LUPA EFIN PAJAK BAGAIMANA? INI YANG PERLU ANDA LAKUKAN!

LUPA EFIN PAJAK BAGAIMANA? INI YANG PERLU ANDA LAKUKAN!

Lupa EFIN Pajak merupakan hal yang biasa terjadi. Mengingat EFIN Pajak adalah hal yang sangat penting sudah seharusnya Anda menyimpannya dengan baik-baik. Namun adakalanya EFIN Pajak yang hanya satu lembar kertas ini terselip atau hilang. Bagaimana cara mendapatkan e fin pajak lupa ini? Sebaiknya Anda tahu beberapa hal tentang EFIN pajak dan solusinya jika EFIN lupa atau hilang. Mari kita bahas!

EFIN Pajak

EFIN Pajak adalah sebuah kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online. Karena fungsi utama EFIN Pajak hanya untuk pendaftaran efiling DJP Online saja, maka jika sewaktu-waktu EFIN Pajak Anda lupa atau hilang, maka Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda bisa log in ke efiling DJP Online maka sudah tidak ada masalah.

Saat Anda masuk ke efiling DJP Online, Anda tidak akan dimintai kembali kode EFIN Pajak. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan password efiling DJP Online saja. Anda lupa password efiling DJP Online Anda?

EFIN Pajak untuk yang lupa password

Selain berfungsi sebagai kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online, EFIN Pajak juga berfungsi saat Anda lupa password efiling DJP Online Anda. Jika hal ini terjadi maka berikut yang perlu Anda lakukan.

Pertama, silahkan masuk ke halaman berikut https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Kemudian masukkan nomor NPWP, kode EFIN Pajak, kode pengaman, dan jangan lupa centang "lupa email" jika Anda juga lupa dengan email yang Anda gunakan, jika tidak maka cukup NPWP dan EFIN Pajak saja.

Kedua, cek email yang Anda gunakan saat daftar akun efiling DJP Online. Kemudian klik link yang diberikan untuk mereset password efiling DJP Online Anda.
EFIN Pajak untuk yang lupa password
Pada halaman reset password efiling DJP Online, ada pemberitahuan yang perlu Anda tahu, berikut isinya
  1. Pastikan Anda masih menyimpan EFIN yang diberikan oleh KPP.
  2. Jika Anda lupa atau tidak menyimpan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat
  3. Anda dapat mengubah email untuk menerima password baru, jika menghendakinya dengan memilih "YA" pada pilihan "Lupa Email?"
  4. Jika Anda mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email Anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada Anda
Permasalahan berikutnya adalah, bagaimana jika Anda lupa EFIN Pajak Anda? Bagaimana cara mendapatkan e fin pajak lupa? Mari kita lanjutkan.

Lupa EFIN, Cek EFIN dan Cetak Ulang EFIN

Jika permasalahan utama Anda adalah lupa EFIN Pajak, maka yang perlu Anda lakukan adalah cetak ulang EFIN Pajak. Yang perlu Anda tahu adalah kode EFIN Pajak untuk satu nomor NPWP akan selalu sama. Artinya, nomor EFIN yang Anda miliki tahun lalu bisa Anda gunakan selamanya.

Untuk melakukan cek EFIN pajak yang lupa ini hanya bisa dilakukan oleh petugas pajak. Anda tidak bisa mengecek EFIN melalui aplikasi online. Satu-satunya cara untuk cek EFIN adalah dengan datang langsung ke kantor pajak kemudian Anda bisa mengajukan permohonan untuk cetak ulang EFIN Pajak.

Cetak Ulang EFIN

Untuk melakukan cetak ulang EFIN Pajak Anda diharuskan untuk datang langsung ke kantor pajak. Jika bukan Anda sendiri yang meminta cetak ulang EFIN Pajak, maka Anda perlu melampirkan surat kuasa kepada yang akan mengambil EFIN Pajak Anda.

Yang perlu Anda lakukan cukup mengisi formulir cetak ulang EFIN Pajak, kemudian lampirkan 1 fotokopi KTP, dan 1 fotokopi NPWP Anda. Serahkan berkas tersebut ke petugas pajak, dan EFIN Pajak Anda pun langsung dicetak.

Formulir cetak ulang EFIN Pajak

Berikut adalah formulir cetak ulang EFIN Pajak
formulir cetak ulang EFIN Pajak

Jika kurang jelas Anda bisa download formulir cetak ulang EFIN Pajak di sini  http://www.pajakbro.com/p/formulir-pajak.html atau lebih mudahnya Anda dapat mengambil langsung formulir cetak ulang EFIN Pajak di kantor pajak.

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online

Mendekati jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan pribadi untuk PNS dan karyawan akhirnya Direktorat Jenderal Pajak membuka layanan pembuatan kode EFIN Pajak secara online, caranya sangat mudah, silahkan simak infografis berikut ini untuk mendaptkan EFIN Pribadi secara online dengan mudah!

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Secara Online

Anda Tidak Butuh EFIN Pajak!

Sejak diperkenalkan 3 tahun lalu, tepatnya di tahun 2014, Efiling Pajak atau DJP Online mulai banyak digunakan oleh Wajib Pajak. Namun kenyataannya masih banyak yang belum mengerti cara yang benar untuk melakukan pelaporan pajak secara online ini. Mengapa kami katakan demikian?

Apakah Anda tahu bahwa fungsi utama dari EFIN Pajak adalah untuk registasi akun DJP Online? Ya, EFIN Pajak merupakan kode verifikasi yang digunakan untuk registrasi awal saja. Yang artinya jika Anda sudah berhasil memiliki akun DJP Online, maka EFIN Pajak sudah tidak digunakan lagi!

Anda tidak butuh EFIN Pajak untuk masuk ke aplikasi DJP Online. Yang Anda butuhkan hanya Nomor NPWP dan Password yang Anda gunakan saat registrasi. Anda diminta kode EFIN Pajak kembali jika
  1. Anda Lupa Password DJP Online
  2. Anda Lupa Email yang Anda gunakan untuk registrasi DJP Online

Jadi selama Anda mencatat password DJP Online Anda maka sebenarnya Anda tidak memerlukan kode EFIN Pajak. Dan sebenarnya hal ini sudah kami sampaikan beberapa kali di artikel-artikel terkait DJP Online. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak lagi repot-repot membuat permohonan cetak ulang EFIN Pajak tahun depan. Karena selama Anda punya password DJP Online maka Anda tidak butuh EFIN Pajak!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

70 Responses to "LUPA EFIN PAJAK BAGAIMANA? INI YANG PERLU ANDA LAKUKAN!"

  1. Kalau lupa password kan harus isi EFIN ,tapi EFIN juga lupa ,apakah bisa minta ulang nomor nya hanya via telpon tanpa datang ke KPP ?Mohon dibantu karena hari hari kerja tidak sempat ke Kantor Pajak ,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau minta ulang EFIN tidak bisa lewat telepon bu, harus lewat formulir cetak ulang EFIN dan datang langsung ke kantor pajak

      Hapus
  2. Balasan
    1. tidak repot kok pak kalau efin pajaknya gak lupa atau hilang, kalau mau curhat boleh mampir ke fanpage kami, nanti kami bantu

      Hapus
  3. Dipermudah aja laporan spt tahunan,ga usah pake email,efin,pasword,modal KTP on line aja,biar ga ribet,pajak kita kan udah dipotong,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau lebih mudah bisa dateng langsung ke kantor pajak, bapak tinggal bawa bukti potong pajak dari kantor, untuk pengisian dll akan dipandu sama petugas pajak di lapangan, sebenarnya kalau sudah terbiasa gak akan susah kok pak, panduan cara pengisian dan permsalahannya sudah ada di sini semua :)

      Hapus
  4. Siang, Apakah permohonan cetak ulang Efin dapat diwakilkan ? Apabila dapat diwakilkan apa saja yang harus disiapkan selain formulir cetak ulang efin, fotokopi ktp, dan fotokopi npwp ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. Ditambah surat kuasa dari bapak ke rekan bapak yang mau menguruskan efin pajak nya

      Hapus
  5. apakah form ini masi berlaku?? atau sudah ada form terbaru??
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih berlaku kok pak, belum ada perubahan formulir efin pajak

      Hapus
  6. seharusnya bisa melihat efinpribadi secara online orang pajak juga bisa lihat efin orang lain hanya dengan NPWP tanpa harus datang ke kantor pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. EFIN pajak itu sifatnya rahasia lho pak, kalau disalahgunakan malah bisa merugikan bapak sendiri ^^

      Hapus
  7. Mohon kedepan nya untuk mengetahui E-FIN PAJAK sendiri bagi yang lupa harap bs melalui call center sama seperti di bank2 atau melalui aplikasi / menu tersendiri tanpa harus datang ke KPP...
    Karena terkait izin cuti kerja atau yg lain terkadang tidak mudah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini bisa ajukan efin lewat twitter resmi DJP pak, silahkan dicoba

      Hapus
  8. Ribet nyusahi wong wae. Kene wes bayar kok isih digawe susah wae..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyusahi pripun tho pak? Monggo njenengan tindak teng kantor pajak. Lek pun ngerthos masalahe sakjane mboten wonteng sing susah lho pak

      Hapus
  9. kalo sedang diluar negeri bagaimana pak kalo lupa efin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa minya efin via twitter

      Hapus
  10. Seharusnya orang pajak yg datengin kita2 orang
    Mempersulit orang saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga kewajiban pak, sudah ada fasilitas dari kantor pajak silahkan dimanfaatkan

      Hapus
  11. Saran saja sih untuk Kantor Pajak kedepannya apabila ada no e-fin yang lupa tidak usah datang ke kantor pajak cukup
    1. Telp saja ke call center pajak dengan cara memverifikasi nama wajib wajak, nomer NPWP, nama gadis ibu kandung, nomer HP. Apabila seluruh pertanyaan bisa dijawab maka no e-fin bisa dikirim lewat sms ke nomer hp yang terdaftar.
    2. Bisa juga dibuatkan di Aplikasi playstore agar kita bisa dapat untuk melihat e-fin milik kita sendiri dengan cara registrasi dulu untuk melengkapi data datanya.
    Demikian saran dari saya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukkannya, website ini juga dipantau petugas pajak pak

      Hapus
  12. mw bayar pajak saja dipersulit.. untuk dapatkn nmor efin. apalagi kta yg tugas didaerah.. yg jauh dr kantor pajak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya ada fasilitas onlline pak, biar yang jauh dari kantor pajak tidak perlu ke kantor pajak, cuma sesekali saja kalau memang ada permohonan surat

      Hapus
  13. Pak mau tanya, kl kami ingin melaporkan pajak secara kolektif apakah masih bisa? Dan apa syaratnya? No efin karyawan kami hilang. Bisakah proses tanya no efin semua lewat online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kolektif tentu saja bisa, tanpa ke kantor pajak pun juga bisa pak. Soal efin pajak, coba baca kembali artikel kami di atas, sudah ada penjelasannya pak, terima kasih

      Hapus
  14. Saran saja sih untuk Kantor Pajak kedepannya apabila ada no e-fin yang lupa tidak usah datang ke kantor pajak cukup
    1. Telp saja ke call center pajak dengan cara memverifikasi nama wajib wajak, nomer NPWP, nama gadis ibu kandung, nomer HP. Apabila seluruh pertanyaan bisa dijawab maka no e-fin bisa dikirim lewat sms ke nomer hp yang terdaftar.
    2. Bisa juga dibuatkan di Aplikasi playstore agar kita bisa dapat untuk melihat e-fin milik kita sendiri dengan cara registrasi dulu untuk melengkapi data datanya.
    Demikian saran dari saya, terimakasih.
    Pertanyaannya, aplikasinya namanya apa ya???mohon penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini aplikasi masih tahap pengembangan, kami sudah pernah coba pakai, namun untuk menu djp online belum bisa digunakan

      Hapus
  15. Pak kalau no efin yang diterima saat di ferifikasi muncul kode efin tidak cocok apa yang harus dilakukan .trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba minta kembali efin baru pak, kemungkinan sudah daluarsa efin pajaknya

      Hapus
  16. Kalo misal data saat kita mengisi formulin efin salah, berpengaruh gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti bisa dibetulkan di menu profil djp online pak, jadi tidak masalah, yang penting untuk email djp online nya sudah betul

      Hapus
  17. pak, kalau lupa efin dan passrowdnya, bagaimana caranya yah ?
    mohon bantuannya. terima kasih



    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan pelajari di sini https://www.pajakbro.com/2016/03/lupa-password-dan-email-djp-online.html

      Sudah ada infografis untuk perubahan email dan password djp online juga. Intinya, harus ada EFIN Pajak dulu

      Hapus
  18. saya juga lupa EFIN,saya cari di email juga tidak ada mohon solusinya agar tidak usah datang ke kantor pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mention ke twitter @kring_pajak untuk cetak efin online

      Hapus
    2. berapa lama respon dari @kring_pajak setelah di mention?

