-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis Proses, Jenis, dan Tahapannya

Bagi pelaku usaha, tentunya mengetahui tentang pengertian bisnis proses adalah hal yang cukup mempengaruhi bisnisnya.

Konten [Tampil]
Pengertian Bisnis Proses, Jenis, dan Tahapannya

Pembukaan

Apa itu bisnis proses dan mengapa hal ini signifikan dalam hal berbisnis? Jawabannya bisa dilihat di bawah ini. 

Akan ada juga penjelasan tentang jenis-jenis bisnis proses dan juga tahapan atau siklus dari bisnis proses. Ini dia penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Bisnis Proses

Secara umum, pengertian bisnis proses adalah sebuah rangkaian aktivitas yang saling berkaitan dalam hal menghasilkan produk baik barang maupun jasa dalam suatu usaha. 

Dalam hal ini, produksi barang dan jasa merupakan hasil akhir dari proses panjang, mulai dari perencanaan hingga eksekusinya. Inilah mengapa dalam bisnis, proses sangat menentukan hasil dan kualitas dari produksi barang dan jasa. 

Bisnis proses juga memiliki peran cukup besar dalam menentukan hal-hal lain dalam suatu bisnis, termasuk dalam hal pengeluarannya dan pajak yang harus dibayar oleh pelaku bisnis tersebut.

Jenis-Jenis Bisnis Proses

Setelah mengetahui apa itu bisnis proses, maka kini Anda harus tahu tentang jenis-jenisnya. Bisnis proses tidak ada terdiri dari satu jenis saja. 

Ada beberapa jenis bisnis proses. Jenisnya antara lain adalah proses manajemen, proses operasional, dan proses pendukung. 

Proses manajemen adalah proses awal dan perencanaan. Proses operasional adalah eksekusi dan produksi dari barang dan jasa. 

Proses pendukung adalah proses lain-lain yang terkait, termasuk soal akunting dan pemasaran. Semua proses-proses ini berkaitan dan tujuannya adalah untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas.

Tahapan Bisnis Proses

Selain, Anda juga wajib mengetahui tentang tahapan bisnis proses. Seperti yang diketahui, bisnis proses memiliki keterkaitan dengan banyak hal, termasuk pajak dan lain-lainnya. 

Nah, bagaimanakah tahapan bisnis proses? Tahapnya biasanya ada 4. Pertama, tahapan desain atau perencanaan. Kedua, tahapan konfigurasi dan tes. 

Ketiga, tahapan pelaksanaan, dan keempat adalah tahapan evaluasi. Keempat tahap ini harus dilaksanakan secara berurutan agar produksi dapat berjalan sesuai rencana dan pada akhirnya dapat menghasilkan  laba atau untung. 

Pahami proses tahapan ini dan tentunya menjalankan bisnis akan terasa lebih mudah karena Anda sudah mengetahui dengan pasti apa itu pengertian bisnis proses dan bagaimana tahapan-tahapannya.