Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja


Membuat NPWP untuk yang belum bekerja. Apakah aturan pajak membolehkan membuat NPWP untuk yang belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja sering ditolak saat ingin membuat NPWP? Agar Anda lebih memahami aturan yang berlaku, silahkan simak ulasan kami berikut.

Aturan Pembuatan NPWP

Pada artikel syarat membuat NPWP, khusus untuk pegawai atau karyawan diwajibkan untuk melampirkan keterangan kerja. Keterangan kerja ini didapatkan dari tempat Anda bekerja, jadi Anda bisa memintanya di bagian kepegawaian atau HRD.

Idealnya, kartu NPWP hanya bisa diberikan untuk mereka yang sudah bekerja, untuk itulah kantor pajak mensyaratkan surat keterangan kerja.Banyak yang salah paham di sini, tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi di lingkungan kerja.

Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pendaftar di perusahaannya sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak memiliki aturan sendiri tentang boleh tidaknya seseorang memiliki NPWP.
Secara aturan perpajakan, NPWP diberikan kepada mereka yang sudah memiliki penghasilan


Penghasilan Tidak Kena Pajak

Pernah kah Anda mendengar istilah ini? PTKP. Penghasilan Tidak Kena Pajak. Perlu Anda tahu, dalam perhitungan pajak atas gaji Anda, tidak semuanya dikenakan tarif pajak. Ada sejumlah penghasilan Anda yang tidak diperhitungkan pajaknya, itulah PTKP.

Untuk saat ini PTKP dalam setahun, untuk pria/wanita lajang tanpa tanggungan adalah Rp 36.000.000 per tahun, atau Rp 3.000.000 per bulan. Yang artinya, jika penghasilan Anda di bawah Rp 3.000.000 per bulan, maka tidak ada pajak yang dipotong atas gaji Anda.

Bagi kantor pajak, jika penghasilan Anda masih dibawah PTKP maka Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika orang yang bekerja dengan gaji di bawah Rp 3.000.000 per bulan saja tidak wajib memiliki NPWP, bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja? (PTKP 2016 naik sebesar 50% selengkapnya baca PTKP 2016 Terbaru)
Bagi yang memiliki penghasilan di atas PTKP WAJIB untuk memiliki NPWP


Belum Bekerja

Bagaimana solusinya? Dalam hal ini masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan masing-masing. Saya pribadi tidak bisa memberikan jawaban pasti akan hal ini. Rekan saya di kantor pajak batam pernah mengatakan jika mereka menolak setiap pendaftaran NPWP untuk orang yang belum berpenghasilan.

Yang artinya, jika Anda sudah bekerja, berapapun gaji Anda (walaupun di bawah 3 juta) tetap boleh mendapat NPWP. Sementara jika Anda belum bekerja, maka akan ditolak. Dan bagusnya, kebijakan di kantor pajak batam ini diiring sosialisasi ke perusahaan-perusahaan di sana agar tidak mensyaratkan NPWP untuk melamar kerja.

Namun kembali lagi, masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan sendiri. Saran saya bagi Anda yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, jangan nekat langsung ke kantor pajak untuk daftar NPWP, karena Anda belum tahu kebijakan di kantor pajak tersebut, dan kemungkinan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Jika Anda belum bekerja, silahkan minta keterangan dari desa/kelurahan tentang status pekerjaan Anda saat ini. Jangan diisi belum bekerja. Isilah yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Misalkan untuk pekerjaan bisa diisi "freelance", wiraswasta, pegawai swasta, dll. Ok? Jadi seperti itu lah pejelasan saya untuk Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja.
Artikel ini juga berlaku untuk Anda yang masih menjadi mahasiswa, karena banyak pertanyaan seperti ini datang dari mahasiswa.

47 Komentar untuk "Apakah Bisa Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja? Syarat NPWP Untuk Yang Belum Bekerja"

  1. Kalo mau buat npwp di bogor tapi ktp saya beralamat sukabumi bisa ridak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sesuai ktp mas.
      atau bisa coba daftar npwp online

      Hapus
  2. mas surat keterangan apa namanya

    BalasHapus
  3. Apakah seseorang yang berpenghasilan di bawah UMR tidak dapat mengajukan permohonan penerbitan NPWP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dan bisa. Jika sudah memiliki penghasilan, sebaiknya punya npwp. Walau nanti gajinya dibawah UMR.

      Hapus
  4. Percayalah, kalau ditolak cewe itu sakit hati level 100, kalau penolakan penerbitan NPWP itu level 99 gan. Saya udah kena tolak 2x. Ini pengajuan yang ke-3.

    BalasHapus
  5. kalo kita ngasih surat pengantar dari kelurahan yg isi pekerjaan misalnya pegawai swasta dll ke KPP, nanti kalo ditanya surat penghasilan kerja gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mungkin ditagih. Itu terlalu intern. 😅

      Hapus
  6. kalo sudah bikin surat keterangan di desa/kelurahan bisa langsung ke kantor pajak nya?? untuk langsung bikin npwp nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, bawa materai 6.000 buat jaga2

      Hapus
    2. Apa anda berhasil mmbuat npwp hanya dg surat ket. Kelurahan?

      Hapus
  7. Gan, kalo pensiunan bisa bikin NPWP gak? Mkasud saya pensiunan janda meninggal. NPWP diminta karena mau pinjam dari bank nilaniya diatas 50jt.

    BalasHapus
  8. maaf gan mw tanya, utk pengisisan formulir online pembuatan NPWP kan harus menggunakan alamat sesuai KTP , setelah sampai tahap permohonan dan menunggu 14 hari kerja utk penerbitan NPWP hingga pengiriman via pos ke alamat tsb, namun rumah saya kan saat ini sudah pindah jadi apakah bisa konfirmasi terhadap kantor pajak via telpon utk pengiriman kartu supaya bsa sampai ke alamat sya yg baru? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat npwp nya online, jika di setujui oleh KPP. Pasti akan ada email keterangan berhasil dan memberikan no npwp nya. Kalo sudah berhasil. Print screen aja dan print kertas. Datang k KPP terdekat. Minta di print. Bisa. Jd gak perlu nunggu kirim via pos dll.

      Hapus
  9. misalkan belum kerja
    sibuat frelance
    tapi kan ada di minta berapa penghasilan itu gimana ?

    BalasHapus
  10. NPWP tidak wajib bagi yang belum punya poenghasilan... tpi melamar kerja mintanya NPWP, malah ini yang syaratkan NPWP adalah untuk memenuhi lowongan kerja yang dibuka oleh badan pemerintahan,,, sementara kita belum tahu lulus apa tidaknya kita di badan tersebut. dan kita sudah punya NPWP, kalau sdah diterima di badan tersebut enak aja bayar pajaknya, tapi kalau gak?? gimana donk bayar pajak am denda2nya secara penghasilan tidak ada,,,, nombok donk. Mohon pencerahannya gan. Terima Kasih Assalamualaikumm warahmatullah

    BalasHapus
  11. saya udh coba daftar online
    saya bukan ktp sini
    saya tinggal nunggu emailnya doank
    apakah saya blh ke kpp sini untuk menanyakan npwp saya agar cepat di proses
    atau lebih baik di tlfn saja
    mohon kasih pencerahan
    apakah npwp saya bisa siap

    BalasHapus
  12. misi gan numpang nanya
    saya kan udah daftar online
    cman masih bingung karna saya baru pertama kali bikin npwp
    dan saya baru melamar di sebuah oerusahaan yg mengharuskan pelamar kerjanya memiliki npwp
    saran dan pencerahannya dong gan biar gx bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja buat npwp, boleh ikutin saran pada artikle di atas

      Hapus
  13. Mau tanya gan, kalau wirausaha nyertakan npwp apakah nnti suruh bayar lagi atau hanya untuk pelaporan faktur pajaknya aja? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung perhitungan pajak masukan dan pajak keluaran dari usaha bapak. Untuk hal ini sebaiknya konsultasikan dg AR bapak di kantor pajak

      Hapus
  14. Kalo buat npwp tanpa ktp bisa nggak..

    BalasHapus
  15. Syarat yg harus dibawa apa aja pak untuk pembuatan ktp yg belum bekerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.pajakbro.com/2018/04/syarat-membuat-npwp-pribadi.html

      Hapus
  16. Apa yakin diterima jika membawa surat ket dari kelurahan pak untuk membuat npwp.. Dan status sya masih belum bkerja ... Sya takutnya pulang tngan kosong pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan diisi belum bekerja untuk surat keterangannya. Coba baca kembali tulisan di atas

      Hapus
  17. penyakit birokrasi indonesia yg masyarakatnya udh antusias,
    administrasinya malah ribet.
    kyk artikel ini gw pernh ngalamin, harusnya intansi pajak mensosialisasikan ke perusahaan utk tidak mewajibkan syarat sudah memiliki NPWP.
    sehingga ngajak masyarakat utk ngebohong.
    org mau ngelamar kerja tp wajib ada NPWP, gimana mau punya NPWP kerja Jg belum. uJung2nya bilang aJ udh kerja dimana keq kerja apa keq. Gimana negara mau maju.
    dari awalnya aJ instansi pajak sama perusahaan aJ udh ga sinkron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gak sinkron pak. Aturan di kantor pajak sudah sangat jelas, seperti yg sudah saya tulis di atas, namun perusahaan sendiri yang gak mau ribet, makanya dari awal mereka minta NPWP biar kalau sudah diterima tinggal potong saja pajaknya sesuai ketentuan

      Hapus
  18. Gan saya orang awam ingin mencari kerja rata rata persyaratnnya hrus punya npwp saya inging melengkapi persyaratan tersebut. Klo saya bikin lewat onlene >PENGHASILAN saya isi >LAINYA (belum bekerja) apakah npwp bisa jadi? Mohohon pencerahanya terima kasih

    BalasHapus
  19. Assalamuikim,saya mau bikin npwp buat ngurus serfitikat tanah,tapi saya kerja serabutan bisa gak,mohon info nya..tks

    BalasHapus
  20. Cara bikin NPWP online gimana yah ?? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  21. kalau booking dulu sebelum bekerja dan akan diaktifkan klo udh bekerja sih bisa kak? cuma butuh nomornya dulu

    BalasHapus
  22. saya sudah masukan tokennya saya kirim kok dapat notif gagal itu kenapa ya

    BalasHapus
  23. Bila menggunakan surat keterangan dari kelurahan tentang status pekerjaan apakah di setujui permihonan npwp nya pak

    BalasHapus
  24. Setiap udah sampai di log in email sama password muncul tulisan "email terblokir". Solusinya gimana?

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum ,,, suami saya sudah coba daftar online dan ditahap terakhir ada keterangan "data belum lengkap" dan "file terlalu besar" sudah coba klik tombol "prev" juga tidak bisa .Jadi bingung, saya mau buat NPWP utk pengurusan surat tanah tapi harus 1 kartu dengan suami sedangkan suami belum punyA. Mohon pencerahannya om .terima kasih,wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ukuran fto ktp yg dikirim diperkecil dibawah 1 mb

      Hapus
  26. Gan.. kalo mau hangusin NPWP, biar gak berlaku lagi gimna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mengajukan Non Efektif pak. Syaratnya surat keterangan tidak bekerja dari desa/kelahiran

      Hapus
  27. Kalo bkin NPWP buat ngelamar kerja kn belum aktif,klo skrg udh kerja 2bulan baru aktifin NPWP ny kena denda gx yah...

    BalasHapus
  28. Mas, saya mau bikin PT (perseroan terbatas), nah syarat dari notarisnya harus ada NPWP, sedangkan saya belum bekerja. Bagaimana ya mas solusinya ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  29. Saya kan mau melamar kerja di PT ,saya masih umur 17 thn apakah bisa buat NPWP dengan umur segitu apakah harus nunggu 18 thn ?

    BalasHapus
  30. Pendaftaran online saat pengisian bagian info tambahan, pda bagian #kisaran penghasilan" apakah tetap di isi meskipun kita belum bekerja?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel