CARA MEMBUAT NPWP BAGI YANG BELUM BEKERJA, APAKAH BISA?

CARA MEMBUAT NPWP BAGI YANG BELUM BEKERJA, APAKAH BISA?

Membuat NPWP untuk yang belum bekerja. Apakah aturan pajak membolehkan membuat NPWP untuk yang belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja sering ditolak saat ingin membuat NPWP? Agar Anda lebih memahami aturan yang berlaku, silahkan simak ulasan kami berikut.

Aturan Pembuatan NPWP

Pada artikel syarat membuat NPWP, khusus untuk pegawai atau karyawan diwajibkan untuk melampirkan keterangan kerja. Keterangan kerja ini didapatkan dari tempat Anda bekerja, jadi Anda bisa memintanya di bagian kepegawaian atau HRD.

Idealnya, kartu NPWP hanya bisa diberikan untuk mereka yang sudah bekerja, untuk itulah kantor pajak mensyaratkan surat keterangan kerja.Banyak yang salah paham di sini, tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi di lingkungan kerja.

Banyak perusahaan yang mewajibkan calon pendaftar di perusahaannya sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak memiliki aturan sendiri tentang boleh tidaknya seseorang memiliki NPWP.
Secara aturan perpajakan, NPWP diberikan kepada mereka yang sudah memiliki penghasilan

Penghasilan Tidak Kena Pajak

Pernah kah Anda mendengar istilah ini? PTKP. Penghasilan Tidak Kena Pajak. Perlu Anda tahu, dalam perhitungan pajak atas gaji Anda, tidak semuanya dikenakan tarif pajak. Ada sejumlah penghasilan Anda yang tidak diperhitungkan pajaknya, itulah PTKP.

Untuk saat ini PTKP dalam setahun, untuk pria/wanita lajang tanpa tanggungan adalah Rp 36.000.000 per tahun, atau Rp 3.000.000 per bulan. Yang artinya, jika penghasilan Anda di bawah Rp 3.000.000 per bulan, maka tidak ada pajak yang dipotong atas gaji Anda.

Bagi kantor pajak, jika penghasilan Anda masih dibawah PTKP maka Anda belum wajib memiliki NPWP. Jika orang yang bekerja dengan gaji di bawah Rp 3.000.000 per bulan saja tidak wajib memiliki NPWP, bagaimana untuk Anda yang tidak bekerja? (PTKP 2016 naik sebesar 50% selengkapnya baca PTKP 2016 Terbaru)

CARA MEMBUAT NPWP BAGI YANG BELUM BEKERJA, APAKAH BISA?

Belum Bekerja

Bagaimana solusinya? Dalam hal ini masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan masing-masing. Saya pribadi tidak bisa memberikan jawaban pasti akan hal ini. Rekan saya di kantor pajak batam pernah mengatakan jika mereka menolak setiap pendaftaran NPWP untuk orang yang belum berpenghasilan.

Yang artinya, jika Anda sudah bekerja, berapapun gaji Anda (walaupun di bawah 3 juta) tetap boleh mendapat NPWP. Sementara jika Anda belum bekerja, maka akan ditolak. Dan bagusnya, kebijakan di kantor pajak batam ini diiring sosialisasi ke perusahaan-perusahaan di sana agar tidak mensyaratkan NPWP untuk melamar kerja.

Namun kembali lagi, masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan sendiri. Saran saya bagi Anda yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, jangan nekat langsung ke kantor pajak untuk daftar NPWP, karena Anda belum tahu kebijakan di kantor pajak tersebut, dan kemungkinan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Jika Anda belum bekerja, silahkan minta keterangan dari desa/kelurahan tentang status pekerjaan Anda saat ini. Jangan diisi belum bekerja. Isilah yang paling sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Misalkan untuk pekerjaan bisa diisi "freelance", wiraswasta, pegawai swasta, dll. Ok? Jadi seperti itu lah pejelasan saya untuk Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja.
Artikel ini juga berlaku untuk Anda yang masih menjadi mahasiswa, karena banyak pertanyaan seperti ini datang dari mahasiswa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "CARA MEMBUAT NPWP BAGI YANG BELUM BEKERJA, APAKAH BISA?"

  1. Kalo mau buat npwp di bogor tapi ktp saya beralamat sukabumi bisa ridak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sesuai ktp mas.
      atau bisa coba daftar npwp online

      Hapus
  2. mas surat keterangan apa namanya

    BalasHapus
  3. Apakah seseorang yang berpenghasilan di bawah UMR tidak dapat mengajukan permohonan penerbitan NPWP?

    BalasHapus
  4. Percayalah, kalau ditolak cewe itu sakit hati level 100, kalau penolakan penerbitan NPWP itu level 99 gan. Saya udah kena tolak 2x. Ini pengajuan yang ke-3.

    BalasHapus
  5. kalo kita ngasih surat pengantar dari kelurahan yg isi pekerjaan misalnya pegawai swasta dll ke KPP, nanti kalo ditanya surat penghasilan kerja gimana dong?

    BalasHapus
  6. kalo sudah bikin surat keterangan di desa/kelurahan bisa langsung ke kantor pajak nya?? untuk langsung bikin npwp nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, bawa materai 6.000 buat jaga2

      Hapus
  7. Gan, kalo pensiunan bisa bikin NPWP gak? Mkasud saya pensiunan janda meninggal. NPWP diminta karena mau pinjam dari bank nilaniya diatas 50jt.

    BalasHapus
  8. maaf gan mw tanya, utk pengisisan formulir online pembuatan NPWP kan harus menggunakan alamat sesuai KTP , setelah sampai tahap permohonan dan menunggu 14 hari kerja utk penerbitan NPWP hingga pengiriman via pos ke alamat tsb, namun rumah saya kan saat ini sudah pindah jadi apakah bisa konfirmasi terhadap kantor pajak via telpon utk pengiriman kartu supaya bsa sampai ke alamat sya yg baru? trims

    BalasHapus
  9. misalkan belum kerja
    sibuat frelance
    tapi kan ada di minta berapa penghasilan itu gimana ?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel