-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Pajak UMKM Lewat ATM Bank BRI, BCA dan Mandiri

Cara Bayar Pajak UMKM Lewat ATM Bank BRI, BCA dan Mandiri
Pemilik usaha mikro kecil dan menengah kini tak perlu lagi repot ketika membayar wajib pajak. Anda bisa menggunakan beberapa alternatif berikut ini untuk membayar wajib pajak. Berikut penjelasan cara bayar pajak UMKM lewat ATM.

Sebelumnya Anda harus memiliki ID billing agar bisa melakukan pembayaran pajak melalui ATM. ID billing ini merupakan deretan angka yang digunakan untuk menyetor pajak via ATM. Pembuatan ID billing dapat dilihat di website resmi perpajakan agar lebih jelas. Apabila Anda telah memiliki ID billing maka segera lakukan pembayaran pajak lewat ATM.

Cara Bayar Pajak UMKM Lewat ATM BRI

Anda bisa menggunakan ATM BRI untuk penyetoran pajak UMKM. Sebagai salah satu bank BUMN, BRI harus mampu melayani pembayaran pajak dari para wajib pajak, tidak terkecuali pajak untuk usaha mikro. Anda harus membayar pajak melalui e-billing di mana pertama kali harus dikoneksikan menggunakan chanel BRI yakni ATM.

Jika wajib pajak adalah nasabah BRI, maka cara pembayaran pajak menggunakan ATM bisa dilakukan dengan mengikuti langkah langkah berikut.
  1. Masukkan kartu debit lalu kode PIN
  2. Kemudian pilih transaksi, pembayaran, lainnya dan pilih MPN
  3. Input ID billing Anda
  4. Konfirmasi pembayaran
  5. Cetak bukti agar lebih terpercaya

Cara Bayar Pajak UMKM Lewat ATM BCA

Cara bayar pajak UMKM lewat ATM juga bisa menggunakan bank BCA. Meskipun BCA termasuk bank swasta namun kinerja sangat unggul sehingga digunakan oleh banyak orang. Keunggulan dari BCA salah satunya adalah tersebarnya ATM di mana-mana sehingga sangat mudah ditemukan.

Ada banyak nasabah bank BCA yang membayar pajak via ATM bahkan sejak tahun 2014. Artinya, BCA adalah bank pertama yang menerapkan sistem e-billing di Indonesia. Langkah pembayaran pajak via ATM BCA yakni:
  1. Masukkan kartu debit serta PIN
  2. Pilih menu transaksi lainnya, pembayaran, pajak, penerimaan negara dan masukkan ID billing
  3. Jangan lupa konfirmasi pembayaran
  4. Cetak bukti pembayaran

Cara Bayar Pajak UMKM Lewat ATM Mandiri

Bank milik negara yang pertama kali menerapkan sistem pembayaran pajak melalui MPN G2. Pembayaran pajak dari sini memang tidak jauh beda dibandingkan bank lainnya. Anda bahkan tidak mendapatkan kendala di hari libur atau di luar jam operasional. Langkah pembayaran pajak via ATM Mandiri, yakni:
  1. Masukkan ATM dan kode PIN
  2. Pilih menu bayar/beli
  3. Kemudian lainnya
  4. Pilih buat ID billing pajak
  5. Masukkan NPWP Anda
  6. Pastikan pilih jenis pajak masa sesuai KAP dan KJS
  7. Masukkan nominal pajak
  8. Pilih ‘ya’
  9. Selesai dan ambil struk pembayaran
Itulah beberapa bank yang bisa digunakan sebagai cara bayar pajak UMKM lewat ATM.