      Hapus
  19. Pajak semakin konyol saja,lupa efin sma bikin efin baru perlakuannya sama,bnr2 merepotkan lbh repot Dr pd sekedar lupa password email or yg lainnya,mo lapor manual tambah repot lagi ga lapor Salah,bener2 konyol

    BalasHapus
    Balasan
    1. di akhir artikel sudah dijelaskan pak, untuk mempermudah mendapat efin yg lupa ini bisa lewat twitter pajak, silahkan dicoba

      Hapus
  20. Pak saya mau mutasi npwp saya dari prov a ke prov b tapi saya ga ada waktu terus saya coba lewat online tapi hasilnya. mohon solusinya pak>
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. permohonan pindah NPWP bisa dilakukan di tempat yg baru, namun belum bisa online

      Hapus
  21. hasilnya tidak ada pak. mhon di bantu???

    BalasHapus
  22. kapan aplikasi pajak bisa buat android?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada pak, namanya M Pajak, namun untuk bagian lapor pajak online masih dalam tahap pengembangan

      Hapus
  23. Saya lupa EFIN saya dan posisi sedang sekolah di luar Indonesia dan saya tidak memiliki akun Twitter. Bagaimana cara mendapatkan EFIN saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lwat chat pajak pak, silahkan kunjungi situ www.pajak.go.id

      Hapus
  24. Terimakasih semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan buat anda telah membagi cara ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin.... terima kasih kembali pak

      Hapus
  25. Saya lupa EFIN saya sedangkan pekerjaan saya selalu berpindah dari satu remote area ke remote area lain dan saya tidak memiliki akun Twitter. Saya sudah coba chat pajak dan telepon ke 1500200 tidak direspon. Bagaimana ya? Sangat tidak memungkinkan untuk ke kantor pajak dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  26. ga usah lapor.... yang penting udah bayar

    BalasHapus
  27. Saya sudah melapor spt kode verivikasi sudah saya kirim tapi bukti pelaporan gak ada gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cek di dashboard djp online

      Hapus
  28. Besok tanggal 30 maret, tanggal merah, kira-kira kantor pajak buka atau tidak pak ?

    BalasHapus
  29. Besok tanggal 30 maret, tanggal merah, kira-kira kantor pajak buka atau tidak pak ?

    BalasHapus
  30. cara cek efin yg belum registrasi djp online selain di kpp terdekat gmna ya?

    BalasHapus
  31. lupa efin, bareusan tlp 1500200, kasih semua data diri yg diminta, nunggu 1-2 menit, dapat efin nya, berlaku seumur hidup, thanks mas bro info nya.

    BalasHapus
  32. bang bisa dicarikan nomor efinnya an. dr. pauzin mupidah dengan nomor npwp 642600142805000
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  33. Nomer e-fin saya hilang mas .. bisa bantu nggak ?? Kan hri ini trakhir lapor spt

    BalasHapus
  34. Mnta tlng bang carikan kode e-fin dgn nomer npwp 813699022614000
    Trimakasih

    BalasHapus
  35. saya juga efin saya hilang. tolong carikan npwp 81.296.326.2-621.000

    BalasHapus
  36. tolong bantuannya, sya sudh tdk krja lgi skitar 3-4bln yang lalu, mau lapor ke kantor pajak lupa, nah baru inget wktu kmren ada info dari tv klo tgl31 kmren trkhir lapor pajak, klo mau non aktif in bwa apa aja ya, sdgkan sya blm nikah. masih mau nikah kurang lbh 5blnan lagi dan mmg udh gk boleh krja. gimana dong?

    BalasHapus
  37. tolong bantuannya, saya lupa e-fin saya
    nomor npwp nya ; 588740084808000

    BalasHapus
  38. saran saya efin , sebaiknya bisa di emailkan ke email kita setelah ada pelaporan pajak yg sebelumnya,.sebagian besar lupa efin krna ,di lakukannya hanya setahun sekali.. terima kasih

    BalasHapus
  39. mas klo telat lapor pajak kena denda ga ya bantu jawab ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena mbak, kalau untuk spt tahunan pribadi dendanya 100rb

      Hapus
  40. Terima kasih infonya, bermanfaat sekali ... Dgn live chat pajak, bisa mendapatkan EFIN

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel