelaporan pajak saya sangat menyarankan untuk datang langsung ke kantor pajak untuk mendapat pengarahan. Namun jika Anda cukup sibuk atau masih malu-malu bertemu dengan pegawai pajak, kami akan siap menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

49 Komentar untuk "CARA LAPOR NPWP DAN CARA BAYAR NPWP 2020"

  1. Selamat siang, nama saya Al Amin saya seorang wirausahawan/pedagang dgn penghasilan/omzet ±50 - 60jt perbulan dgn keuntungan berkisar 5-15%. Nah yg saya mau tanyakan berapakah pajak yg harus saya bayar? Bagaimana cara menghitungnya?
    Sekian terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam.pak saya mau tanya jika bayar pajak npwp itu kmna ya dn cara nya gimna?.
      Saya seorang pekerja wiraswasta dngan gajih/penghasilam sktar 1,500,000

      Hapus
    2. Wah mantap bagi tiap dong pak, buat wirausahan

      Hapus
    3. 5% dari pendapatan kotor/Bulan

      Hapus
    4. Yg saya tau pajak penghasilan itu 0.5% dari pendapatan (pendapatan kotor ya bukan pendapatan bersih) jadi pajak dari 60jt itu 300rb per bulan.

      Hapus
    5. Yg saya tau pajak penghasilan itu 0.5% dari pendapatan (pendapatan kotor ya bukan pendapatan bersih) jadi pajak dari 60jt itu 300rb per bulan.

      Hapus
  2. Assalammualaikum selamat malam nama saya Mila robika. Mau nanya pas bikin NPWP terus di bilang sama ora kantor pajak nanti bulan 1 suruh laporan kalo tidak laporan perbulan kena pajak ko bisa sih kan saya belum bekerja . Jadi gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tanya gimana cara anda atau syarat buat bikin npwp klo blm kerja? Please penting banget soalnya.

      Hapus
    2. Boleh tanya gimana cara anda atau syarat buat bikin npwp klo blm kerja? Please penting banget soalnya.

      Hapus
  3. Jika saya bekerja bukan perusahaan dan hanya driver pribadi,, apa yg harus saya lakukan setiap tahunnya?? Keebetulan NPWP saya baru jadi...

    BalasHapus
  4. Bayar kartu npwp di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran di bank, untuk menghitung pajaknya bisa konsultasi ke kantor pajak dulu

      Hapus
  5. Slamat siang nama saya adi .saya baru saja membayar pajak untuk pasal 25/29 dan 100 atau setoran massa tapi pada saat pembayaran saya tersadar saya telah salah memasukan bulan jadi pd bulan desember saya bayar pajak untuk bulan desember.karna saya tau salah memasukan bulan saya membayar lagi pasal yg sama tetapi bulan desember saya bayar untuk bulan november. Apakah tidak apa2 pembayaran yg saya lakukan terlalu cepat .karna yg bulan desember sudah saya bayar di bulan desember

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Kalau bayar bisa ke kantor pos atau bank

      Hapus
  7. Kalo mau ngutang dimana ya

    BalasHapus
  8. Apakah seseorang wajib bayar pajak sekalipun dia kerja di luar negeri dan sudah bayar visa dan working permit?
    Mohon di jelaskan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem pajak yg kita anut adalah dimana penghasilan itu didapatkan maka disana lah pajak harus dibayar. Apakah bapak ada penghasilan dari Indonesia juga?

      Hapus
  9. Assalamualaikum, saya mau tanya, kan bapak saya buat npwp bulan Desember, apakah pajak bulan sebelumnya harus dibayar saat melaporkan SPT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu, untuk lapor SPT tahunan sebaiknya bayar pajak untuk yg desembernya dulu

      Hapus
    2. Cara mau bayar pajeg caranya gimana yah

      Hapus
  10. Saya punya npwp,punya usaha toko,penghasilan 2,5-3jt perbulan,kisaran berapa pajak yang harus saya bayar tiap bulan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pajak UMKM 0,5% dari penghaslan kotor. Jika penghasilan kotor sebulan 3 juta, maka pajaknya 15rb rupiah

      Hapus
    2. Selamat siang, saya mau tanya:
      Apakah kalau ingin membuat npwp di haruskan membayar pajak selama dua tahun terakhir sebelum memiliki npwp?
      Kemarin saya kekantor pajak ingin membuat npwp tetapi saya diharuskan membayar pajak selama 2thn terakhir.

      Hapus
  11. Selamat malam. Saya Launi, saya mau tanya, saya ga ada SPT nah gmna cara byr npwpnya?

    BalasHapus
  12. Asalamualikum...bayar NPWP tiap tahun apa tiap bulan....trimakasih

    BalasHapus
  13. Saya kemaren ke kantor pajak mau byar tapi ko malah balik nanya petugas nya emang stiap npwp/nama ga d cantumin setiap blan nya hrus byar berpa nya tlong d perjelas

    BalasHapus
  14. Saya kemaren sampe ga jadi sampe kebingungan kirain saya langsung tercantum d komputernya hrus byar berpa nya tpi mlah nanya petugas nya kemaren saya ngisi pormulir nya penghasilan 4jta trus yg harus saya bayar berapa tolong d perjelas. Nama saya cep sopian

    BalasHapus
  15. Bagaimana kalo saya hanya seorang supir trevel yg berpenghasilannya tdk menentu.bikin npwp buat istri buat persyaratan kerja,saya isi formulirnya termasuk wirasuwasta kta s pak satpam itu bagai mana klo tdk bayar atau lapor

    BalasHapus
  16. Bagai mana cara lopor npwp secara online

    BalasHapus
  17. selamat siang gan. saya mau tanya.
    saya sudah punya npwp. tp dari perusahaan saya blm ada potongan pajak dengan kata lain pajak saya blm terbayarkan.
    lalu bagaimana saya bisa tau brpa pajak yg harus saya bayar yya gan??
    mohon info'a yya . terima kasih

    BalasHapus
  18. Tadinya usaha donat sih lancar...
    Kalo menurun dari omset 60jta /bulan-10jt.
    Gmna lapornya..?

    BalasHapus
  19. Petugas npwp banyak yang pungli.
    Katanya bikin NPWP gratis ternyata disuruh bayar pajak dulu selama 2thn baru bisa di bikinin NPWP nya.

    BalasHapus
  20. Sy pnya usaha toko,pnghasiln 20jt kotor.. brp yg hrus dbyar?
    Byrnya prbulaan atau pertahun?

    BalasHapus
  21. cuma mau tanya,,,klo gimana cara bayar pajak NPWP yang pertama kali?
    apa langsung di kantor pos/bank?
    atau ke kantor pajak dulu?

    BalasHapus
  22. Per berapakah pajak orang pribadi harus dibayar?

    BalasHapus
  23. Saya mau tanya, saya sudah buat npwp secara online. Tapi belum buat spt .Itu bayar pajaknya terhitung setelah saya bkin npwp apa nunggu sptnya ya? Mohon infonya.

    BalasHapus
  24. Kalo bayar npwp. Pas kartu kerluar langsung bayar. Atau bulan depan nya langsung bayar

    BalasHapus
  25. Saya punya NPWP tapi saya bingung berapa pajak yang harus saya bayar?karena saya hanya seorang pedagang yang penghasilan nya tidak menentu...

    BalasHapus
  26. Sy baru sj membayar pajak NPWP 250 ribu, itu pertahun atw perbulan 250 mohon pejelasanx

    BalasHapus
  27. Bagamana cara membayar paja mpwp

    BalasHapus
  28. Sy mau tanya bagaimana langkah2 atau cara untuk membayar pajak npwp pribadi?

    BalasHapus
  29. Pak mau nanya bayar pajak NPWP iru harus perbulan....tidak bisa lgsung 1 thun

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel